Penyakit Diabetes Dan Pantangannya

Penyakit Diabetes Dan Pantangannya

 

Penyakit Diabetes -Jika kadar gula dalam darah sudah sangat tinggi cara yang paling utama untuk mengendalikannya adalah dengan menjaga pola makan, yaitu hindari beberapa jenis makanan yang bisa memicu atau menambah kadar gula dalam darah tersebut.

Pada tubuh normal, makanan yang masuk kedalam tubuh diuraikan menjadi beberapa elemen dasar, jika terdapat gula, pankreas akan memproduksi dan mengeluarkan insulin untuk membantu mengedarkan gula dalam darah ke seluruh sel-sel tubuh untuk diubah dan diserap tubuh menjadi energi. Pada tubuh penderita diabetes, proses ini tidak terjadi dengan baik, karena insulin gagal di produksi dan dikeluarkan oleh pankreas, sehingga terjadi penumpukan glukosa sederhana dalam tubuh. Nah, berikut pantangan penyakit diabetes :

Penyakit Diabetes Dan Pantangannya1. Nasi

Nasi makanan pokok masyarakat Indonesia, Namun tidak bagi penderita penyakit diabetes. Justru Nasi adalah makanan pertama yang dilarang untuk para penderita penyakit diabetes. Kandungan karbohidrat sederhana pada nasi dapat menyembabkan lonjakan tinggi kadar gula darah. Ini jelas harus dihindari oleh para penderita diabetes. Mengganti nasi putih dengan beras merah. Biji-bijian tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang sama berkat serat, yang membantu memperlambat aliran glukosa ke dalam aliran darah. Terlebih lagi, Harvard School of Public Health menemukan bahwa mengkonsumsi dua porsi mingguan beras merah dikaitkan dengan risiko diabetes yang lebih rendah.

2. Pemanis buatan

Pemanis buatan juga merupakan pantangan makanan bagi penderita penyakit diabetes. Banyak orang yang menganggap kalau pemanis buatan merupakan zat aditif yang tak berbahaya. Akan tetapi makanan dan minuman yang diberi pemanis buatan bukanlah makanan yang baik untuk penderita penyakit diabetes. Sebaiknya kurangilah mengonsumsinya demi untuk mengontrol gula darah.

3. Buah-buahan

Buah memang makanan sehat bagi tubuh dan memiliki serat yang memang dibutuhkan untuk kesehatan pencernaan, Tapi ada baiknya Anda juga harus lebih berhati-hati dalam memilih buah-buahan, carilah buah yang memiliki kadar gula sedikit seperti alpukat, jeruk, dan pir yang masih di perbolehkan, namun ada baiknya jangan makan terlalu banyak.

4. Sarapan kue-kue

Hindari donat, kue-kue pemanggang roti, dan permen bakery lain jika anda ingin menjaga kadar gula darah anda di bawah kendali. Mereka terbuat dari tepung putih olahan dan tinggi lemak, karbohidrat dan natrium. Cobalah setengah dari gandum muffin Inggris atau kue beras merah dengan selai kacang dan sedikit selai rendah gula, karena mereka kurang olahan dan rendah lemak, karbohidrat dan natrium.

5. Kafein dan Alkohol

Alkohol adalah minuman yang memperberat kinerja hati dan pankreas yang bertugas memproduksi hormon insulin. Hindari segala jenis minuman yang mengandung alkohol dan juga kafein. Dampak yang dibawa oleh kedua jenis minuman ini terhadap penyakit diabetes mellitus selalu buruk.

6. Mie

Mie sangat pantang dimakan oleh penderita penyakit diabetes, Mie bisa membuat kadar gula di dalam tubuh Anda akan naik dengan cepat, karena mie sendiri mengandung karbohidrat yang tidak baik bagi penderita penyakit diabetes, oleh karena itu demi menjaga kesehatan dan penyakit gula Anda, lebih baik sangat dianjurkan untuk menghindari mengkonsumsi mie.

7. Makanan Instan

Makanan instan tidak memiliki jumlah nutrisi yang diperlukan tubuh, mengkonsumsi makanan instan secara terus menerus membuat tubuh jadi kekurangan nutrisi karena kebutuhan nutrisi tubuh tidak terpenuhi agar tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

8. Makanan yang mengandung lemak

Makanan yang mengandung banyak lemak memiliki kalori yang tinggi bahkan banyak mengandung gula yang tidak baik untuk kesehatan Anda. Selain itu nutrisi yang terkandung dalam makanan berlemak sangat sedikit, itulah mengapa orang yang memiliki penyakit gula sangat tidak di anjurkan untuk memakan makanan yang mengandung lemak, terlebih makanan ini hanya akan memicu obesitas yang merupakan salah satu penyebab penyakit diabetes.

Dan ada satu pantangan lagi yang tidak boleh dilakukan oleh penderita diabetes, yakni dilarang olah raga yang terlalu menguras tenaga, ini dikarenakan penderita penyakit diabetes memiliki kondisi fisik atau imunitas yang lemah, jika hal itu tetap dilakukan bisa saja Anda akan memperburuk kondisi tubuh Anda yang disebabkan dehidrasi. Cegah penyakit diabetes dengan S-lutena atau Super Lutein. Super lutein atau S-Lutena (nama di Indonesia) adalah suplemen kesehatan dari Jepang. S-lutena sangat bergizi karena terdiri dari buah dan sayur pilihan yang dikemas dan diolah secara modern dan terjaga kebersihannya.

Penyakit Diabetes Dan Pantangannya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*