Terapi Diabetes Yang Alami

Terapi Diabetes Yang Alami

Terapi Diabetes– Diabetes melitus adalah suatu kumpulan aspek gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh karena adanya peningkatan kadar glukosa darah akibat kekurangan insulin baik yang sifatnya absolut maupun relatif. Insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh pankreas. Insulin berperan dalam proses penyerapan glukosa ke dalam sel tubuh. Glukosa dalam sel tubuh diubah menjadi energi atau ditimbun sebagai cadangan. Cadangan ini digunakan bila tubuh kekurangan energi.

Terapi Diabetes Melitus

  • Terapi Diabetes yang pertama Perencanaan Makanan

Jumlah total kalori makanan lebih penting daripada sumber atau macam makanannya.

Makan dengan komposisi seimbang :

Karbohidrat            : 60 – 70%

Protein                      : 10 – 15%

Lemak                        : 20 – 25%

Jumah kalori disesuaikan dengan pertumbuhan, status gizi, usia, dan kegiatan untuk mencapai dan mempertahankan BB ideal. (Penting untuk Terapi Diabetes Melitus)

  • Terapi Diabetes yang ke dua Pengaturan Makanan

Jumlah kandungan kolesterol < 300 mg/dl.

Lemak dari sumber lemak tidak jenuh dan hindari lemak jenuh.

Jumlah kandungan serat ± 25 g/hari, diutamakan serat larut (soluble fibre).

Bila hipertensi (+), kurangi konsumsi garam.

Pemanis buatan dipakai secukupnya.

Gula sebagai bumbu masakan tetap diizinkan.

Bila kadar gula darah terkontrol, masih boleh mengkonsumsi gula pasir s/d 5% kalori.

  • Terapi Diabetes yang ke tiga Olahraga

Sangat penting dalam tatalaksana Terapi Diabetes Melitus Tipe 2 :

Untuk memperbaiki sensitifitas insulin.

Untuk menurunkan Berat Badan.

Teratur,  Minimal 3 – 4x seminggu @ ± 30 menit.

  • Terapi Diabetes yang ke empat Pengaturan Obat-obatan

Minum Obat sesuai saran dokter, tetapi lebih disarankan mulai dipindah ke suplemen yang memiliki kerja menyerupai obat kimia dari dokter.

  • Terapi Diabetes yang ke lima Suplemen ( Obat Herbal )
  • Terapi Diabetes yang ke enam Pijat Refleksi Kaki

Terapi Diabetes Gunakan jari tangan dan handbody lotion agar kulit tidak lecet, pijatlah dengan sedang pada bagian tertentu sesuai dengan titik refleksi kaki, untuk titik refleksi yang berhubungan dengan otak, kelenjar partiroid, mata, lambung, usus 12 jari, kandung empedu, prostat/rahim dan kemaluan.

Apabila menemukan endapan atau gumpalan dan terasa sakit pada saat dipijat, maka hilangkanlah endapan tersebut selama tiga sampai lima menit, dengan memijat perlahan-lahan. Terapi Diabetes Sangat dianjurkan untuk minum air hangat setelah pemijatan selesai.

Untuk perhatian! jangan memijat pada wanita hamil, sedang haid, bagian kaki yang bengkak atau sakit. Lakukan terapi secara teratur dua kali dalam seminggu. Ada baiknya, bagi anda yg menderita diabetes, untuk mencoba Terapi Diabetes ini.

 

Terapi DiabetesPengobatan Alami Diabetes Melitus

Terapi Diabetes Ada banyak tanaman herbal dan rempah-rempah yang diklaim dapat membantu menurunkan gula darah yang membuat tumbuhan-tumbuhan ini dapat menjadi sangat berguna untuk orang-orang yang menderita diabetes tipe 2 atau beresiko tinggi mendapatkan diabetes tipe 2 dan dipercaya dapat digunakan sebagai pengobatan alami diabetes melitus.

Terapi Diabetes Sejumlah studi klinis telah dilakukan di berbagai negara dalam beberapa tahun terakhir yang menunjukan hubungan potensial antara pengobatan alami diabetes melitus ini dengan kontrol glukosa darah. Hal ini menyebabkan semakin banyak orang-orang yang menderita diabetes untuk menggunakan bahan-bahan yang lebih alami untuk membantu  mengelola kondisi mereka. Penerapan prinsip pola hidup sehat selalu dapat membantu Anda dalam proses pengobatan.

