Penyakit Diabetes Melitus Dan Penyebabnya

Penyakit Diabetes Melitus Dan Penyebabnya

 

Penyakit Diabetes Melitus – Diabetes Melitus adalah jenis penyakit yang terjadi karena kelainan gula darah. Di mana hal ini bisa terjadi karena kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi. Sehingga menyebabkan tubuh menjadi kekurangan insulin, atau insulin yang ada dalam tubuh menjadi tidak sempurna. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa makanan yang kita makan sangat erat kaitannya dengan poduksi glukosa darah tersebut. Makanan yang dikonsumsi juga sangat berperan dalam merangsang pankreas memproduksi hormon insulin/

Penyakit Diabetes Melitus Dan Penyebabnya

Berikut ini adalah beberapa penyebab datangnya penyakit penyakit Diabetes melitus:

  • Penyebab penyakit diabetes melitus ini disebabkan oleh hasil insulin tidak cukup untuk mengkomodasi kadar gula dan sel – sel dalam tubuh tidak merespon insulin. Hal terjadi ini dikarenakan kandungan lemak yang lebih besar dalam tubuh tidak sempurna dikarenakan kurangnya aktifitas gerak setiap harinya.
  • Kurangnya insulin dikarenakan adanya virus atau faktor gizi pada saat anak – anak tidak memadai juga bisa menjadi salah satu penyebab adanya penyakit Diabetes Mellitus ini ada pada tubuh anda. Jadi untuk anda yang saat ini memiliki anak yang masih kecil sebaiknya penuhi gizi anak anda sebaik mungkin untuk hidupnya yang lebih sehat lagi pada waktu yang akan datang.
  • Pengaruh genetik atau keturunan, jika anda memiliki orang tua yang menderita penyakit Diabetes melitus sebaiknya anda mulai menjaga kesehatan anda segera checkup pada dokter. Jika memang anda sudah terdeteksi Gejala penyakit diabetes mellitus, anda segera pola makan dan hidup anda menjadi lebih sehat lagi. Atur makanan anda, jangan makan sembarangan dan biasakan olahraga dan juga sering checkup ke dokter.
  • Penyakit diabetes melitus juga bisa disebabkan oleh kelebihan obesitas. Hati – hati untuk anda yang memiliki berat badan lebih, jika anda terkena obesitas anda juga semakin mudah terserang penyakit diabetes mellitus. Kurangi berat badan anda dan mulai hidup sehat dengan makan yang sehat dan olahraga yang teratur.
  • Tingginya kadar Kortikosteroid juga bisa menyebabkan anda terserang penyakit ini.
  • Jika anda hamil anda sebaiknya juga berhati – hati karena biasanya ketika seorang perempuan hamil maka insulin dalam darah akan rendah, rendahnya insulin ini bisa menyebabkan anda terserang penyakit diabetes mellitus. Atur pola makan dan hidup anda yang sehat, bukan sekedar untuk diri anda sendiri melainkan juga untuk bayi dalam perut anda.
  • Jika ada racun dalam tubuh anda bisa saja anda terserang penyakit Diabetes Mellitus karena racun dalam tubuh anda juga mempengaruhi kerja Insulin dalam tubuh anda. Jadi sebaiknya anda lebih berhati – hati dalam menjaga kesehatan anda.

Tips Mencegah Penyakit Diabetes

Bagaimana cara pencegahan penyakit diabetes melitus yang bisa kita lakukan agar menekan resiko terkena penyakit diabetes melitus ini? Silahkan simak cara pencegahan penyakit diabetes melitus dibawah ini :

Sarapan

Pencegahan penyakit diabetes melitus yaitu dengan sarapan. Tidak peduli seberapa bencinya Anda pada sarapan, sangat penting untuk sarapan setiap hari. Hal itu membantu mengurangi risiko terkena diabetes. Makan sarapan yang sehat tidak hanya membantu mengontrol nafsu makan, tetapi juga membantu mengontrol konsumsi kalori.

Tidur cukup

Pencegahan penyakit diabetes melitus dapat dilakukan dengan tidur yang cukup. Tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup akan meningkatkan rasa lapar, yang mengarah ke penambahan berat badan, dan selanjutnya meningkatkan risiko terkena diabetes. Tidurlah setidaknya 7 jam per malam.

Berhenti merokok

Pencegahan penyakit diabetes dengan berhenti merokok. Para perokok lebih mungkin mengembangkan penyakit diabetes sebanyak 50% dibandingkan dengan mereka yang bukan perokok. Perokok berat memiliki risiko yang lebih tinggi lagi. Jadi berhentilah merokok segera agar terhindar dari risiko penyakit diabetes ataupun masalah kesehatan lainnya.

Pengendalian Berat Badan

Pencegahan penyakit diabetes melitus dapat dilakukan dengan pengendalian berat badan. Hal ini mengingat umumnya penderita diabetes, khususnya dabetes tipe 2, mengalami obesitas sehingga cenderung banyak sekali penimbunan lemak didalam tubuh.

Konsumsi kayu manis

Pencegahan penyakit diabetes dengan mengonsumsi kayu manis. Dalam sebuah studi tahun 2003, peneliti Pakistan bersama dengan Richard Anderson, seorang ilmuwan dengan Departemen Pertanian AS, menemukan bahwa mengonsumsi 1 gram kayu manis setiap hari dapat mengurangi gula darah. Walaupun penelitian di Amerika masih ragu soal ini, namun para ahli diabetes tetap merekomendasikan kayu manis untuk dikonsumsi.

Rajin berolahraga

Pencegahan penyakit diabetes melitus dapat dilakukan dengan olarhraga rutin. Olahrga membantu menjaga kestabilam kadar gula darah sehingga lonjakan kadar gula darah dapat dikurangi. Perlu diingat juga frekuensi berolahrga yang efektif dilakukan -5 kali dalam seminggu.

Penyakit Diabetes Melitus Dan Penyebabnya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*