Pencegahan Diabetes

Pencegahan Diabetes

Pencegahan diabetes melitus tipe 2 terutama ditujukan kepada orang-orang yang memiliki risiko untuk menderita DM tipe 2. Tujuannya adalah untuk memperlambat timbulnya DM tipe 2, menjaga fungsi sel penghasil insulin di pankreas, dan mencegah atau memperlambat munculnya gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Faktor risiko DM tipe 2 dibedakan menjadi faktor yang dapat dimodifikasi dan faktor yang tidak dapat dimodifikasi. Usaha pencegahan diabetes dilakukan dengan mengurangi risiko yang dapat dimodifikasi.

Pencegahan Diabetes

Pencegahan Diabetes

Pencegahan Diabetes– Penyakit diabetes merupakan penyakit yang cukup mematikan. Lebih-lebih lagi diabetes melitus bisa dikatakan sebagai gerbang untuk penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung, penyakit kanker, dan penyakit berat lainnya. Jangan jangan pertaruhkan kesehatan Anda di masa yang akan datang dengan Anda teledor untuk mencegah penyakit penyakit diabetes ini.

Pencegahan Diabetes– Anda pun  harus tahu bahwa biaya pengobatan diabetes atau pengobatan diabetes melitus tidaklah murah ketika Anda sudah tervonis terserang penyakit diabetes melitus tahap parah. Jadi segera lakukan berbagai upaya untuk Anda bisa mencegah diri dari terjangkitnya penyakit diabetes mellitus.

Pencegahan Diabetes Melitus tipe 2 pada orang-orang yang berisiko pada prinsipnya adalah dengan mengubah gaya hidup yang meliputi olah raga, penurunan berat badan, dan pengaturan pola makan. Berdasarkan analisis terhadap sekelompok orang dengan perubahan gaya hidup intensif, pencegahan diabetes paling berhubungan dengan penurunan berat badan. Menurut penelitian, penurunan berat badan 5-10% dapat mencegah atau memperlambat munculnya DM tipe 2. Dianjurkan pula melakukan pola makan yang sehat, yakni terdiri dari karbohidrat kompleks, mengandung sedikit lemak jenuh dan tinggi serat larut. Asupan kalori ditujukan untuk mencapai berat badan ideal.

Pencegahan Diabetes- Akitivitas fisik harus ditingkatkan dengan berolah raga rutin, minimal 150 menit perminggu, dibagi 3-4 kali seminggu. Olah raga dapat memperbaiki resistensi insulin yang terjadi pada pasien prediabetes, meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik), dan membantu mencapai berat badan ideal. Selain olah raga, dianjurkan juga lebih aktif saat beraktivitas sehari-hari, misalnya dengan memilih menggunakan tangga dari pada elevator, berjalan kaki ke pasar daripada menggunakan mobil, dll.

Pencegahan Diabetes– Merokok, walaupun tidak secara langsung menimbulkan intoleransi glukosa, dapat memperberat komplikasi kardiovaskular dari intoleransi glukosa dan DM tipe 2. Oleh karena itu, pasien juga dianjurkan berhenti merokok.

Di bawah ini ada beberapa upaya yang bisa atau bahkan harus Anda lakukan untuk Anda bisa terhindar dari penyakit diabetes.

·         Pencegahan Diabetes- Terapkan pola hidup sehat

Buatlah hidup Anda teratur dan terjadwal didalam menjalankan aktivitas kehidupan. Ketidak teraturan dalam pola  hidup akan sengat mempengaruhi kerja berbagai organ dan kelenjar

·         Pencegahan Diabetes-  Terapkan pola makan yang baik dan sehat

Jaga diri Anda dari masuknya asupan makanan yang tidak sehat dan beresiko terhadap kesehatan dalam jangka panjang seperti makanan dengan tinggi lemak, makan yang mengandung pengawet, perasa, dan pewarna buatan

·         Pencegahan Diabetes- Jaga kondisi mental spiritual Anda

Jauhkan dari kondisi stres yang berkepanjangan, jauhi dari sikap suka marah, dan selalu menjalin hubungan dengan Tuhan dengan berbagai Ibadah dalam agama. Kondisi mental spiritual sangat berpengaruh terhadap kesehatan.

·         Pencegahan Diabetes- Lakukan aktivitas fisik secara rutin

Aktifitas fisik bisa dilakukan dengan olahraga, pekerjaan yang penuh dengan aktifitas fisik seperti berbelanja ke pasar dengan jalan kaki dan lain sebagainya

·         Pencegahan Diabetes- Jaga berat bandan pada batas ideal

Anda mengalami Obesitas atau kegemukan? Segera turunkan berat badan Anda. Obesitas memiliki faktor resiko yang sangat tinggi untuk seseorang terserang berbagai penyakit berat  seperti jantung koroner, kanker, dibetes melitus, dan penyakit berat lainnya.

·         Pencegahan Diabetes- Jauhi rokok dan minuman beralkohol

Anda merokok dan suka minuman beralkohol? Hati-hati ! Anda telah menyiapkan masa depan yang sangat membahayakan terhadap kesehatan Anda. Anda sengat rentan untuk terserang penyakit diabetes dan penyakit berat lainnya dikemudian hari.

·         Pencegahan Diabetes-  Konsumsilah berbagai herbal yang bisa mencegah dibetes mellitus, karena obat herbal aman untuk segala macam penyakit.

 

Pencegahan Diabetes

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*