Penyakit Diabetes Pada Anak

Penyakit Diabetes Pada Anak

 

Penyakit Diabetes -Penyakit diabetes merupakan penyakit yang sudah sangat umum dijumpai, dan terutama pada lansia. Berbagai faktor, seperti gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat, yang akhir-akhir ini mungkin susah untuk dihindari, menjadikan penyakit ini seolah sudah menunggu setiap orang yang memasuki masa lansia. Makanan merupakan pintu utama dari datangnya berbagai penyakit, makan sembarangan tanpa adanya pengaturan dan pengendalian, menjadikan berbagai penyakit mudah datang, bukan hanya diabetes.

Kini penyakit diabetes bukan hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi juga pada anak-anak. Penyakit diabetes pada anak-anak perlu semakin diwaspadai para orang tua. Data sebuah penelitian kecil menunjukkan, jumlah anak-anak penderita diabetes terus meningkat, seiring dengan perubahan gaya hidup. Penyakit diabetes pada anak-anak dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti pola makan yang buruk, adanya riwayat penyakit diabetes di keluarga, anak lahir dengan berat badan rendah, serta kegemukan (obesitas).

Tingginya asupan gula pada makanan anak-anak, menjadi faktor yang harus diwaspadai para orang tua. Organisasi kesehatan dunia (WHO) merekomendasikan asupan gula tambahan pada anak seharusnya tidak melebihi 10 persen dari total energi yang dikonsumsi. Artinya, berdasarkan Angka Kecukupan Gizi Indonesia 2004, anak usia 1-3 tahun seharusnya mengonsumsi kurang dari 25 gram gula tambahan per hari atau setara dengan 5 sendok teh. Di usia 4-6 tahun jumlahnya tidak melebihi 38 gram atau sekitar 8 sendok teh.

Asupan gula terbanyak yang dikonsumsi anak adalah sukrosa yang mencapai 49,5 gram dan terbanyak berasal dari konsumsi susu formula. Presentase ini sudah melebih ambang batas yang direkomendasi WHO.

Penyakit Diabetes Pada Anak

Gejala penyakit diabetes pada anak – anak yang umum adalah :

  1. Rasa haus yang berlebihan

Anak yang menderita penyakit diabetes, akan mengalami rasa haus berlebihan. Sehingga sering menangis minta minum. Jika sudah lebih besar, anak akan bolak balik mengambil minum sendiri. Yang tentunya hal ini tetap akan merepotkan karena tidak selalu bisa mengambil minuman terus – menerus. Misalnya saat berada di dalam kelas, atau saat bepergian dan lain – lain.

  1. Sering buang air kecil

Seperti halnya penderita diabetes dewasa, gejala penyakit diabetes pada anak juga ditunjukkan dengan sering buang air kecil. Jika sudah bisa buang air kecil sendiri, tentu akan lebih mudah. Namun tentu tetap harus kita awasi, karena kamar mandi bisa berbahaya bagi anak kecil. Terutama jika kamar mandi yang digunakan bukan kamar mandi model kering, Anda harus ekstra hati – hati mengawasi anak – anak Anda.

  1. Berat badan si kecil turun

Anak – anak yang menderita penyakit diabetes akan berkurang berat badannya. Semakin hari tampak semakin kurus dan kuyu. Berat badan yang kurang tentunya akan menimbulkan stamina tubuh anak menurun. Akibatnya, anak mudah sakit, lemas dan nafsu makan menurun. Jika asupan gizi pada anak tidak tercukupi, tentunya akan berakibat anak akan mudah terserang penyakit.

  1. Pandangan mata kabur

Jika anak terkena penyakit diabetes, selain berat badan turun, anak akan mudah lemas dan pandangan matanya kabur. Hal ini sangat mungkin terjadi, karena selain kurangnya asupan gizi di tubuh anak, dan daya tahan tubuh yang lemah, tentu akan menyebabkan berkurangnya daya pandang mata. Vitamin A juga kurang terpenuhi karena nutrisi – nutrisi dan vitamin tidak bisa terserap oleh tubuh karena kadar gula darah yang tinggi memungkinkan hal ini terjadi.

  1. Mudah lelah

Gejala penyakit diabetes pada anak – anak yang kelima adalah mudah lelah. Tentunya jika tubuh tidak mampu menyerap nutrisi dan vitamin, nafsu makan berkurang, tentunya stamina tubuh akan menurun sehingga tubuh mudah lelah. Gejala diabetes pada anak bisa jadi sangat mengganggu dan mencemaskan. Karena pada dasarnya daya tahan tubuh anak lebih rendah dibanding orang dewasa. Sekali anak kelelahan karena kekurangan gizi, dan gangguan lain, ini akan memunculkan resiko terserang berbagai macam penyakit lain. Karena itu, sebagai orang tua, harus segera mengambil tindakan serius dengan membawa si anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan pengobatan yang serius. Jangan sampai Anda lengah dan menganggap enteng gejala – gejala yang terjadi tadi. Jika Anda mendapati gejala – gejala di atas terjadi pada anak Anda, segera bawa ke dokter anak langganan Anda dan sampaikan ke dokter gejala – gejala yang Anda amati tersebut.

Penyakit Diabetes Pada Anak

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*