Penyebab Timbulnya Diabetes

Penyebab Timbulnya Diabetes

Penyebab Timbulnya Diabetes

Diabetes disebut juga kencing manis. Penyakit yang saling berkaitan dengan gula ini sangat berbahaya, mengapa? Karena dapat menimbulkan gejala penyakit lain. Bukan menakut-nakuti, tapi sudah banyak yang terbukti, apabila tubuh terserang penyakit gula, maka penyakit lain akan ikut menggerogoti tubuh, seperti komplikasi, dan hal itu dapat menyebabkan kematian.

Istilah lain dari diabetes tersebut diambil karena tingginya kadar gula yang terkandung didalam tubuh manusia. Hal ini dapat mengakibatkan kelenjar pankreas rusak atau tidak berfungsi secara maksimal. Apabila kelejar pankreas rusak, maka tubuh tidak dapat memperbaharui sel-sel tubuh secara berkala, hal ini tentu saja merugikan tubuh kita.

Penyebab timbulnya diabetes biasanya terjadi karena faktor keturunan dan tidak menjaga asupan makanan. Biasanya penyakit ini disebut dengan sakit gula atau darah manis. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi tingginya gula darah dalam tubuh? Yuk simak bersama-sama. Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui penyebab timbulnya diabetes tersebut agar tidak mudah sakit dan tentunya dapat diobati sebelum gejalanya timbul. Yang dapat menjadi penyebab timbulnya diabetes adalah sebagai berikut;

 

  1. Faktor Keturunan

Tidak dipungkiri lagi bahwa keturunan menjadi salah satu hal penting penyebab timbulnya diabetes. Jika orang tua atau kakek nenek memiliki sejarah sakit diabetes maka bisa jadi kita sebagai keturunannya mengalami penyakit yang sama. Kamu harus berhati-hati dengan menjaga pola makan yang sehat.

 

  1. MakananPenyebab Timbulnya Diabetes

Makanan menjadi faktor penting ketika gula darah meningkat. Hal ini karena kandungan gula dalam makanan tidak kita perhatikan. Oleh karena itu, kamu sangat dilarang keras memakan makanan yang banyak mengandung gula, seperti ice cream, coklat, permen, minuman cepat saji, dan lain-lain.

 

  1. Stres

Stres berkepanjangan juga menjadi salah satu penyebab timbulnya diabetes pada tubuh. Kita juga harus tetap berhati-hati dalam menjaga pola pikir dan tingkah laku, karena stres biasanya kita sering makan, jika sering makan, maka kita terkena diabetes dengan sangat mudah.

 

  1. Tidak mengkonsumsi sayuran yang cukup

Faktor lain adalah kamu tidak pernah makan sayur, yang menjadi penyebab timbulnya diabetes adalah karena kita jarang memakan sayuran. Oleh karena itu saya menganjurkan kepada anda untuk terus mengkonsumsi sayuran dengan takaran yang cukup seperti bayam, kol, kacang panjang, daun singkong dan lain-lain.

 

  1. Kurang tidur

Jika kualitas tidur tidak didapat, metabolisme jadi terganggu. Hasil riset para ahli dari University of Chicago mengungkapkan, kurang tidur selama 3 hari mengakibatkan kemampuan tubuh memproses glukosa menurun drastis. Artinya, penyebab timbulnya diabetes pun meningkat. Kurang tidur juga dapat merangsang sejenis hormon dalam darah yang memicu nafsu makan. Didorong rasa lapar, penderita gangguan tidur terpicu menyantap makanan berkalori tinggi yang membuat kadar gula darah naik.

 

  1. Kurang Makan Buah

Tapi perlu diinget bahwa buah juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya diabetes, oleh karena itu kamu harus memilih buah yang tepat. Jangan mengkonsumsi buah yang memiliki kadar gula tinggi seperti mangga, semangka, jeruk dan anggur. Lebih baik, kamu makan buah salah, srikaya, apel dan wortel.

 

  1. Kecanduan rokok

Sebuah penelitian di Amerika yang melibatkan 4.572 relawan pria dan wanita menemukan bahwa penyebab timbulnya diabetes naik sebesar 22% akibat merokok. Disebutkan pula bahwa naiknya risiko tidak cuma disebabkan oleh rokok, tetapi kombinasi berbagai gaya hidup tidak sehat, seperti pola makan dan olahraga.

 

  1. Keranjingan soda

Dari penelitian yang dilakukan oleh The Nurses’ Health Study II terhadap 51.603 wanita usia 22-44 tahun, ditemukan bahwa peningkatan konsumsi minuman bersoda membuat berat badan dan risiko diabetes melambung tinggi. Para peneliti mengatakan, kenaikan risiko itu terjadi karena kandungan pemanis yang ada dalam minuman bersoda. Selain itu, asupan kalori cair tidak membuat kita kenyang sehingga terdorong untuk minum lebih banyak.

 

Kita sebagai manusia harus mengetahui penyebab timbulnya diabetes, jangan sampai merusak organ tubuh terutama menurunkan daya tahan tubuh, sebab diabetes dapat menurunkan kekebalan tubuh secara perlahan. Oleh karena itu, kamu harus tetap menjaga kebugaran tubuh dengan rajin olahraga dan menjaga makan. Semoga bermanfaat..

 

 

 

Penyebab Timbulnya Diabetes

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*