Penyebab Diabetes Insipidus

Penyebab Diabetes Insipidus

Penyebab Diabetes Insipidus– Diabetes Insipidus merupakan suatu kelainan dimana seseorang mengalami pengeluaran air seni dalam jumlah yang besar dengan kondisi yang sangat encer (poliuri) dan mengalami kekurangan hormon antidiuretik yang menimbulkan rasa haus yang berlebihan (polidipsi).

Kelainan ini terjadi akibat adanya penurunan pembentukan vasopresin (hormon antidiuretik). Vasopresin merupakan hormon yang mampu mencegah proses pembentukan air kemih yang terlalu banyak secara alami.

Diabetes insipidus mungkin merupakan istilah yang masih asing terdengar di telinga. Sesuai dengan namanya penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit diabetes. Tidak banyak orang yang mengetahui diabetes insipidus  karena penderita penyakit ini cukup jarang.

Penyebab Diabetes Insipidus

Penyebab Diabetes Insipidus

Penyebab Diabetes Insipidus– Penyakit diabetes insipidus  dapat menyerang siapa saja, namun kasus penyakit diabetes inspidus masih jarang dijumpai. Namun, tentu saja semua orang tidak berharap untuk terserang penyakit ini. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mempelajari penyebab diabetes insipidus. Gejala-gejala pada penyakit diabetes insipidus hampir sama dengan gejala-gejala yang dijumpai pada penderita diabetes melitus. Diabetes insipidus merupakan penyakit  yang membuat si penderita mengeluarkan cairan tubuh terus menerus melalui urin dan selalu merasa haus.

Penyebab Diabetes Insipidus– Urin yang dikeluarkan oleh penderita diabetes insipidus berbeda dengan penderita diabetes melitus yang yang mengandung gula karena ternyata urin dari penderita diabetes insipidus tidak mengandung glukosa atau gula dalam jumlah yang tinggi. Oleh karena itulah diabetes insipidus tidak termasuk dalam kategori penyakit kencing manis. Jika anda ingin mengetahui penyebab diabetes insipidus, anda perlu tahu terlebih dahulu tipe -tipe diabetes insipidus yakni diabetes insipidus sentral dan diabetes insipidus nefrogenesis. Kedua jenis penyakit diabetes inisipidus ini disebabkan oleh faktor yang berbeda.

  1. Penyebab Diabetes insipidus sentral
    Disebabkan oleh gangguan pada proses produksi hormin antidiurektik. Penyebab utama dapat terletak di hipotalamus yang mengalami gangguan. Gangguan pada hipotalamus bisa disebabkan karena tumor atau cidera pada hipotalamus, kerusakan pada kelenjar hipofisis, dan gangguan pembuluh darah.

 

  1. Penyebab Diabetes insipidus nefrogenesis
    Tipe diabetes insipidus yang kedua adalah diabetes insipidus nefrogenesis. Penyakit ini biasanya disebabkan karena adanya masalah pada ginjal Penyebab diabetes insipidus ini adalah ginjal tidak mampu memberi respon pada hormon vasopresin yang berfungsi sebagai antidiurektik. Walaupun hormon vasopresin diproduksi secara normal tetapi ginjal tidak dapat merespon, hal ini tetap membuat cairan urin tidak dapat dikontrol sehingga si penderita akan sangat sering buang air kecil daripada orang yang normal. Untuk mendiagnosis apakah seseorang terkenan penyakit ini, mereka harus menjalani tes yang lumayan berat.

Penyebab Diabetes insipidus bisa terjadi secara perlahan maupun secara tiba-tiba pada segala umur. Pada umumnya penderita akan mengalami  satu-satunya gejala, yaitu adanya rasa haus dan pengeluaran air kemih yang berlebihan.

Penderita bisa minum cairan dengan jumlah yang besar (3,8-38 L/hari) sebagai pengganti atas hilangnya cairan yang dikeluarkan melalui air kemih.

Jika penggantian dari kehilangan cairan ini tidak terpenuhi maka penderita akan mengalami dehidrasi yang bisa menyebabkan tekanan darah rendah dan shock. Penderita akan sering merasa ingin buang air kecil, terutama pada malam hari.

Penyebab Diabetes Insipidus

Diabetes insipidus dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti di bawah ini:

  • Penyebab Diabetes Insipidus- Hipotalamus mengalami kelainan fungsi dan menghasilkan terlalu sedikit hormon antidiuretik
  • Penyebab Diabetes Insipidus- Kelenjar hipofisa tidak bisa membawa hormon antidiuretik masuk ke dalam aliran darah
  • Penyebab Diabetes Insipidus- Kerusakan kelenjar hipofisa atau hipotalamus akibat pembedahan
  • Penyebab Diabetes Insipidus- Adanya cedera pada otak atau mengalami patah tulang pada dasar tengkorak
  • Penyebab Diabetes Insipidus- Tumor
  • Penyebab Diabetes Insipidus- Sarkoidosis atau tuberkulosis
  • Penyebab Diabetes Insipidus- Penyumbatan arteri atau aneurisma yang menuju ke otak
  • Penyebab Diabetes Insipidus- Beberapa bentuk meningitis atau ensefalitis
  • Penyebab Diabetes Insipidus- Histiositosis X

 

Pengobatan

Diabetes insipidus diobati dengan mengatasi penyebabnya.

Vasopresin atau desmopresin asetat (dimodifikasi dari hormon antidiuretik) bisa diberikan sebagai obat semprot hidung beberapa kali sehari untuk mempertahankan pengeluaran air kemih yang normal.
Terlalu banyak mengkonsumsi obat ini bisa menyebabkan penimbunan cairan, pembengkakan dan gangguan lainnya.

Suntikan hormon antidiuretik diberikan kepada penderita yang akan menjalani pembedahan atau penderita yang tidak sadarkan diri.

Kadang diabetes insipidus bisa dikendalikan oleh obat-obatan yang merangsang pembentukan hormon antidiuretik, seperti klorpropamid, karbamazepin, klofibrat dan berbagai diuretik (tiazid).

Tetapi obat-obat ini tidak mungkin meringankan gejala secara total pada diabetes insipidus yang berat.

 

Penyebab Diabetes Insipidus

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*