Penyebab Diabetes Dan Mengatasinya

Penyebab Diabetes Dan Mengatasinya

 

Penyebab Diabetes -Penyakit diabetes merupakan penyakit yang berbahaya dan pastinya harus segera diobati dan ditangani dengan benar, jangan pernah menganggap remeh penyakit diabetes karena penyakit ini bisa membuat seseorang terkena stroke dan pastinya bisa menghilangkan nyawa seseorang. Sebaiknya anda sering mengecek kadar gula darah didalam tubuh agar anda bisa mengetahui kadar gula darah anda normal atau tidak, penyakit diabetes adalah penyakit yang sering sekali membuat penderitanya menjadi menderita akibat gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini, pastinya anda semua tidak ingin jika penyakit ini sampai terjadi kepada diri anda maka dari itu anda harus melakukan beberapa pencegahan untuk menghindari penyakit diabetes.

Penyebab Diabetes Dan Mengatasinya

Penyebab Diabetes Dan Mengatasinya

Beberapa Penyebab Diabetes Pada Umumnya Adalah :

1. Jarang Olahraga

Salah satu penyebab diabetes pada umunya adalah orang-orang yang malam untuk melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, padahal dengan melakukan olahraga secara rutin dan teratur anda bisa mendapatkan kebugaran tubuh dan bisa mendapatkan tubuh yang ideal. Bagi orang yang tidak pernah melakukan olahraga sangat beresiko terkena penyakit diabetes.

2. Sering stres penyebab diabetes

Jika seseorang mengalami stres, tubuh orang tersebut akan meningkatkan produksi hormon epinephrine dan kortisol agar gula darah naik dan tersedia cadangan energi untuk beraktivitas. Namun, apabila gula darah sering terus dipicu tinggi karena mengalami stres yang berkepanjangan tanpa jalan keluar, sama saja dengan melakukan bunuh diri pelan-pelan. Alangkah baiknya jika sedang mengalami masalah, bicaralah pada orang yang bermasalah tersebut secara baik-baik atau ceritakan pada sahabat terdekat Anda.

3. Keturunan

Faktor yang lainnya adalah keturunan penyebab diabetes, bagi orang tua yang mengalami penyakit diabetes bisa menurunkan pada anaknya. Jadi jika orang tua anda menderita penyakit diabetes anda harus selalu waspada karena kemungkinan besar penyakit ini bisa menurun pada anda.

4. Kecanduan merokok penyebab diabetes

Penelitian di Amerika melibatkan setidaknya 4.572 relawan pria dan wanita menemukan bahwa resiko perokok aktif terhadap diabetes naik sebesar 22%. Naiknya risiko tidak cuma disebabkan oleh fakor merokok saja, tetapi kombinasi antara berbagai gaya hidup tidak sehat.

5. Sering Mengkomsumsi Pemanis Buatan

Mengkomsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung pemanis buatan merupakan penyebab yang paling sering terjadi, pemanis buatan sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia dan bisa membuat kadar gula darah menjadi tinggi dan menjadi penyebab diabetes.

6. Riwayat hidup keluarga penyebab diabetes

Faktor keturunan juga berperan seseorang terkena diabetes. Apabila orang tua Anda pernah didiagnosis penyakit diabetes tipe 2, maka Anda juga beresiko terkena diabetes.

7. Mengkonsumsi karbohidrat berlebihan

Tingginya konsumsi karbohidrat menyebabkan konsentrasi glukosa dalam darah meningkat dan menjadi penyebab diabetes. Jika jumlah insulin yang diproduksi tidak disekresikan oleh sel-sel beta ( yang mengsekresi insulin dalam darah) pankreas akibat beberapa gangguan dalam tubuh, glukosa darah tidak diubah menjadi energi dan tidak dapat diubah dalam bentuk glikogen. Hal ini menyebabkan kadar glukosa dalam darah tinggi, (melewati batas kesanggupan ginjal untuk menyaring glukosa karena konsentrasinya terlalu tinggi), glukosa akan dikeluarkan melalui urin sehingga terjadi glukosaria (glukosa dalam urin = kencing manis).

Cara Mencegah Penyakit Diabetes

  • Hindari makanan yang berlemak tinggi.
  • Kontrol asupan gula yang masuk kedalam tubuh.
  • Hindari makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan.
  • Lakukan olahraga secara rutin minimal 3 kali seminggu.
  • Perbanyak mengkomsumsi air putih dan kurangi teh manis.
  • Makan-makanan yang berserat dan sehat seperti buah dan sayuran.
  • Istirahat yang cukup dan hindari stres yang berlebihan.

Kebanyakan dari penderita diabetes adalah orang-orang yang mempunyai berat badan berlebihan atau obesitas. Jadi jika anda ingin mengatasi penyakit tersebut anda bisa mulai dengan cara olahraga secara rutin dan mulai menjalami diet sehat agar penyakit tersebut bisa segera sembuh.

 

Penyebab Diabetes Dan Mengatasinya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*