Penyakit Diabetes Turunan

Penyakit Diabetes Turunan

 

Penyakit Diabetes TurunanPenyakit Diabetes – Apakah benar orang yang orang tuanya menderita penyakit diabetes akan menurunkan penyakit tersebut kepada anak-anaknya? Patut diketahui bahwa memang faktor genetik atau turunan memiliki peranan yang besar terhadap keterjangkitan penyakit diabetes pada seseorang.

Orang sering menyebutnya dengan penyakit diabetes keturunan karena adanya hubungan genetik sebagai faktor penyebab diabetes. Meskipun diketahui bahwa ada pengaruh yang cukup signifikan, namun mekanisme kerjanya sendiri cenderung rumit dan sulit untuk diketahui oleh kalangan ahli sekalipun.Namun sebetulnya, hal lainnya yang tak kalah penting ialah faktor lingkungan yang turut andil dalam keterjangkitan diabetes tersebut. Banyak sekali faktor lingkungan yang dimaksud mulai dari obesitas atau kegemukan, pola makan yang tidak sehat, kurangnya berolahraga, banyak mengonsumsi kalori, lemak, dan minim mengonsumsi makanan berserat seperti buah, sayuran, dan terlalu banyak duduk.

Memiliki ibu atau ayah yang kebetulan menderita penyakit diabetes, memang kemungkinan besar menyebabkan Anda juga mengalami penyakit diabetes keturunan. Namun, faktor-faktor lingkungan di atas juga berkontribusi besar terhadap terjadinya penyakit ini.Dan, meskipun orang tua Anda menderita penyakit berbahaya ini tidak lantas kiamat terjadi dan langsung memvonis diri sendiri bahwa Andapun akan terkena diabetes tanpa berusaha untuk menolaknya.

Tidak semua anak yang orang tuanya memiliki riwayat sebagai penderita penyakit diabetes, anaknya juga akan menderita diabetes di kemudian hari. Padahal semua orang juga bisa terkena diabetes jika gaya hidupnya mendekati hal-hal yang bisa memicu diabetes sekalipun orang tuanya tidak memiliki riwayat penyakit ini.

Jika diibaratkan faktor genetik itu seperti sebatang lilin yang senantiasa bersama dengan Anda, maka lilin tersebut akan menyala ketika ada pemantiknya (faktor penyebab).Pemantik tersebut ialah faktor lingkungan tadi sehingga sebetulnya lilin itu tidak akan menyala sepanjang Anda pandai menjauhkan sumbunya dari pemantiknya itu (faktor lingkungan berupa pola makan tidak sehat, jarang berolahraga, banyak mengonsumsi makanan tinggi kalori, dan lainnya).

Seberapa besar pun potensi genetik diabetes keturunan pada seseorang, jika faktor lingkungannya tidak mendukung maka kemungkinan berkembangnya penyakit diabetes menjadi sangat kecil. Sebaliknya, sekalipun orang tua Anda tidak memiliki riwayat menderita penyakit diabetes namun karena faktor lingkungannya tidak dapat terkontrol dengan baik maka tetap saja Anda berpeluang besar untuk menderita diabetes.

Lantas, apa yang mesti dilakukan untuk mencegahnya jika diketahui bahwa orang tua Anda mengidap penyakit diabetes? Tentu saja Anda tidak bisa memilih untuk dilahirkan dari orang tua yang tidak menderita penyakit diabetes sehingga Anda bisa terbebas dari penyakit yang mengancam jiwa ini.Yang seharusnya dilakukan ialah mengontrol faktor lingkungan tadi sebagaimana yang disebutkan di atas. Jika Anda mengalami obesitas maka upayakan untuk menurunkan bobot tubuh Anda tersebut secara berkala dan diimbangi dengan olahraga rutin minimal setengah jam sehari.

Di bawah ini adalah beberapa cara pencegahan penyakit diabetes melitus :

Terapkan pola makan yang baik dan sehat

Jaga diri Anda dari masuknya asupan makanan yang tidak sehat dan beresiko terhadap kesehatan dalam jangka panjang seperti makanan dengan tinggi lemak, makan yang mengandung pengawet, perasa, dan pewarna buatan

Jaga kondisi mental spiritual Anda

Jauhkan dari kondisi stres yang berkepanjangan, jauhi dari sikap suka marah, dan selalu menjalin hubungan dengan Tuhan dengan berbagai Ibadah dalam agama. Kondisi mental spiritual sangat berpengaruh terhadap kesehatan.

Lakukan aktivitas fisik secara rutin

pencegahan diabetes melitus ini bisa dilakukan dengan olahraga, pekerjaan yang penuh dengan aktifitas fisik seperti berbelanja ke pasar dengan jalan kaki dan lain sebagainya

Jaga berat bandan pada batas ideal

Obesitas memiliki faktor resiko yang sangat tinggi untuk seseorang terserang berbagai penyakit berat seperti jantung koroner, kanker, diabetes melitus, dan penyakit berat lainnya.

Jauhi rokok dan minuman beralkohol

Pencegahan diabetes melitus selanjutnya dengan menjauhi rokok dan alkohol. Jika Anda sering meminum alkohol, Anda telah menyiapkan masa depan yang sangat membahayakan terhadap kesehatan Anda. Anda sengat rentan untuk terserang penyakit diabetes dan penyakit berat lainnya dikemudian hari.

Jelaslah sudah bahwa sesungguhnya yang menjadi faktor dominan terkena atau tidaknya penyakit diabetes ialah diri Anda sendiri. Proses pengendalian diri untuk tidak melakukan hal-hal yang mendekatkan diri pada penyakit ini ialah hal terpenting supaya Anda terbebas atau paling tidak meminimalkan resiko penyakit diabetes.

Penyakit Diabetes Turunan

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*