Penyakit Diabetes

Penyakit Diabetes

Penyakit Diabetes adalah gangguan metabolisme atau suatu cara dimana tubuh menggunakan makanan yang dicerna untuk pertumbuhan dan energi. Sebagian besar makanan dipecah menjadi glukosa, suatu bentuk gula dalam darah. Glukosa adalah sumber utama bahan bakar bagi tubuh.

Setelah dicerna, glukosa masuk ke dalam aliran darah, di mana ia digunakan oleh sel untuk pertumbuhan dan energi. Agar glukosa bisa masuk ke dalam sel, harus terdapat insulin. Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas, sebuah kelenjar besar di belakang perut.

Ketika orang makan, pankreas secara otomatis menghasilkan sejumlah yang tepat insulin untuk memindahkan glukosa dari darah ke dalam sel. Namun pada penderita penyakit diabetes, pankreas hanya menghasilkan sedikit insulin atau bahkan tidak sama sekali, atau sel-sel tidak merespon dengan baik terhadap insulin yang dihasilkan. Glukosa menumpuk dalam darah, melimpah ke dalam urin, dan keluar dari tubuh bersama urin. Dengan demikian, tubuh akan kehilangan sumber utama bahan bakar meskipun darah mengandung sejumlah besar glukosa.

penyakit diabetes

penyakit diabetes

Apa Saja Jenis Penyakit Diabetes ?

Ada tiga jenis utama diabetes:

  • Penyakit diabetes tipe 1
  • Penyakit diabetes tipe 2
  • Penyakit diabetes gestasional

Penyakit Diabetes tipe 1

Penyakit Diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun. Penyakit autoimun terjadi ketika sistem perlawanan infeksi tubuh – sistem kekebalan – berbalik menyerang bagian tubuh. Pada diabetes, sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel beta yang memproduksi insulin di pankreas. Pankreas kemudian memproduksi sedikit saja insulin  atau tidak sama sekali. Seseorang yang memiliki diabetes tipe 1 harus mengambil insulin setiap hari untuk hidup.

Saat ini, para ilmuwan tidak tahu persis apa yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh untuk menyerang sel-sel beta, tetapi mereka percaya bahwa faktor genetik dan lingkungan, mungkin virus, terlibat di dalamnya. Penyakit Diabetes tipe 1 ada sekitar 5 sampai 10 persen penderita diabetes yang didiagnosis di Amerika Serikat. Tipe ini berkembang paling banyak pada anak dan orang muda tetapi dapat juga muncul pada semua usia.

Gejala penyakit diabetes tipe 1 biasanya berkembang dalam waktu yang singkat, meskipun kerusakan sel beta dapat dimulai beberapa tahun sebelumnya. Gejala yang mungkin timbul termasuk peningkatan rasa haus dan buang air kecil, rasa lapar yang terus menerus, penurunan berat badan, penglihatan kabur, dan kelelahan ekstrim. Jika tidak didiagnosis dan diobati dengan insulin, orang dengan penyakit diabetes tipe 1 dapat terjerumus ke dalam koma diabetes yang mengancam jiwa, yang juga dikenal sebagai ketoasidosis diabetes.

Penyakit Diabetes Tipe 2

Bentuk yang paling umum dari penyakit diabetes adalah penyakit diabetes tipe 2. Sekitar 90 sampai 95 persen orang dengan penyakit diabetes memiliki tipe 2. Bentuk diabetes ini paling sering dikaitkan dengan usia yang beranjak tua, kegemukan, riwayat keluarga diabetes, riwayat diabetes kehamilan (gestational diabetes) yang pernah dialami, aktivitas fisik yang kurang dan etnis tertentu. Sekitar 80 persen orang dengan diabetes tipe 2 adalah akibat kelebihan berat badan.

Penyakit diabetes tipe 2 semakin sering didiagnosis pada anak dan remaja, terutama di kalangan remaja Amerika Afrika, Amerika Meksiko, dan Kepulauan Pasifik.

Ketika didiagnosis penyakit diabetes tipe 2, pankreas biasanya memproduksi insulin yang cukup, tetapi karena alasan yang tidak diketahui tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara efektif, suatu kondisi yang disebut resistensi insulin. Setelah beberapa tahun, produksi insulin menurun. Hasilnya adalah sama seperti untuk penyakit diabetes tipe 1 – glukosa menumpuk dalam darah dan tubuh tidak dapat menggunakan sumber utama bahan bakar secara efisien.

Gejala-gejala penyakit diabetes tipe 2 berkembang secara bertahap. Serangan awal tidak begitu tiba-tiba seperti pada diabetes tipe 1. Gejala yang mungkin diantaranya kelelahan, sering kencing, rasa haus dan kelaparan meningkat, penurunan berat badan, penglihatan kabur, dan penyembuhan luka yang lambat. Beberapa orang tidak memiliki gejala.

Penyakit Diabetes Gestasional

Beberapa wanita menderita gestational diabetes atau diabetes kehamilan di akhir masa kehamilan. Meskipun bentuk diabetes ini biasanya menghilang setelah kelahiran bayi, wanita yang pernah menderita penyakit diabetes kehamilan memiliki resiko 40 sampai 60 persen terkena diabetes tipe 2 dalam waktu 5 sampai 10 tahun. Mempertahankan berat badan yang wajar dan aktif secara fisik dapat membantu mencegah perkembangan diabetes tipe 2.

Sekitar 3 sampai 8 persen wanita hamil di Amerika Serikat terjadi penyakit diabetes gestasional. Seperti pada penyakit diabetes tipe 2, diabetes kehamilan lebih sering terjadi pada beberapa kelompok etnis tertentu dan di antara wanita dengan riwayat keluarga diabetes. Diabetes gestasional ini disebabkan oleh hormon kehamilan atau kekurangan insulin. Wanita dengan penyakit diabetes gestasional mungkin tidak mengalami gejala apapun.

Penyakit diabetes

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*