Penyakit Diabetes Dan Pantangannya

Penyakit Diabetes Dan Pantangannya

Penyakit Diabetes – Pantangan diabetes melitus merupakan sesuatu yang harus di hindari jika anda memang tidak ingin kadar gula dalam darah anda melonjak naik dan sangat berbahaya bagi kesehatan, karena semakin kadar gula dalam darah anda tinggi maka semakin besar pula resiko untuk terkena penyakit diabetes atau kencing manis. Di mana yang telah kita ketahui bersama bahwa penyakit diabetes ini merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan mengancam jiwa.

Penderita Penyakit diabetes harus selalu menjaga kestabilan gula darahnya. Salah satu cara untuk menjaga kestabilan kadar gula darahnya, penderita penyakit diabetes ini umumnya dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi jenis makanan dan minuman tertentu. Anjuran untuk tidak mengkonsumsi makanan dan minuman jenis tertentu ini kemudian disebut dengan pantangan diabetes melitus.

Maka dari itu, sangat diperlukan untuk penderita diabetes mengetahui apa saja yang menjadi pantangan makanan untuk penderita diabetes tersebut. Dan berikut beberapa makanan yang perlu dihindari, diantaranya :

  1. Makanan Cepat Saji atau Makanan Instan

Penyakit Diabetes Dan Pantangannya

Sering mengkonsumsi makanan cepat saji atau makanan instan dapat mempertinggi resiko penyakit diabetes. Pasalnya, makanan cepat saji atau makanan instan ini tidak banyak mengandung nutrisi, sehingga tidak akan mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal itu juga dapat menyebabkan kerusakan sel beta pankreas dan akan berkurangnya kesensitifan tubuh terhadap insulin.

  1. Makanan Yang Di Goreng

Makanan yang digoreng pantangan diabetes melitus. Sudah tentu anda mengenal benar dengan gorengan, tapi untuk penderita diabetes anda tidak boleh memakan makanan gorengan. Padahal gorengan adalah salah satu faktor risiko tinggi pemicu penyakit degeneratif, seperti kardiovaskular, diabetes melitus, dan stroke.

  1. Makanan Dengan Karbohidrat Sederhana

Makanan dengan karbohidrat sederhana juga perlu dihindari atau dikurangi jumlah konsumsinya, hal itu dikarenakan karbohidrat sederhana tidak memerlukan proses pencernaan yang lama untuk dapat dicerna oleh tubuh. Lain halnya dengan karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu yang lama untuk dapat dicerna oleh tubuh. Itulah sebabnya mengapa gandung dan beras merah dianjurkan bagi para penderita penyakit diabetes, karena dua bahan makanan tersebut mengandung karbohidrat kompleks.

  1. Buah dengan kadar gula tinggi

Penyakit Diabetes Dan PantangannyaBuah pada dasarnya memiliki serat yang baik bagi kesehatan kita semua. Namun, untuk penderita diabetes, hal tersebut tidaklah berlaku secara umum. Ada beberapa buah yang perlu dihindari, karena kandungan gula darahnya yang tinggi dan itu tidak baik bagi penderita penyakit diabetes. Diantaranya yang tidak termasuk dalam Pantangan Penyakit Diabetes ialah pisang, mangga, nangka dan durian. Buah – buah tersebut memang cukup menggiurkan, bukan ? namun mengingat akan dampak negatif yang ditimbulkan terhadap penderita penyakit diabetes, maka buah ini harus dihindarkan dari mereka, Tetapi, bukan berarti semua buah tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes. Buah yang memiliki kadar gula rendah seperti, jeruk, apel dan pir, insya Allah masih aman dikonsumsi oleh mereka.

  1. Kafein dan Alkohol

Kafein dan alkohol pantangan diabetes melitus. Alkohol adalah minuman yang memperberat kinerja hati dan pankreas yang bertugas memproduksi hormon insulin. Hindari segala jenis minuman yang mengandung alkohol dan juga kafein. Dampak yang dibawa oleh kedua jenis minuman ini terhadap penyakit diabetes mellitus selalu buruk.

MAKANAN YANG DIANJURKAN BAGI PENGIDAP DIABETES

Bagi penderita diabetes sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan diet yang sehat dan berpengaruh baik pada kadar gula. Hal ini dikarenakan menurunnya produksi hormon insulin dari pankreas sehingga memiliki kadar gula yang tinggi. Berdasarkan American Diabetes Assosiation [ADA] dianjurkan, bagi penderita diabetes, untuk mengasup makanan yang mengandung karbohidrat dari whole grain, sayuran, buah-buah, dan susu rendah lemak.

Penyakit Diabetes Dan PantangannyaMakanan diet dan sehat yang dianjurkan bagi penderita diabetes, antara lain:

  • Kacang polong, kacang panjang, dan buncis
  • Apel, aprikot, dan pir
  • Oat
  • Roti gandung, dan ubi jalar
  • Susu krim dan yogurt rendah lemak
  • Daging unggas dan daging merah rendah lemak
  • Makarel, sarden, dan salmon
  • Labu dan Biji rami
  • Buah dan sayuran
  • Beras merah, sarapan whole grain, dan roti whole grain

Makanan yang disebut di atas dianggap dapat memberikan asupan zat yang sangat dibutuhkan penderita penyakit diabetes, tanpa membahayakan kesehatan. Selain jenis makanan, penderita diabetes juga harus memperhatikan porsi makanan dan pola/ jadwal makannya. Dengan memperhatikan ketiga hal tersebut, kemungkinan meningkatnya kadar gula dalam darah dapat diminimalisir.

Penyakit Diabetes Dan Pantangannya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*