Penyakit Diabetes Kering

Penyakit Diabetes Kering

 

Penyakit diabetes adalah penyakit dimana terjadi peningkatan kadar gula dalam darah secara belebih, hal ini di karenakan pangkreas, tidak dapat memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh, bahkan dalam keadaan diabetes yang sangat parah pangkreas tidak bisa menghasilkan insulin (berfunsi untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah) sama sekali.
Penyakit Diabetes Kering ini merupakan jenis Penyakit Diabetes yang banyak di derita dikalangan masyarakat, masyarakat sering menamai penyakit diabetes kering karena biasanya penderita penyakit diabetes kering ini mempunyai penampakan badan yang kurus dan kering. Penyakit diabetes bisa dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu diabetes golongan 1, diabetes golongan 2, dan diabetes gestasional. Penyakit Diabêtes golongan 1 adalah diabetes yang terjadi akibat tidak ada atau rusaknya hormon insulin tubuh. Penyakit Diabetes golongan 2 adalah diabetes yang terjadi akibat kebalnya atau sudah tidak mampunyai hormon insulin dalam mengatasi gula tubuh. Sedangkan penyakit diabetes gestasional adalah penyakit diabetes yang terjadi hanya pada wanita hamil.Penyakit Diabetes Kering

Seseorang yang terkena penyakit diabetes kering cenderung mengalami glukosa yang sulit di edarkan ke sel tubuh dan justru tercecer dalam aliran darah, bahkan ikut terbuang dalam air seni karena sedikit atau tidak adanya hormone atau zat insulin yang berasal dari pancreas. Akibatnya kadar glukosa dalam darah menjadi tinggi atau naik. Biasanya kadar gula yang tinggi diantaranya akan di buang melalui air seni penderita penyakit diabetes dan biasanya berasa manis seperti gula sehingga akan dikerubuti semut. Apa saja gejala dan tanda penyakit diabetes kering itu? Untuk mengenalinya lebih jauh, simak uraian berikut ini.

 

Gejala dan Tanda Penyakit Diabetes Kering
Berikut beberapa gelaja dan tanda penyakit diabetes kering yang perlu diwaspadai dari diabetes kering :
1. Peningkatan rasa lapar. Hal ini terjadi akibat glukosa darah yang terus dibuang tanpa disalurkan ke sel-sel tubuh.
2. Peningkatan rasa haus dan seringnya buang air kecil. Hal ini terjadi akibat pembuangan glukosa dan air ke dalam urin secara terus menerus tanpa melalui proses penyaringan yang normal (dehidrasi).
3. Mulut kering akibat dehidrasi.
4. Napas berbau buah. Hal ini terjadi akibat pembentukan keton (zat yang baunya menyerupai buah-buahan) sebagai hasil proses pembakaran lemak dengan aseton sebagai sumber energi.
5. Penglihatan yang kabur. Hal ini terjadi akibat kadar gula darah yang tinggi yang membuat perubahan lensa mata.
6. Pegal otot akibat dehidrasi.
7. Sensitif. Hal ini karena fluktuasi gula darah yang membuat mood berubah-ubah.
8. Sakit kepala akibat gula darah, penglihatan yang kabur, dan tekanan darah tinggi.
9. Gatal yang juga akibat kadar gula darah yang tinggi.
10. Berat badan yang turun drastis akibat dehidrasi dan pembakaran lemak terus menerus.

 

PENYEBAB PENYAKIT DIABETES KERING
Penyebab terjadinya penyakit diabetes kering ini karena terjadinya resistensi tubuh terhadap efek insulin yang diproduksi oleh sel beta dalam pankreas , sehingga mengakibatkan tidak terkendalinya kadar gula dalam darah . Seperti yang kita jelaskan tentang diabetes kering, kita tahu bahwa diabetes kering ini terjadi karena ketidakmampuan organ pankreas didalam memproduksi hormon insulin. Ketidakmampuan produksi insulin ini umumnya terjadi karena adanya kerusakan pada organ pankreas.
• Pola makan yang tidak teratur : selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung rasa manis secara berlebihan , memakan makanan ringan terlalu banyak, soft drink dan makanan lainnya.
• Obesitas : Orang yang mengalami obesitas akan lebih rentan timbulnya penyakit diabetes kering dalam tubuh.
• Faktor genetik atau faktor keturunan : Penyakit yang diturunkan orang tua kepada anaknya
• Obat-obatan kimia : obat-obatan berbahan kimia akan mengakibatkan terjadinya penyakit diabetes kering
• Pola hidup : Pola hidup yang tidak sehat dalam memicu timbulnya diabtes kering seperti kurang tidur, badan tidak digerakan dan terlalu banyak duduk.

 

Penyakit Diabetes Kering

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*