Penyakit Diabetes Pada Wanita

Penyakit Diabetes Pada Wanita

Penyakit Diabetes Pada Wanita

Penyakit Diabetes Pada Wanita

Penyakit Diabetes – Diabetes merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Salah satu penyakit ini adalah yang paling ditakuti oleh sebagian besar orang karena menyerangnya secara diam-diam. Orang yang mengalami penyakit ini tidak mengetahui bahwa ada sesuatu yang tidak beres di dalam tubuhnya.

Meskipun penyakit diabetes bisa menyerang siapa saja, namun terdapat beberapa perbedaan gejala penyakit diabetes pada pria dan wanita. Pria dan wanita memiliki tipe tubuh yang berbeda sehingga gejala yang dialami itu berbeda. Gejala yang dialami wanita biasanya tak jarang diketahui dan dianggap berbahaya.

Gejala Penyakit Diabetes bervariasi tergantung jenis diabetes diderita oleh pasien. Bagi anda yang memiliki penyakit prediabetes (kadar gula darah lebih tinggi dari normal, namun belum bisa dikategorikan sebagai diabetes) atau gestational diabetes (gula darah meningkat saat kehamilan) biasanya tidak akan mengalami gejala, dan sulit diketahui, kecuali dengan cek gula darah.

Sedangkan Penyakit Diabetes mellitus terjadi karena kadar gula dalam darah lebih tinggi dari pada normal. Hal tersebut disebabkan karena adanya gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, dimana organ pankreas tidak bisa memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Sehingga penderita diabetes tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsi glukosa, untuk menghindari masalah serius pada tubuh anda.

Gejala Penyakit Diabetes pada wanita, sebenarnya menimbulkan gejala khusus. Namun memang gejala khusus tersebut sering tidak disadari. Di bawah ini ada beberapa gejala penyakit diabetes pada wanita yang harus diwaspadai dan segera dikonsultasikan ke dokter, diantaranya:

  1. Infeksi vagina

Infeksi vagina yang bisa terjadi pada wanita yaitu keluarnya cairan putih yang berbau tidak enak, vagina berwarna merah, cairan yang keluar berwarna abu-abu kehijauan, serta vagina terasa gatal, nyeri, atau panas. Jika hal itu terjadi pada Anda, maka merupakan indikasi adanya infeksi vagina.

  1. Infeksi jamur

Candida albicans adalah jenis jamur yang menyebabkan gangguan kulit bagi penderita diabetes. Wanita cenderung terinfeksi di vagina. Jamur ini menyebabkan gatal, kemerahan bisul, dan ketak. Infeksi jamur yang paling umum adalah kadas, kurap, dan kutu air.

  1. Depresi

Depresi atau stres juga bisa memicu munculnya penyakit diabetes. Tingkat depresi yang tinggi akan mempengaruhi kadar gula darah dan metabolisme insulin. Jika Anda sering mengalami depresi atau stres, maka risiko terkena diabetes juga akan semakin besar.

  1. Mengalami gangguan hormonal

Gangguan hormonal atau polycystic ovarian syndrom biasanya terjadi pada masa produktif wanita. Biasanya akan diikuti dengan pertumbuhan kista dalam rahim wanita.

  1. Peningkatan kadar HDL kolesterol

HDL kolesterol atau high density lipoprotein cholesterol ini termasuk kolesterol baik yang membantu wanita melindungi dari penyakit jantung. Namun bagi wanita yang mengalami diabetes, kolesterol lipoprotein atau HDL kolesterolnya berkedapatan rendah.

Pencegahan Penyakit Diabetes

Pencegahan penyakit diabetes tipe 2 pada orang-orang yang berisiko pada prinsipnya adalah dengan mengubah gaya hidup yang meliputi olah raga, penurunan berat badan, dan pengaturan pola makan. Berdasarkan analisis terhadap sekelompok orang dengan perubahan gaya hidup intensif, pencegahan diabetes paling berhubungan dengan penurunan berat badan. Menurut penelitian, penurunan berat badan 5-10% dapat mencegah atau memperlambat munculnya penyakit diabetes tipe 2. Dianjurkan pula melakukan pola makan yang sehat, yakni terdiri dari karbohidrat kompleks, mengandung sedikit lemak jenuh dan tinggi serat larut. Asupan kalori ditujukan untuk mencapai berat badan ideal.

Akitivitas fisik harus ditingkatkan dengan berolah raga rutin, minimal 150 menit perminggu, dibagi 3-4 kali seminggu. Olah raga dapat memperbaiki resistensi insulin yang terjadi pada pasien prediabetes, meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik), dan membantu mencapai berat badan ideal. Selain olah raga, dianjurkan juga lebih aktif saat beraktivitas sehari-hari, misalnya dengan memilih menggunakan tangga dari pada elevator, berjalan kaki ke pasar daripada menggunakan mobil, dll.

Penyakit Diabetes Pada Wanita

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*