Penyakit Diabet Dan Gejalanya

Penyakit Diabet Dan Gejalanya

Penyakit Diabet – Penyakit diabet adalah Salah satu jenis penyakit kronis yang mempunyai tanda awal berupa meningkatnya kadar gula di dalam darah akibat adanya gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh. Diabetes ini tidak dapat disembuhkan namun kadar gula darah dapat dikontrol. Penyakit Diabet terjadi karena kurangnya insulin, insulin merupakan zat yang dihasilkan pankreas untuk mengolah zat gula darah (glukosa) sehingga dapat menjadi energi. Namun makanan yang konsumsi tidak akan menolong, sebab gula di dalam darah tetap tidak dapat diproses menjadi tenaga secara normal, bahkan kadarnya akan terus meningkat.

Penyakit Diabet Dan Gejalanya

Penyakit Diabet Dan Gejalanya

Peristiwa tersebut disebut dengan Hiperglikemia, yaitu penumpukan glukosa yang terjadi di dalam darah. Mengenali sejak dini tentang penyakit diabet merupakan suatu kesempatan bagi anda untuk mengendalikan gula darah bahkan mencegah timbulnya penyakit diabet pada tubuh anda. Untuk mendeteksi pengidap penyakit diabet yang utama yaitu dengan melakukan pemeriksaan gula darah.

Mengenal dan memahami gejala penyakit diabet sangat penting dan sangat bermanfaat. Mengetahui gejala sejak awal suatu penyakit akan memudahkan kita didalam mencegah penyakit diabet tersebut berkembang ke arah stadium yang lebih parah. Termasuk di sini penyakit diabetes melitus yang tergolong penyakit sangat mematikakan kalau tidak segera ditangani sedini mungkin.

Setelah sebelumnya kita ulas tentang penyebab penyakit diabet dan faktor resiko diabetes, maka sudah saatnya kita ulas juta tentang berbagai gejala dari penyakit diabetes mellitus ini. Pembahasan ini kami anggab sangat penting karena tidak sedikit dari penderita penyakit diabet mengetahui bahwa dia sebagai penderita penyakit diabet setelah kondisinya sangat parah dan sulit sudah untuk diatasi dan diobati.

Orang mengidap penyakit diabet sebenarnya sudah bisa menunjukkan dan merasakan berbagai gejala awal yang sebenarnya sangat mudah dikenali. Namun karena ketidaktahuan, seringnya penderita mengabaikan berbagai gejala penyakit diabet tersebut dan baru sadar setelah kondisinya parah dan sulit untuk ditangani.

Minimalnya ada tiga (3) gelala awal untuk seseorang bisa dicurigai lagi terkena penyakit diabet. Diantaranya:

  1. Poliuri

Yaitu penderita sering buang air kecil dalam jumlah banyak. Kejadiaanya biasanya terjadi pada malam hari. Hal ini terjadi karena kadar gula dalam darah sangat tinggi dan tidak bisa ditoleransi oleh organ ginjal. Akhirnya kadar gula dalam air seni pun jadi pekat dan untuk selanjutnya memaksa ginjal untuk menarik air dalam jumlah banyak dari tubuh agar air seni atau air kencing tidak terlalu pekat.

  1. Polidipsi

Yaitu penderita sering merasa haus yang hebat. Hal ini terjadi karena sedang berlangsung penarikan cairang yang banyak oleh ginjal. Maka penderita cepat merasa haus dan ingin minum terus.

  1. Polifagi

Yaitu penderita sering merasa cepat lelah dan lemas. Hal ini terjadi karena sel-sel tubuh kekurangan energi akibat tidak bisa masuknya gula ke dalam sel. Akhirnya sel tubuh kekurangan energi dan tubuh pun merasa lemas dan lelah.Disaat yang sama, otak akan merespon bahwa penderita ini kurang makan sehingga akan terasa sering lapar dan merangsang untuk terus makan. Inilah akhirnya yang semakin memperparah keadaan jika rasa laparnya dituruti dengan banyak makan. Di dalam darah semakin terjadi penumpukan kadar galu.Apabila gejala awal ini tidak segera disadari dan ditangani, maka penderita akan berada pada keadaan yang lebih parah dengan gejala lanjutan. Lebih-lebih ketika ketiga gejala awal ini sudah ada semua pada diri Anda, maka Anda sudah tergolong pada zona diabetes akut dan kalau tidak segera ditangani makan akan mendapati gejala diabetes lanjutan.

Gejala Penyakit diabet pada anak tak selalu mudah karena gejala-gejalanya sering disalah artikan sebagai penyakit flu. Selain itu gejala yang timbul terkadang baru muncul setelah penyakit berjalan cukup panjang. Anak dengan diabetes tipe 1 biasanya memiliki gejala penyakit diabet awal sebagai berikut:

  • Sering Buang Air Kecil. Hal ini terjadi karena ginjal ingin membersihkan kelebihan glukosa dalam sirkulasi darah. Anak jadi lebih sering buang air kecil dan dalam jumlah yang besar. Mengompol juga bisa menjadi gejala adanya diabetes, terutama jika sebelumnya anak tak pernah mengompol.
  • Sering Haus dan Banyak Minum Karena banyak cairan yang dikeluarkan, anak menjadi gampang haus.
  • Berat Badan Menurun Tubuh tidak lagi bisa memproses glukosa untuk energi dan mulai memecah otot dan cadangan lemak untuk menghasilkan energi bagi sel-sel yang lapar. Karenanya meski nafsu makan anak normal tetapi berat badannya sulit naik.
  • Mudah lelah Anak tampak kelelahan karena tubuhnya tidak mampu memproses glukosa untuk energi.

Gejala penyakit Diabet Pada Wanita

Sementara itu, sayangnya dari beberapa gejala khusus yang sering dialami wanita namun tidak disadari mereka. Di bawah ini ada beberapa gejala penyakit diabet pada wanita :

  • Infeksi vagina yang ditandai dengan munculnya keputihan secara berulang, meskipun telah mendapatkan pengobatan. Wanita yang mempunyai penyakit diabetes lebih mudah terkena infeksi jamur di daerah organ intim karena daerah tersebut mengalami kelambaban cukup tinggi.
  • Mengalami gangguan fungsi hormonal karena aliran darah tidak lancar. Cenderung mengalami polycystic ovarian syndrome. Keseimbangan hormon terganggu yang akan menganggu sistem reproduksi.
  • Pemicu diabetes juga, biasanya ditemukan pada wanita yang mengalami depresi.
  • Memiliki kadar kolesterol yang tinggi dibanding pria

Penyakit Diabet dan Gejalanya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*