Pantangan Diabetes Melitus Tipe 2

Pantangan Diabetes Melitus Tipe 2

Pantangan Diabetes Melitus -Penyakit Diabetes Mellitus ( DM ) adalah atau yang sering dikenal dengan penyakit kencing manis adalah suatu penyakit atau kondisi dimana tubuh seseorang tidak dapat  mengendalikan kadar glukosa darah. Akibatnya, kadar glukosa darah meningkat ( hiperglikemia ) secara berkepanjangan ( kronik ).

Secara garis besar, Diabetes Melitus dikelompokkan menjadi dua tipe yaitu Diabetes Melitus  tergantung insulin ( Diabetes Melitus tipe-1 ) dan Diabetes Melitus tidak tergantung insulin ( Diabetes Melitus tipe-2 ). Sebagian besar kasus adalah Diabetes Melitus tipe-2 yang banyak ditemukan pada orang yang mengalami obesitas atau kegemukan akibat pola hidup yang dijalaninya. Sementara, Diabetes Melitus tipe-1 banyak dipengaruhi faktor keturunan, meski kontribusi faktor keturunan terhadap risiko DM hanya sebesar 5%.

Penderita Penyakit diabetes harus selalu menjaga kestabilan gula darahnya. Salah satu cara untuk menjaga kestabilan kadar gula darahnya, penderita penyakit diabetes ini umumnya dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi jenis makanan dan minuman tertentu. Anjuran untuk tidak mengkonsumsi makanan dan minuman jenis tertentu ini kemudian disebut dengan pantangan diabetes melitus. Maka dari itu, sangat diperlukan untuk penderita diabetes mengetahui apa saja yang menjadi pantangan makanan untuk penderita diabetes tersebut.

Pantangan Diabetes Melitus Tipe 2

Pantangan diabetes melitus memang umumnya meliputi konsumsi makanan dan minuman jenis tertentu. Namun ternyata pantangan diabetes melitus tidak hanya seputar makanan dan minuman. Untuk mengetahui pantangan diabetes melitus lebih lanjut anda perlu memperhatikan Pantangan diabetes melitus supaya anda terhindar dari hal – hal buruk yang mungkin terjadi akibat kelebihan kadar gula dalam darah. Berikut pantangan diabetes melitus :

Buah dengan kadar gula tinggi

Pantangan diabetes melitus -Buah pada dasarnya memiliki serat yang baik bagi kesehatan kita semua. Namun, untuk penderita diabetes, hal tersebut tidaklah berlaku secara umum. Ada beberapa buah yang perlu dihindari, karena kandungan gula darahnya yang tinggi dan itu tidak baik bagi penderita diabetes. Diantaranya yang tidak termasuk dalam Pantangan Diabetes ialah pisang, mangga, nangka dan durian. Buah – buah tersebut memang cukup menggiurkan, bukan ? namun mengingat akan dampak negatif yang ditimbulkan terhadap penderita diabetes, maka buah ini harus dihindarkan dari mereka, Tetapi, bukan berarti semua buah tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah yang memiliki kadar gula rendah seperti, jeruk, apel dan pir, insya Allah masih aman dikonsumsi oleh mereka.

Kafein dan Alkohol

Pantangan Diabetes melitus -Alkohol adalah minuman yang memperberat kinerja hati dan pankreas yang bertugas memproduksi hormon insulin. Hindari segala jenis minuman yang mengandung alkohol dan juga kafein. Dampak yang dibawa oleh kedua jenis minuman ini terhadap penyakit diabetes mellitus selalu buruk.

Sumber Karbohidrat Tinggi

Pantangan Diabetes melitus adalah makanan tinggi karbohidrat. Makanan ini merupakan oknum penyebab gula darah naik drastis. Oleh karena itu, konsumsinya harus sesuai dengan anjuran dokter. Makanan yang berkarbohidrat tinggi antara lain beras putih dan segala olahannya seperti nasi, bubur, dan lontong. Gantilah makanan pokok tersebut dengan bahan lain yang kandungan karbohidratnya lebih rendah seperti beras merah, sereal, dan oatmeal. Kentang sudah dikenal sebagai pengganti nasi yang baik, selama pengolahannya tidak dengan cara digoreng. Namun tetap, porsinya harus sesuai dengan anjuran dokter.

Mie, Spagheti dan Roti

Pantangan Diabetes melitus -Mie, spagheti dan roti juga penyebab gula darah naik? Benar, alasannya makanan-makanan tersebut dibuat dari tepung gandum dan tepung beras yang telah kita ketahui bersama bahwa jenis tepung tersebut banyak mengandung karbohidrat yang akan berisiko meningkatkan kadar gula darah.

Makanan Berlemak

Pantangan Diabetes melitus -Makanan berlemak, makanan berminyak dan yang mengandung gula seringkali memberikan asupan kalori yang terlalu berlebihan. Sementara itu, kandungan nutrisinya malah lebih sedikit. Inilah yang menyebabkan mengapa penderita diabetes sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan tersebut, mengingat umumnya makanan tersebut menjadi pemicu obesitas dan seringkali memicu penyakit diabetes.

Olahraga terlalu berat Pantangan Diabetes

Pantangan Diabetes melitus yang terakhir rupanya tidak terkait dengan makanan. Olahraga memang disarankan bagi penderita diabetes agar mereka dapat menjaga kestabilan gula darah mereka. Namun mengingat kondisi fisik mereka yang lemah akibat kadar gula darah mereka, disarankan agar melakukan olahraga ringan dan tidak berlebihan. Jika tidak, ditakutkan tubuh akan mengalami dehidrasi dan itu hanya akan memperburuk kondisi kesehatan mereka.

Pantangan Diabetes Melitus Tipe 2

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*