Obat diabetes herbal yang telah dipercaya untuk dapat membantu penderita diabetes dan telah terbukti di beberapa studi meliputi:

a)      Bunga Rosella

Terapi Diabetes Yang Alami

Terapi Diabetes Yang Alami

Manfaat dan Kandungan Bunga Rosella untuk Pengobatan Tradisional Diabetes melitus. Penelitian yang dilakukan oleh Ir Didah Nur Faridah MSi, periset Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor, menunjukkan bahwa kandungan antioksidan yang dimiliki oleh kelopak rosela terdiri atas senyawa gossipetin, antosianin, dan glukosida hibiscin yang mampu memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit degeneratif (akibat proses penuaan) seperti jantung koroner, kanker, diabetes melitus, dan katarak.

b)      Kulit Manggis

Terapi Diabetes Yang Alami

Terapi Diabetes Yang Alami

Manfaat dan Kandungan Kulit Manggis untuk Pengobatan tradisional Diabetes Melitus. Dengan kandungan anti oksidant paling tinggi yaitu zat xanthone, maka Anda tidak salah jika memilih kulit manggis sebagai bahan cara mengobati penyakit diabetes. Manfaat kulit manggis bagi penderita penyakit diabetes melitus adalah untuk menurunkan kadar gula dalam darah yang disebabkan karena tidak berfungsinya organ pankreas. Kulit manggis mengandung zat xanthone yang sangat baik untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit, maka salah satu manfaat kulit manggis disini adalah untuk mengurangi resistensi insulin pada penderita gula darah. Xanthone dan flavonoid yang terdapat di  dalam dalam kulit manggis bersifat antioksidan.

Antioksidan super ini melindungi serta mencegah sel beta pankreas rusak akibat radikal bebas. Sel tersebut akan mengalami regenerasi sehingga kembali memproduksi insulin yang cukup untuk menurunkan gula darah. Sebagai senyawa antioksidan yang sangat diperlukan oleh tubuh, maka ekstrak kulit manggis pun berkhasiat sebagai anti radang, anti bakteri, dan juga sebagai anti kanker. Pada penderita diabetes, organ pankreas tidak dapat memproduksi hormon insulin secara normal.

c)      Daun Sirsak

Terapi Diabetes Yang Alami

Terapi Diabetes Yang Alami

Manfaat dan Kandungan Daun Sirsak untuk Pengobatan Tradisional Diabetes Melitus. Walaupun Daun sirsak yang lebih dikenal dalam mengatasi penyakit kanker, Anda tidak perlu ragu juga untuk menggunakannya sebagai bahan untuk cara mengobati diabetes melitus. seperti dalam banyak penelitian secara medis berhasil menunjukkan bahwa ekstrak daun sirsak dapat meningkatkan fungsi dari sel beta pankreas yang menghasilkan fungsi insulin.

Maka karena itu penelitian ini memberikan satu harapan baik bagi para penderita diabetes di Indonesia yang kini jumlahnya sudah mencapai angka 21,3 juta orang. Kita berdoa mudah-mudahan saja pra ilmuan mampu mengembangkan hasil penelitiannya ini. Penelitian daun sirsak masih terus dilakukan untuk menambah keyakinan para peneliti dengan kandungan daun sirsak untuk penyakit diabetes melitus ini.

d)      Lidah Buaya

e)      Ekstrak Bilberry

f)       Pare

g)      Kayu Manis

h)      Jahe

Menurut para ahli dari barat, ketika mengkonsumsi obat tradisional diabetes tertentu, akan ada interaksi antara obat diabetes (termasuk insulin) dengan vitamin dan suplemen dari pengobatan alami diabetes tersebut, dan akan meningkatkan efek hipoglikemik mereka. Cepat atau lambat, menurut mereka, mengkonsumsi tumbuhan-tumbuhan tertentu dapat mengurangi gula darah di dalam tubuh ke tingkat yang sangat rendah, dan bukannya membantu, tetapi akan meningkatkan risiko komplikasi diabetes lainnya.

Apapun alasan Anda untuk menggunakan pengobatan alami diabetes tertentu, Anda harus selalu waspada dan membicarakan rencana Anda kepada dokter dan tim kesehatan yang membantu Anda dalam menangani penyakit Anda. Jika mendapat ijin dari dokter, ada baiknya untuk mengikuti dosis yang diberikan oleh dokter dan memastikan kalau kondisi anda selalu aman.

 

Terapi Diabetes Yang Alami

 

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*