Pantangan Penderita Diabetes Basah

Pantangan Penderita Diabetes Basah

Pantangan Penderita Diabetes Basah

Pantangan Penderita Diabetes Basah – Menurut Wikipedia, Indeks Glikemik atau Glikemik Indeks (GI), memberikan ukuran seberapa cepat kadar gula darah meningkat setelah mengkonsumsi makanan tertentu. Efek dari setiap makanan bervariasi. Respon glikemik berada dari satu orang dengan orang lain, dan bahkan pada aorang yang sama dari hari kehari, tergantung pada kadar glukosa darah, resistensi insulin dan faktor lainnya. Ada beberapa pantangan makanan untuk penderita penyakit gula basah, diantaranya adalah makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi. Makanan dengan indeks glikemik tinggi akan dengan cepat menaikan kadar gula darah.

Sebagian besar nilai pada indeks glikemik tidak menunjukan dampak terhadap kadar glukosa setelah dua jam. Beberapa orang dengan penyakit gula mungkin memiliki peningkatan kadar setelah empat jam. Pantangan Penderita Diabetes Basah

Makanan dengan karbohidrat yang mudah di pecah dengan cepat selama proses pencernaan dan melepaskan glukosa dengan cepat ke dalam aliran darah cenderung memiliki indeks glikemik tinggi, makanan dengan karbohidrat di pecah lebih lambat, melepaskan glukosa lebih secara bertahap ke dalam aliran darah, cenderung memiliki indeks glikemik rendah dan merupakan pantangan makanan penderita penyakit gula basah. Konsep ini dikembangkan oleh Dr.David J. Jenkins dan rekan di 1980-1981 di University of Toronto dalam penelitian mereka untuk mengetahui makanan yang terbaik untuk penderita penyakit gula. Pantangan Penderita Diabetes Basah

Sebuah indeks glikemik yang lebih rendah menunjukkan tingkat lebih lambat dari pencernaan dan penyerapan makanan karbohidrat dan juga dapat menunjukkan ekstraksi lebih besar dari hati dan pinggiran produk karbohidrat pencernaan. Sebuah respon glikemik rendah biasanya sama dengan permintaan insulin rendah tetapi tidak selalu, dan dapat meningkatkan kontrol glukosa darah jangka panjang dan lipid darah. Indeks insulin ini juga berguna untuk menyediakan ukuran langsung dari respon insulin untuk makanan. Berikut ini adalah beberapa Pantangan Penderita Diabetes Basah, diantaranya :

 

  1. Gorengan atau makanan yang digoreng

Pantangan Penderita Diabetes Basah yang pertama yaitu gorengan atau makanan yang digoreng. Karena bentuknya kecil, satu gorengan tidak cukup buat kita. Padahal gorengan adalah salah satu faktor risiko tinggi pemicu penyakit degeneratif, seperti kardiovaskular, penyakit diabetes melitus, dan stroke. Pantangan Penderita Diabetes Basah

  1. Jus yang manis

Jus buah memang menyehatkan tubuh karena banyak mengandung vitamin. Penderita penyakit diabetes memang tidak dilarang mengonsumsi buah namun penderita diabetes juga harus memperhatikan buah apa yang dimakannya. Buah ada yang boleh dikonsumsi dan ada juga yang dilarang penggunaannya bagi penderita penyakit gula. Jus dilarang karena kandungan gula dalam jus sangat tinggi sehingga mampu memberikan efek merangkak naiknya kadar gula penderita. Maka dari itu jus buah menjadi salah satu Pantangan Penderita Diabetes Basah karena kadar gulanya yang sangat tinggi.

  1. Coklat

Coklat adalah makanan yang banyak terdapat didaerah yang bersuhu baik. Di kota Lumajang coklat dapat mudah kita temui di daerah sekitar desa Dampar, kecamatan Pasirian. Karena coklat memiliki rasa manis yang begitu nikmat sehingga tergolong makanan yang berkadar gula tinggi. Lemak yang dikandung coklat juga menjadi resiko obesitas pada penggemar setianya. Karena kadar gulanya yang sangat tinggi seperti jus buah, makanan lezat ini juga menjadi salah satu dari Pantangan Penderita Diabetes Basah.

  1. Keranjingan soda

Dari penelitian yang dilakukan oleh The Nurses’ Health Study II terhadap 51.603 wanita usia 22-44 tahun, ditemukan bahwa peningkatan konsumsi minuman bersoda membuat berat badan dan risiko diabetes melambung tinggi. Para peneliti mengatakan, kenaikan risiko itu terjadi karena kandungan pemanis yang ada dalam minuman bersoda. Selain itu, asupan kalori cair tidak membuat kita kenyang sehingga terdorong untuk minum lebih banyak. Karena itulah soda juga termasuk Pantangan Penderita Diabetes Basah.

  1. Teh manis

Tingginya asupan gula menyebabkan kadar gula darah melonjak tinggi. Belum risiko kelebihan kalori. Segelas teh manis kira-kira mengandung 250-300 kalori (tergantung kepekatan). Kebutuhan kalori wanita dewasa rata-rata adalah 1.900 kalori per hari (tergantung aktivitas). Dari teh manis saja kita sudah dapat 1.000-1.200 kalori. Belum ditambah tiga kali makan nasi beserta lauk pauk. Patut diduga kalau setiap hari kita kelebihan kalori yang akhirnya akan menimbulkan obesitas dan penyakit gula. Bagi Anda yang menderita diabetes terlebih diabetes tipe 2 atau diabetes basah maka teh manis ini merupakan Pantangan Penderita Diabetes Basah, bisa di gantikan dengan teh hijau yang kalorinya lebih rendah dari pada teh manis biasa. Pantangan Penderita Diabetes Basah

 

Demikian ulasan mengenai Pantangan Penderita Diabetes Basah, semoga bisa bermanfaat untuk Anda terutama bagi Anda yang menderita diabetes.

 

Pantangan Penderita Diabetes Basah

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*