Rempah Alami Obat Diabetes

Rempah Alami Obat Diabetes

Rempah Alami Obat Diabetes

Rempah Alami Obat Diabetes – Diabetes mellitus, atau lebih sering disebut diabetes saja, memaksudkan sekelompok penyakit metabolik yang memengaruhi caranya tubuh menggunakan gula darah (glukosa). Menurut data dari International Diabetes Federation, di tahun 2015 terdapat sekitar 415 juta orang dewasa penderita diabetes di seluruh dunia.

Dari statistik tersebut maka bisa dikatakan bahwa ada 1 dari 11 orang dewasa yang menderita diabetes. Bahkan diperkirakan bahwa di tahun 2040 akan meningkat jumlahnya mencapai 642 juta penderita diabetes di seluruh dunia.

 

Beberapa gejala dari kadar gula darah tinggi pada tubuh misalnya adalah beser, sering merasa lapar, berat badan turun tanpa sebab, kelelahan, luka lama sembuh, dan sering infeksi. Jika dibiarkan, kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan banyak komplikasi penyakit. Anda diwajibkan mempertahankan kadar gula darah normal jika ingin menikmati kesehatan yang baik. Anda bisa mengupayakannya dengan menerapkan pola makan sehat, olahraga teratur, tidak merokok, menjaga berat badan ideal, dan mengonsumsi obat diabetes.

 

Disamping mengandalkan obat dokter untuk mengendalikan diabetes, Anda juga bisa mencoba menggunakan herbal dan rempah untuk mengurangi gejala-gejala serta mengendalikan kadar gula darah. Berikut adalah rempah alami obat diabetes:

 

  1. Kayu Manis

Kayu manismengandung komponen bioaktif yang dapat menurunkan kadar gula darah. Sebuah penelitian tahun 2013 yang diterbitkan Annals of Family Medicine and Diabetes Care memperlihatkan bahwa kayu manis merupakan rempah alami obat diabetes.

Berdasarkan penelitian ini, ada kemungkinan kayu manis memberikan efek positif pada glukosa plasma selama puasa, kadar kolesterol LDL, kolesterol HDL, dan trigliserida pada pasien diabetes tipe 2. Catatan: Jangan konsumsi kayu manis jika Anda minum obat pengencer darah.

 

  1. Jahe

Rempah alami obat diabetes jahe ini mempunyai kemampuan anti-diabetik, hipolipidemik, dan anti-oksidatif yang bermanfaat dalam mengendalikan kadar gula darah. Jahe juga mampu memperbaiki sensitivitas insulin, mengurangi oksidasi, serta menurunkan kolesterol. Bahkan juga sanggup membantu menurunkan berat badan.

Penelitian tahun 2014 yang diterbitkan oleh Complementary Therapies in Medicine mendapati bahwa konsumsi 1 gram kapsul bubuk jahe setiap hari selama 8 minggu terbukti berguna bagi pasien diabetes tipe 2.

 

  1. Kunyit

Kunyit adalah rempah alami obat diabetes karena dapat mengendalikan kadar gula darah. Kemampuan anti-inflamasi, antioksidan, anti-aterosklerotik, pelindung jantung, dan penurun berat badan yang dimilikinya membantu penderita diabetes untuk mengendalikan kadar gula darah serta mencegah komplikasi penyakit.

Penelitian tahun 2013 yang diterbitkan Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menyoroti peran penting kurkumin, senyawa kunci dalam kunyit, dalam pencegahan dan pengobatan diabetes maupun penyakit lain yang terkait.

 

  1. Daun Kari (Salam Koja)

Daun kari yang wangi juga merupakan rempah alami obat diabetes. Beberapa kandungan mineral dalam obat herbal diabetes ini membantu mempertahankan kadar glukosa normal dalam darah. Selain itu, daun ini juga memengaruhi metabolisme karbohidrat. Juga menurunkan risiko stres oksidatif.

Penelitian tahun 2013 yang dimuat International Journal of Food and Nutritional Sciences menyoroti kemampuan hipogilimeik dari daun kari bubuk dalam mengendalikan kadar glukosa saat tidak makan dan setelah makan pada penderita diabetes. Sedangkan penelitian tahun 2007 yang diterbitkan di Journal of Ethnopharmacology memperlihatkan bahwa ekstrak daun kari bisa membantu mengurangi tingkat keparahan diabetes.

 

  1. Cengkih

Rempah alami obat diabetes ini mengandung antioksidan serta anti inflamasiyang membantu menurunkan glukosa darah. Cengkih membantu mencegah sejumlah komplikasi akibat diabetes, misalnya gangguan ginjal, penyakit jantung, penyakit mata, dan masalah pembuluh darah.

Sebuah penelitian di tahun 2006 yang dimuat Journal of the Federation of American Societies for Experimental Biology memperlihatkan bahwa asupan harian 1-3 gram cengkih bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 untuk mengendalikan kadar glukosa dan total kolesterol mereka. Anda bisa memanfaatkan cengkih dalam pengobatan diabetes hanya dengan menggunakannya sebagai bumbu masak atau mengunyah beberapa cengkih setiap hari.

 

  1. Ginseng Korea

Ginseng Korea atau Panax merupakan rempah alami obat diabetes yang sangat bagus dikonsumsi setelah makan. Rempah alami obat diabetes ini meningkatkan sensitivitas insulin sekaligus mengurangi komplikasi penyakit. Bahkan mampu membantu metabolisme karbohidrat, masalah yang umum dihadapi penderita diabetes tipe 2.

Penelitian tahun 2012 yang dirilis di Journal of Ginseng Research menunjukkan bahwa ginseng memiliki potensi menjanjikan sebagai terapi alternatif untuk pencegahan serta pengobatan diabetes. Catatan: Orang-orang yang memiliki masalah terkait hormon sebaiknya tidak menggunakan rempah alami obat diabetes ini.

 

  1. Oregano

Oregano adalah rempah alami obat diabetes lain yang dapat mencegah dan mengobati gula darah tinggi. Sebuah penelitian di tahun 2014 yang diterbitkan di Journal of Agricultural and Food Chemistry mengungkapkan bahwa herbal seperti oregano dapat menghambat enzimdipeptidyl peptidase IV yang mendorong pembuangan insulin. Kandungan polifenol dan flavonoid pada oregano juga membantu mengatasi peradangandalam tubuh.

 

Bila Anda salah seorang penderita diabetes, mulailah masukkan rempah alami obat diabetes pilihan Anda ke dalam konsumsi sehari-hari. Anda akan semakin dibantu untuk menjaga gula darah tetap stabil dalam batas senormal mungkin, terutama jika Anda juga mengupayakan pola makan serta gaya hidup sehat.

 

 

Rempah Alami Obat Diabetes

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*