Penyakit Diabetes Adalah

Penyakit Diabetes Adalah

Penyakit Diabetes

Penyakit Diabetes

Penyakit Diabetes – Penyakit diabetes melitus sering disebut juga dengan penyakit gula darah atau kencing manis. Penyakit diabetes melitus adalah penyakit yang disebabkan oleh ketidakmampuan organ pankreas memproduksi hormon insulin untuk menguraikan glukosa dalam tubuh. Ketidakmampuan tersebut terutama karena konsumsi glukosa yang berlebihan sehingga glukosa menumpuk dalam darah dan tubuh kekurangan insulin untuk menguraikannya.

Penyakit Diabetes mellitus adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi yang disebabkan oleh gangguan pada sekresi insulin atau gangguan kerja insulin atau keduanya. Tubuh pasien dengan penyakit diabetes mellitus tidak dapat memproduksi atau tidak dapat merespon hormon insulin yang dihasilkan oleh organ pankreas, sehingga kadar gula darah meningkat dan dapat menyebabkan komplikasi jangka pendek maupun jangka panjang pada pasien tersebut.

Penyakit diabetes mellitus (DM) dibagi menjadi beberapa tipe. DM tipe I biasanya menimbulkan gejala sebelum usia pasien 30 tahun, walaupun gejala dapat muncul kapan saja. Pasien DM tipe I memerlukan insulin dari luar tubuhnya untuk kelangsungan hidupnya. DM tipe II biasanya dialami saat pasien berusia 30 tahun atau lebih, dan pasien tidak tergantung dengan insulin dari luar tubuh, kecuali pada keadaan-keadaan tertentu. Tipe DM lainnya adalah DM gestasional, yakni DM yang terjadi pada ibu hamil, yang disebabkan oleh gangguan toleransi glukosa pada pasien tersebut.

Saat ini jumlah pasien DM tipe II semakin meningkat, dikarenakan pola hidup yang semakin tidak sehat, misalnya kurang aktivitas fisik serta pola makan yang tidak sehat. Faktor risiko untuk DM tipe II antara lain: genetik, lingkungan, usia tua, obesitas, kurangnya aktivitas fisik, riwayat DM gestasional, serta ras atau etnis tertentu.

Ciri-ciri yang biasa muncul pada penderita penyakit diabetes melitus diantaranya adalah :

  • Sering merasakan ingin buang air kecil terutama pada malam hari.
  • Mudah merasakan haus dan banyak minum.
  • Mudah merasakan lapar.
  • Penglihatan sedikit kabur.
  • Mudah lelah dan sering mengantuk.
  • Sering merasakan pusing dan mual.
  • Jika penderita mengalami luka, penyembuhan lukanya buruk.
  • Sering merasakan kesemutan pada tangan dan kaki.
  • Koordinasi gerak anggota tubuh terganggu.
  • Mengalami disfungsi ereksi pada pasien pria.
  • Mengalami penurunan berat badan.

Faktor risiko diabetes didasarkan pada tipe diabetes.

Faktor risiko penyakit diabetes tipe 1

Meskipun penyebab pasti diabetes tipe 1 tidak diketahui, faktor keturunan mungkin mempengaruhi. Faktor lain yang memungkinkan yaitu terkena penyakit yang disebabkan virus.

Faktor risiko enyakit diabetes tipe 2

  1. Semakin banyak lemak pada jaringan tubuh anda, semakin tinggi pula resistensinya terhadap insulin.
  1. Perilaku pasif. Perilaku pasif akan membuat lemak dalam tubuh tidak terbakar. Aktifitas fisik akan membantu mengontrolnya dan semakin banyak penggunaan glukosa untuk energi maka semakin sensitif sel anda terhadap glukosa.
  1. Faktor keturunan. Resiko penyakit diabetes yang bersumber dari sejarah keluarga, jika keluarga dekat anda pernah mengidap diabetes, waspadalah jika diabetes juga dapat terjadi kepada anda.
  1. Risiko akan meningkat seiring dengan usia dimana aktifitas fisik cenderung menurun.
  1. Gestational diabetes. Jika anda memiliki gestational diabetes ketika hamil, maka risiko mengalami prediabetes dan diabetes tipe 2 akan meningkat kemudian. Jika bayi yang anda lahirkan memiliki berat lebih dari 4 kilogram maka anda juga berisiko terkena diabetes tipe 2.
  1. Polycystic ovary syndrome. Ditandai dengan periode menstruasi yang tidak teratur, tumbuh rambut yang terlalu banyak dan obesitas. Kondisi lain yang terkait diabetes antara lain: Tekanan darah tinggi (Hipertensi) Kolesterol tinggi

Penyakit Diabetes Adalah

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*