Obat Herbal Diabetes Melitus

Obat Herbal Diabetes Melitus

Obat Herbal Diabetes Melitus

Diabetes sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis, tapi yang lebih dikenal oleh banyak orang adalah diabetes melitus tipe 1 dan diabetes melitus tipe 2. Diabetes melitus tipe 1 adalah diabetes dimana fungsi pankreas berkurang sehingga tidak bisa menghasilkan hormon insulin, sementara diabetes melitus tipe 2 adalah diabetes dimana pankreas masih memiliki kemampuan untuk memproduksi insulin tetapi sel-sel dalam tubuh tidak bisa memproses insulin secara sempurna.

Lalu apakah yang dapat menyebabkan diabetes? Diabetes dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah genetik, tekanan darah tinggi, sakit jantung, obesitas, dan pola hidup yang tidak sehat. Orang yang menderita diabetes akan menampakkan gejala, diantaranya adalah :

  • Mudah lapar padahal sudah makan seperti biasa
  • Sering haus
  • Sering buang air kecil
  • Pandangan kabur
  • Mudah lelah
  • Sering merasa nyeri, kesemutan, atau mati rasa ditangan atau kaki
  • Badan menjadi lebih kurus

 

Lalu apakah ada cara untuk mengobati diabetes? Hingga sampai saat ini dalam dunia medis masih belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan diabetes secara 100%, yang ada hanyalah penanganan medis untuk menjaga kadar gula dalam darah menjadi stabil seperti suntik insulin atau konsumsi obat-obatan kimiawi. Tetapi Anda tak perlu khawatir karena ada tanaman herbal, obat herbal diabetes melitus.

 

Mengapa memilih tanaman herbal? Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa akar permasalahan dari diabetes adalah penurunan fungsi pankreas (diabetes melitus tipe 1) dan penurunan fungsi sel-sel dalam tubuh (daibetes melitus tipe 2), disinilah fungsi tanaman herbal dalam menyembuhkan diabetes yaitu dengan memperbaiki pankreas dan sel-sel dalam tubuh hingga berfungsi menjadi lebih baik. Berikut ini adalah beberapa daftar tanaman yang dapat digunakan sebagai obat herbal diabetes melitus tersebut, antara lain:

  1. Tanaman Keladi Tikus

Tanaman keladi tikus atau yang dalam bahasa jawa disebut dengan talas kunting juga berkhasiat mampu mengobati diabetes. Selain dapat mengobati diabetes, tanaman keladi tikus ini juga ampuh dalam mengoabati penyakit lainnya seperti kanker atau tumor.

Tanaman keladi tikus dapat mengobati diabetes karena mengandung Ribozome Inactivating Protein, yaitu zat berfungsi meregenerasi sel-sel tubuh. dengan meregenerasi sel tubuh dapat membuat fungsi sel-sel tubuh dalam pengelolaan glukosa menjadi normal kembali.

 

  1. Manggis

Sudah tidak diragukan lagi khasiat manggis dalam mengobati diabetes, buah ini sudah terkenal dari dulu mampu mengobati diabetes. Hal ini disebabkan karena manggis mengandung senyawa xanthones, yaitu senyawa yang mampu menghambat proses alpha-glukosidase.

Alpha-glukosidase adalah sebuah proses pengubahan zat karbohidrat menjadi glukosa oleh enzim. Dengan buah manggis menghambat alpha-glukosidase akan menurunkan kadar gula dalam darah di tubuh sehingga mampu mengobati diabetes.

 

  1. Daun Sirsak

Ternyata daun sirsak selain mampu mampu mengobati asam urat juga dapat digunakan untuk mengobati diabetes juga. Daun sirsak banyak mengandung kalium, fosfor, kalsium, vitamin C dan serat yang mampu memperbaiki pankreas dan fungsi sel-sel dalam tubuh.

Untuk menggunakan daun sirsak dalam mengobati diabetes dapat Anda lakukan dengan dua cara yaitu basah dan kering, cara basah adalah dengan merebus daun sirsak dengan air panas dan ar rebusannya Anda minum sedangkan cara kering adalah dengan mengeringkan daun sirsak kemudian giling menjadi serbuk, stelah itu dapat Anda seduh dengan air hangat.

 

  1. Brotowali

Tanaman herbal yang terkenal akan kepahitannya ini ternyata juga ampuh dalam mengobati diabetes. Bahkan orang zaman dahulu sudah menggunakan tanaman herbal ini sebagai obat alami dibetes. Caranya adalah dengan merebus batang brotowali, lalu air minumannya Anda minum. Untuk mengurangi kadar kepahitan brotowali Anda dapat menambahkan madu ke air rebusan brotowali tersebut.

 

  1. Mengkudu

Buah yang menyengat baunya di hidung dan rasanya juga tidak teralalu enak ternyata berkahasiat sebagai obat herbal diabetes melitus. Hal ini disebabkan karena mengkudu mengandung zat proxeroni yang dapat membantu memperlebar pori-pori sel tubuh yang akan menyebabkan fungsi sel-sel tubuh dalam memproses glukosa menjadi lebih baik.

 

  1. Kemangi

Tanaman Herbal yang biasa digunakan orang sebagai lalapan dalam makanan ini juga dapat digunakna sebagai obat alami diabetes. Daun kemangi dapat mengobati diabetes karena mangandung zat yang mampu membantu insulin dalam proses konversi glukosa menjadi energi, dengan begitu maka kadar glukosa dalam darah ditubuh menjadi normal.

 

  1. Daun Sambiloto

Daun sambiloto adalah salah satu tanaman herbal yang terkenal akan kepahitannya selain brotowali dan mahkota dewa. Daun sambiloto dapat digunakan sebagai obat alami diabetes karena mengandung flavonoid yang mampu membantu pankreas dalam memproduksi hormon insulin. Untuk caranya adalah dengan merebus daun sambiloto kemudian air rebusannya Anda minum, untuk mengurangi rasa pahit bisa Anda tambahkan madu.

 

  1. Ginseng

Ginseng dapat mengobati diabetes karena mengandung zat yang mampu menstabilkan kadar gula di tubuh dan juga mampu meningkatkan zat insulin. Selain itu ginseng juga mampu menambah vitaltas dan stamina Anda.

 

  1. Daun Salam

Daun salam yang biasanya dijadikan ibu-ibu sebagai bumbu masakan, ternyata juga bisa sebagai obat herbal diabetes melitus. Daun salam memiliki khasiat memperlancar sirkulasi darah khususnya pada sistem metabolism glukosa yang pada akhirnya tidak terjadi penumpukan kadar gula berlebih di dalam darah sehingga Anda terhindar dari diabetes.

 

  1. Tapak Dara

Dalam sebuah penilitian yang dilakukan di California, Amerika Serikat, Para Ahli menyatakan bahwa Tapak dara mengandung sekitar 70 jenis alkaloid dan salah satu jenis alkaloid tersebut dapat mengontrol kandungan kadar gula berlebih dalam darah. Sehingga tapak dara dapat Anda manfaatkan sebagai ramuan obat herbal diabetes melitus.

 

 

Obat Herbal Diabetes Melitus

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*