Penyakit Diabetes Dan Pencegahannya

Penyakit Diabetes Dan Pencegahannya

 

Penyakit diabetes merupakan penyakit kronis yang sering muncul dengan tanda ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin. Penyakit diabetes memiliki tanda awal berupa meningkatnya kadar gula yang ada di dalam darah, akibatnya ada gangguan system metabolism dalam tubuh. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan namun anda dapat mengatur kadar gula darah agar tetap terkontrol. Diabetes ini bisa terjadi karena kurangnya insulin, insulin merupakan salah satu zat yang dihasilkan pankreas untuk dapat mengolah zat gula darah (glukosa) sehingga dapat menjadi suatu energy. Beberapa gejala yang umum dialami oleh penderita penyakit diabetes meliputi sering buang air kecil, anda sering merasakan haus dan juga lapar, serta badan anda terasa lemas dan juga ngantuk.

Penyakit Diabetes Dan Pencegahannya

Tipe Penyakit Diabetes Mellitus

  1. Diabetes mellitus tipe 1

Penyakit diabetes tipe 1 adalah diabetes yang bergantung pada insulin dimana tubuh kekurangan hormon insulin,dikenal dengan istilah Insulin Dependent Diabetes Mellitus (IDDM). Hal ini disebabkan hilangnya sel beta penghasil insulin pada pulau-pulau Langerhans pankreas. Penyakit diabetes tipe 1 banyak ditemukan pada balita, anak-anak dan remaja.

  1. Diabetes mellitus tipe 2

Penyakit diabetes tipe 2 adalah dimana hormon insulin dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan semestinya, dikenal dengan istilah Non-Insulin Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM). Hal ini dikarenakan berbagai kemungkinan seperti kecacatan dalam produksi insulin, resistensi terhadap insulin atau berkurangnya sensitifitas (respon) sell dan jaringan tubuh terhadap insulin yang ditandai dengan meningkatnya kadar insulin di dalam darah.

Penyakit diabetes terjadi akibat gaya hidup anda yang tidak sehat. Agar bisa terhindar dari penyakit diabetes, maka anda harus melakukan beberapa tips dibawah ini, yaitu:

  • Anda harus terus bergerak. Sebab aktivitas fisik yang anda lakukan mampu menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas terhadap insulin. Tahukah anda bila olahraga seperti senam aerobic memang dipercaya mampu membantu mengendalikan adanya penyakit diabetes.
  • Beralihlah ke gandum dan juga konsumsilah biji-bijian. Sebab karbohidrat olahan seperti tepung, dan gula dapat meningkatkan resiko terkena diabetes. Roti gandum, seral, dan makanan sejenisnya sangat baik untuk mencegah diabetes karena memperlambat penyerapan karbohidrat.
  • Konsumsilah kayu manis. Dengan mengkonsumsi satu gram kayu manis disetiap harinya dapat mengurangi gula darah.
  • Cobalah untuk konsumsi cuka apel. Jika anda konsumsi dua sendok makan cuka apel setiap harinya, dipercaya dapat menurunkan lonjakan gula darah.
  • Hindarilah meminum minuman yang manis. Jika anda sering minum minuman yang manis yang ada hanya membuat anda rentan terkena penyakit diabetes.
  • Gantilah daging merah dengan kedelai. Daging merah memang termasuk sumber protein, namun hanya akan meningkatkan resiko terkena diabetes. Anda bisa menggantinya dengan makanan yang berbahan kedelai.
  • Ada baiknya anda makan sayuran.

Untuk mengobati dan mencegah penyakit diabetes melitus, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen herbal yang baik untuk metabolisme tubuh. S-Lutena (Nama Super lutein yang digunakan di Indonesia) adalah herbal yang sangat baik untuk kesehatan organ tubuh manusia secara keseluruhan. S-Lutena bisa digunakan sebagai suplemen harian untuk kebutuhan akan nutrisi tubuh atau digunakan sebagai herbal untuk pengobatan penyakit.

S-Lutena berisi 6 jenis yang paling penting dari karotenoid, lima jenis nutrisi yang paling penting berdasarkan kebutuhan manusia dan mengkombinasikan fungsi vegetatif dengan proporsi yang terbaik. Super lutein juga berfungsi sebagai herbal antikanker yang telah direkomendasikan oleh 6600 dokter spesialis di dunia. S-Lutena juga berfungsi sebagai antiaging dan antioksidan yang mampu melakukan regenerasi sel tubuh yang rusak. Super lutein mampu memperbaiki metabolisme tubuh yang tidak baik sehingga berfungsi maksimal.

Penyakit Diabetes Dan Pencegahannya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*