Penyakit Diabetes Dan Jenisnya

Penyakit Diabetes Dan Jenisnya

 

Penyakit Diabetes Dan Jenisnya – Penyakit diabetes adalah penyakit dimana terjadi peningkatan kadar gula dalam darah secara belebih, hal ini di karenakan pangkreas, tidak dapat memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh, bahkan dalam keadaan diabetes yang sangat parah pangkreas tidak bisa menghasilkan insulin (berfungsi untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah) sama sekali. Dibawah ini ada 3 jenis penyakit diabetes beserta penjelasan penyakit diabetes tersebut:

 

Penyakit Diabetes  Insipidus

Penyakit Diabetes Insipidus (DI) adalah diabetes dengan kondisi medis yang ditandai dengan rasa haus berlebihan dan berkepanjangan. Diabetes ini juga yang disertai dengan seringnya keinginan untuk berkemih dan mengeluarkan sejumlah besar urin. Volume carian di dalam tubuh diatur oleh antidiuretic hormone (ADH), suatu hormon yang berperan dalam mengatur cairan di dalam tubuh. ADH dihasilkan oleh hipotalamus di dalam otak dan disimpan pada kelenjar hipofise, yang terletak di bawah hipotalamus, yang akan dilepaskan jika diperlukan. Ketika volume cairan di dalam tubuh di bawah normal, ADH dilepaskan oleh kelenjar hipofise untuk meningkatkan jumlah cairan dengan meningkatkan retensi cairan di dalam ginjal.

Penyakit Diabetes Dan Jenisnya

Penyakit Diabetes

 

Pada penyakit Diabetes Insipidus, ketidakcukupan atau gangguan fungsi dari ADH menyebabkan buruknya retensi cairan di dalam ginjal, menyebabkan produksi berlebihan urin dan kehilangan cairan berlebihan dari tubuh. Terdapat empat tipe utama penyakit Diabetes Insipidus: Diabetes Insipidus Kranial (kegagalan ginjal untuk berespon terhadap ADH meskipun jumlah ADH yang ada mencukupi), Diabetes Insipidus Gestasional (suatu enzim yang dihasilkan oleh plasenta sewaktu kehamilan menghancurkan ADH pada tubuh ibu, menyebabkan ketidakcukupan ADH) dan Diabetes Insipidus Dipsogenik (disebabkan karena asupan cairan yang berlebihan, yang menyebabkan penekanan fungsi dari ADH).

 

Penyakit Diabetes Kering

Penyakit Diabetes Dan Jenisnya – Penyakit Diabetes Kering ini merupakan jenis Diabetes yang banyak di derita dikalangan masyarakat, masyarakat sering menamai penyakit diabetes kering karena biasanya penderita diabetes kering ini mempunyai penampakan badan yang kurus dan kering. Diabetes bisa dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu diabetes golongan 1, diabetes golongan 2, dan diabetes gestasional. Penyakit Diabêtes golongan 1 adalah diabetes yang terjadi akibat tidak ada atau rusaknya hormon insulin tubuh. Penyakit Diabetes golongan 2 adalah diabetes yang terjadi akibat kebalnya atau sudah tidak mampunyai hormon insulin dalam mengatasi gula tubuh. Sedangkan penyakit diabetes gestasional adalah penyakit diabetes yang terjadi hanya pada wanita hamil.

Seseorang yang terkena diabetes kering cenderung mengalami glukosa yang sulit di edarkan ke sel tubuh dan justru tercecer dalam aliran darah, bahkan ikut terbuang dalam air seni karena sedikit atau tidak adanya hormone atau zat insulin yang berasal dari pancreas. Akibatnya kadar glukosa dalam darah menjadi tinggi atau naik. Biasanya kadar gula yang tinggi diantaranya akan di buang melalui air seni penderita diabetes dan biasanya berasa manis seperti gula sehingga akan dikerubuti semut.

 

Penyakit Diabetes Basah

Penyakit Diabetes Dan Jenisnya – Penyakit diabetes basah adalah suatu jenis diabetes atau gangguan kesehatan yang ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) dalam darah yang melebihi normal (hiperglikemia), hal ini disebabkan karena gula darah tersebut tidak dapat dimanfaatkan oleh tubuh sebagai sumber energi karena kurangnya hormon insulin (baik absolut maupun relatif) yang di produksi oleh pankreas atau tidak berfungsinya hormon insulin dalam menyerap gula secara maksimal.

Dalam dunia kesehatan sebenarnya tidak mengenali yang namanya diabetes basah (gula basah) dan diabetes kering. Namun terkadang banyak orang yang membedakannya berdasarkan kedua jenis tersebut. Penyakit Diabetes basah atau dalam istilah kesehatannya disebut dengan nama diabetes tipe 2. Kebanyakan orang menyebut diabetes basah (gula basah) untuk penyakit diabetes yang penderitanya terlihat tidak kurus kering.

Itulah sedikit informasi mengenai penyakit diabetes, Semoga artikel mengenai penyakit diabetes ini dapat bermanfaat untuk anda.

 

Penyakit Diabetes Dan Jenisnya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*