Penyebab Diabetes Dan Gejalanya

Penyebab Diabetes Dan Gejalanya

Penyebab Diabetes -Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang di atas normal. Pada tahun 2013, penderita diabetes di Indonesia diperkirakan berjumlah 8,5 juta orang dengan rentang usia 20-79 tahun (dikutip dari Federasi Diabetes Internasional). Tetapi kurang dari 50% dari mereka yang menyadarinya.

Asia Tenggara adalah salah satu wilayah dengan prevalensi tertinggi untuk diabetes tipe 1. Ada sekitar 111.500 anak-anak di bawah 15 tahun yang mengidap diabetes tipe 1 dengan perkiraan 18.000 kasus baru pada tiap tahun.

Penyebab Diabetes Dan Gejalanya

Apa saja penyebab diabetes melitus ?

Beberapa penyebab diabetes melitus pada umumnya adalah :

Sering Mengkomsumsi Pemanis Buatan

Mengkomsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung pemanis buatan merupakan penyebab diabetes melitus yang paling sering terjadi, pemanis buatan sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia dan bisa membuat kadar gula darah menjadi tinggi.

Keturunan penyebab diabetes melitus

Faktor penyebab diabetes melitus yang lainnya adalah keturunan, bagi orang tua yang mengalami penyakit diabetes bisa menurunkan pada anaknya. Jadi jika orang tua anda menderita penyakit diabetes anda harus selalu waspada karena kemungkinan besar penyakit ini bisa menurun pada anda.

Kurang tidur penyebab diabetes melitus

Jika kualitas tidur tidak didapat, metabolisme jadi terganggu. Hasil riset para ahli dari University of Chicago mengungkapkan, kurang tidur selama 3 hari mengakibatkan kemampuan tubuh memproses glukosa menurun drastis. Artinya, risiko penyebab diabetes melitus meningkat. Kurang tidur juga dapat merangsang sejenis hormon dalam darah yang memicu nafsu makan. Didorong rasa lapar, penderita gangguan tidur terpicu menyantap makanan berkalori tinggi yang membuat kadar gula darah naik.

Malasnya melakukan aktivitas fisik

Melakukan aktivitas disamping bekerja di kantor atau melakoni pekerjaan sehari-hari ternyata tidak selalu membuahkan hasil atau membantu mengurangi kadar gula darah. Aktivitas pendukung lainnya juga diperlukan untuk membantu mengendalikan kadar gula darah misalnya dengan olahraga ringan yang dapat dilakukan setidaknya 1 minggu sekali. Dengan melakukan olahraga kita dapat mengurangi risiko penyebab diabetes melitus.

Sering stres

Stres merupakan faktor penyebab diabetes melitus. Stres sama seperti banjir, harus dialirkan agar tidak terjadi banjir besar. Saat stres datang, tubuh akan meningkatkan produksi hormon epinephrine dan kortisol supaya gula darah naik dan ada cadangan energi untuk beraktivitas. Tubuh kita memang dirancang sedemikian rupa untuk maksud yang baik. Namun, kalau gula darah terus dipicu tinggi karena stres berkepanjangan tanpa jalan keluar, sama saja dengan bunuh diri pelan-pelan.

Kecanduan rokok

Penyebab diabetes melitus yaitu rokok. Sebuah penelitian di Amerika yang melibatkan 4.572 relawan pria dan wanita menemukan bahwa risiko perokok aktif terhadap diabetes naik sebesar 22 persen. Disebutkan pula bahwa naiknya risiko tidak cuma disebabkan oleh rokok, tetapi kombinasi berbagai gaya hidup atau lifestyle tidak sehat, seperti pola makan dan olahraga.

Pola Makan Yang Buruk

Makanan adalah penyebab diabetes melitus pada umumnya dan makanan adalah sumber dari penyakit tersebut. Bagi anda yang gemar dalam mengkomsumsi makanan yang berlemak tinggi anda harus berhati-hati karena makanan yang mengandung lemak tinggi selain bisa membuat tubuh seseorang menjadi gemuk makanan tersebut juga bisa membuat kadar gula darah didalam tubuh menjadi meningkat dan melebihi batas normalnya sehingga anda bisa terkena penyakit diabetes atau kencing manis.

Gejala-gejala Umum pada Diabetes

Gejala diabetes bermacam-macam. Di antaranya:

  • Sering merasa haus.
  • Sering kelelahan.
  • Sering buang air kecil, terutama di malam hari.
  • Berkurangnya massa otot (pada penderita diabetes tipe 1).
  • Turunnya berat badan (pada penderita diabetes tipe 1).

Penyakit diabetes bisa menyebabkan berbagai jenis komplikasi seperti serangan jantung, kebutaan, stroke dan penyakit gigi. Bahkan terkadang penderita diabetes harus kehilangan anggota badan karena amputasi. Hal inilah bagian yang sangat ditakuti dari semua jenis penyakit diabetes.

Berikut ini beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghindari diabetes :

  • Konsumsi berbagai jenis makanan yang dibutuhkan oleh tubuh dengan nutrisi yang seimbang. Seimbangkan kebutuhan antara protein, lemak, karbohidrat dan mineral.
  • Konsumsi buah dan sayuran yang rendah gula juga bisa mengurangi resiko diabetes.
  • Lakukan olahraga secara teratur untuk membuat tubuh tetap aktif sehingga kalori dari makanan digunakan oleh tubuh.
  • Hindari konsumsi makanan yang banyak mengandung gula berlebihan, termasuk pada bahaya gula rafinasi.
  • Konsumsi makanan sehat untuk diet bagi orang yang memiliki berat badan berlebih.
  • Lindungi tubuh dari bahaya asap rokok, kebiasaan merokok dan minum alkohol.
  • Bagi orang yang memiliki riwayat diabetes bisa menjalani gaya hidup sehat dan melakukan pemeriksaan secara berkala.
  • Istirahat teratur dan konsumsi makanan yang seimbang nutrisi untuk tubuh.

Penyebab Diabetes Dan Gejalanya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*