Pencegahan Diabetes Melitus Adalah

Pencegahan Diabetes Melitus Adalah

 

Pencegahan Diabetes Melitus – Diabetes adalah suatu penyakit, dimana tubuh penderitanya tidak bisa secara otomatis mengendalikan tingkat gula (glukosa) dalam darahnya. Pada tubuh yang sehat, pankreas melepas hormon insulin yang bertugas mengangkut gula melalui darah ke otot-otot dan jaringan lain untuk memasok energi.

Diabetes merupakan gangguan metabolisme dari distribusi gula oleh tubuh. Penderita diabetes tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup atau tubuh yang tak mampu menggunakan insuin secaa efektif, sehingga terjadilah kelebihan gula di dalam darah. Kelebihan gula yang kronis di dalam darah (hiperglikemia) ini menjadi racun bagi tubuh.

Penting bagi semua orang untuk tahu gejala awal penyakit diabetes, baik untuk yang berisiko maupun yang dalam keadaan sehat saja. Usia muda maupun tua dapat mengalami penyakit ini. Apalagi dengan banyaknya terlihat penderita Penyakit Diabetes dalam umur yang masih muda. Gejala Penyakit Diabetes : Beberapa gejala klasik penderita diabetes mellitus antara lain: sering buang air kecil, sering merasa haus dan lapar, serta badan lemas dan sering mengantuk.

Pencegahan Diabetes Melitus orang-orang yang berisiko pada prinsipnya adalah dengan mengubah gaya hidup yang meliputi olah raga, penurunan berat badan, dan pengaturan pola makan. Berdasarkan analisis terhadap sekelompok orang dengan perubahan gaya hidup intensif, pencegahan diabetes paling berhubungan dengan penurunan berat badan.

Menurut penelitian, penurunan berat badan 5-10% dapat menjadi cara pencegahan diabetes melitus. Dianjurkan pula melakukan pola makan yang sehat, yakni terdiri dari karbohidrat kompleks, mengandung sedikit lemak jenuh dan tinggi serat larut. Asupan kalori ditujukan untuk mencapai berat badan ideal.

Pencegahan Diabetes Melitus , Bagaimana ?

Di bawah ini adalah beberapa cara pencegahan diabetes melitus :

  1. Terapkan pola makan yang baik dan sehat

Pencegahan Diabetes Melitus AdalahJaga diri Anda dari masuknya asupan makanan yang tidak sehat dan beresiko terhadap kesehatan dalam jangka panjang seperti makanan dengan tinggi lemak, makan yang mengandung pengawet, perasa, dan pewarna buatan

  1. Jaga kondisi mental spiritual Anda

Jauhkan dari kondisi stres yang berkepanjangan, jauhi dari sikap suka marah, dan selalu menjalin hubungan dengan Tuhan dengan berbagai Ibadah dalam agama. Kondisi mental spiritual sangat berpengaruh terhadap kesehatan.

  1. Lakukan aktivitas fisik secara rutin

Pencegahan Diabetes Melitus AdalahPencegahan diabetes melitus ini bisa dilakukan dengan olahraga, pekerjaan yang penuh dengan aktifitas fisik seperti berbelanja ke pasar dengan jalan kaki dan lain sebagainya

  1. Jaga berat badan pada batas ideal

Pencegahan Diabetes Melitus AdalahObesitas memiliki faktor resiko yang sangat tinggi untuk seseorang terserang berbagai penyakit berat seperti jantung koroner, kanker, dibetes melitus, dan penyakit berat lainnya.

  1. Jauhi rokok dan minuman beralkohol

Pencegahan diabetes melitus selanjutnya dengan menjauhi rokok dan alkohol. Jika Anda sering meminum alkohol, Anda telah menyiapkan masa depan yang sangat membahayakan terhadap kesehatan Anda. Anda sengat rentan untuk terserang penyakit diabetes dan penyakit berat lainnya dikemudian hari.

  1. Konsumsilah berbagai herbal yang bisa mencegah dibetes melitus

Di alam sekitar banyak tersedia bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk pencegahan diabetes melitus.

  1. Kurangi Makanan Instan

kurangi makanan instan untuk pencegahan diabetes melitus. Dapat dikatakan bahwa makanan instan memang dapat lebih cepat kita santap. Tubuh kita membutuhkan nutrisi yang cukup, sedangkan pada makanan instan kandungan nutrisinya dapat dikatakan tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

  1. Konsumsi Buah dan Sayur yang Cukup

Seperti yang anda ketahui, serat yang terdapat pada buah dan sayur dapat bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan dan sebagai pencegahan diabetes melitus.

  1. Makanlah kacang-kacangan dan biji-bijian

Meskipun tidak jelas mengapa, biji-bijian dapat menjadi cara pencegahan diabetes melitus dan membantu menjaga kadar gula darah. Dalam sebuah studi pada lebih dari 83.000 perempuan, konsumsi kacang-kacangan (dan selai kacang) tampaknya menunjukkan beberapa efek perlindungan terhadap pengembangan diabetes. Wanita yang mengonsumsi lebih dari lima porsi satu ounce kacang per minggu menurunkan resiko terkena diabetes dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi kacang sama sekali.

Pencegahan Diabetes Melitus Adalah

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*