Pengobatan Diabetes Gestasional

Pengobatan Diabetes Gestasional

Risiko KeguguranPengobatan Diabetes Gestasional Penderita Diabetes Gestasional

Pengobatan diabetes gestasional berfokus pada pengendalian kadar glukosa darah melalui diet, olahraga, dan obat-obatan, seperti pada penanganan diabetes tipe 2. Jika dibiarkan atau tidak diobati, kondisi akan meningkatkan komplikasi diabetes serius untuk ibu dan bayi. Selain itu, risiko terserang diabetes tipe 2 untuk ibu akan datang di kemudian hari.

Ingat, meskipun beberapa kasus diabetes gestasional (DG) dapat dicegah, namun wanita yang memiliki gen atau warisan, risiko sulit untuk dicegah. Tidak peduli seberapa keras usaha Anda (meskipun Anda meminimalkan kasus ). Riwayat keluarga dan genetik merupakan faktor kuat dalam mengembangkan DG. Hanya saja, Anda dapat menunda diabetes gestasional dengan perbaikan gaya hidup. Ide terbaik adalah perubahan hidup menjadi lebih proaktif pada kebiasaan pola hidup sehat. Jika Anda positif menderita DG, setidaknya hidup sehat proaktif bisa meminimalkan efek komplikasi diabetes gestasional pada ibu dan bayi.

 

Menurut American Diabetes Association, pengobatan diabetes gestasional terkait rencana diet sehat dan olahraga teratur. Diet sehat terfokus pada makanan tinggi serat dan nutrisi penting lainnya, dan mencakup diet rendah lemak dan kalori.

Ini berarti wanita berisiko diabetes gestasional cenderung memilih sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan pembatasan karbohidrat olahan (termasuk gula). Makan makanan kecil juga dimasukkan dalam anggaran diet untuk membantu menjaga kadar gula darah agar lebih stabil. Pengobatan diabetes gestasional pada ibu selama masa kehamilan meliputi:

 

  1. Diet seimbang

Mengontrol jumlah karbohidrat dalam diet Anda memungkinkan insulin diproduksi secara alami oleh tubuh sehingga kadar glukosa darah dalam terkontrol dalam rentang normal. Anda perlu menghubungi Ahli Gizi terdaftar untuk menyesuaikan diet yang pas. Ini adalah bagian penting dari pengobatan diabetes gestasional selama masa kehamilan.

 

  1. Berolahraga secara teratur

Pengobatan Diabetes GestasionalBerolahraga sebelum dan selama kehamilan dapat membantu Anda dalam pengobatan diabetes gestasional. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang aktif secara fisik selama 4 jam seminggu atau 30 menit sehari, sebelum dan selama kehamilan dapat mengurangi risiko diabetes gestasional pada sekitar 70%.

 

  1. Pemantauan kadar glukosa darah

Pengobatan diabetes gestasional lainnya beberapa ahli merekomendasikan bahwa wanita yang mengambil insulin juga harus menguji gula darah mereka sebelum makan. Menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang diterima mengurangi risiko bayi makrosomia (bayi besar). Jika Anda kesulitan mencapai tingkat target melalui diet dan olahraga saja, Anda mungkin perlu mengambil obat atau insulin untuk menurunkan kadar glukosa darah.

 

  1. Memonitor pertumbuhan janin

Anda mungkin diminta oleh bidan untuk memantau gerakan janin dan melaporkan setiap penurunan yang signifikan. Pengobatan diabetes gestasional dengan USG janin digunakan untuk mengevaluasi pertumbuhan janin selama kehamilan. Jika janin tumbuh lebih besar dari yang diharapkan, Anda mungkin perlu untuk mengambil suntikan insulin. Selama Anda mengambil insulin, mungkin tes nonstress oleh dokter dapat dilakukan untuk mengevaluasi detak jantung janin.

 

  1. Rutin melakukan pemeriksaan medis yang teratur

Wanita dengan diabetes gestasional adalah dua kali lebih mungkin untuk mengembangkan preeklampsia akibat tekanan darah tinggi selama kehamilan. Oleh karena itu, pengobatan diabetes gestasional yang Anda perlukan yaitu mengunjungi ahli medis secara rutin untuk memantau tekanan darah dan memeriksa ada atau tidaknya protein dalam urin.

Ahli medis profesional mungkin juga akan meminta Anda untuk membuat catatan makanan yang dimakan sehari-hari. Mereka juga akan memantau perkembangan berat badan untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan nutrisi yang cukup.

 

  1. Mengambil suntikan insulin

Jika fluktuasi kadar gula darah dalam rentang tak normal dan Anda merasa sulit untuk mengendalikannya setelah setidaknya Pengobatan Diabetes Gestasional2 minggu dari melakukan diet seimbang dan berolahraga secara teratur, maka pengobatan diabetes gestasional yang Anda butuhkan ialah suntikan insulin.

Insulin dapat dimulai setelah 1 minggu dari diet dan olahraga jika tingkat gula darah Anda tidak berada dalam rentang yang dapat diterima. Biasanya, ketika bayi setelah dilahirkan, tingkat gula darah Anda akan kembali normal dan dia tidak lagi perlu mengambil insulin.

 

  1. Jangan menurunkan berat badan

Kebanyakan, dokter kandungan biasanya tidak menyarankan ibu hamil untuk diet penurunan berat badan sebab ibu dan bayi butuh nutrisi lengkap. Anda hanya boleh menurunkan berat badan sebelum kehamilan. Jika Anda mengalami obesitas selama kehamilan, Ahli diet Anda mungkin akan membatasi asupan kalori Anda, bahkan bisa jadi pada selama kehamilan.

 

 

 

Pengobatan Diabetes Gestasional

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*