Obat Herbal Diabetes , Apa Saja ?

Obat Herbal Diabetes , Apa Saja ?

Obat Herbal Diabetes -Diabetes Mellitus bukanlah hal baru bagi sebagian besar orang. Bahkan ada teman atau keluarga kita yang terkena diabetes mellitus. Iklan di media berkaitan dengan diabetes juga sudah banyak. Sebenarnya, apa sih Diabetes mellitus itu? Diabetes mellitus sering dikenal dengan nama penyakit kencing manis. Penyakit ini merupakan kelainan atau gangguan metabolisme dalam tubuh.Seiring bertambahnya usia dan penyakit diabetes yang terus dijalani dan berkembang. Penyakit diabetes kemudian menunjukkan ciri diabetes melitus yang mudah dikenali dan ciri diabetes melitus ini sangat ditakuti oleh banyak penderita diabetes.

Obat Herbal Diabetes , Apa Saja ?

Obat Herbal Diabetes

Penyakit diabetes termasuk salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Tak heran, banyak orang yang merasa khawatir terkena penyakit ini. Berbagai metode pengobatan banyak ditawarkan untuk penyembuhannya, mulai dari pengobatan secara medis maupun pengobatan non-medis. Kali ini, kita akan membahas mengenai pengobatan non-medis diabetes dengan berbagai ramuan obat herbal diabetes.

Salah satu penyebab timbulnya diabetes ialah konsumsi karbohidrat sederhana yang berlebihan. secara teoritis, semakin banyak mengonsumsi karbohidrat tersebut, akan berdampak pada peningkatan gula darah secara drastis.

Patut diketahui bahwa ada banyak tanaman di sekitar kita yang bisa dijadikan sebagai obat anti-diabetes yang aman, bebas dari berbagai bahan kimiawi yang berbahaya apabila dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

Tanaman obat ini memiliki kinerja yang konstruktif karena dapat membangun kembali jaringan sel yang rusak serta dapat menyembuhkan komplikasi akibat diabetes. Fungsinya ialah menurunkan kadar gula darah dengan cara menghambat penyerapan gula di dalam tubuh.

Hal itu bisa dilakukan karena tanaman herbal memiliki kadar serat yang tinggi. Berikut merupakan beberapa tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal diabetes:

  1. Mahkota Dewa

Obat herbal diabetes ini memiliki efek farmakologi seperti obat disentri, anti-peradangan, sakit kulit, menurunkan kadar gula darah. Cara penggunannya yakni menyeduh irisan buah Mahkota dewa ke dalam segelas air panas (200 cc). Kemudian, tutuplah gelas tersebut dan biarkan sebentar supaya larut. Barulah setelah itu, diminum secukupnya. Disarankan untuk meminumnya 2-3 kali dalam sehari.

  1. Brotowali

Obat herbal diabetes ini memiliki efek farmakologis seperti dapat menghilangkan rasa sakit (analgesik) dan menurunkan panas (anti-piretik), disamping sering digunakan untuk mengatasi diabetes.

  1. Lidah Buaya

Obat herbal diabetes yaitu lidah buaya. Cara penggunaannya, cuci bersih Lidah buaya yang sudah disiapkan. Lalu, potong-potong dan kemudian rebus Lidah buaya tersebut di dalam tiga gelas air sampai susut kira-kira setengahnya. Jika sudah, tiriskan dan minum air rebusan Lidah buaya itu 3 x 1,5 gelas setiap habis makan.

  1. Tanaman Pare

Obat herbal diabetes ini memiliki senyawa aktif charantin dan polypeptide-P yang dapat merangsang sel beta pankreas. Cara penggunannya ialah dengan memotong buah Pare seberat 200 gram. Kemudian, buat menjadi jus atau direbus. Minumlah airnya secara teratur setelah makan.

  1. Teh Hijau

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Barangkali, Teh hijau senantiasa menjadi teman setia Anda ketika membaca koran. Teh hijau diketahui memiliki sensitifitas sel terhadap insulin. Anda dapat mengonsumsi Teh hijau setelah makan.

  1. Fenugreek

Obat herbal diabetes ini adalah sejenis tanaman biji-bijian yang banyak tumbuh di Asia dan sering digunakan oleh masyarakat India sebagai bumbu penyedap masakan. Tanaman ini punya kemampuan untuk mengontrol kadar glukosa darah dan telah banyak digunakan untuk mengendalikan diabetes. Fenugreek menurunkan resistensi insulin dan mengontrol kadar glukosa darah dengan meningkatkan jumlah reseptor insulin dalam sel darah merah. Hal ini akan meningkatkan pemanfaatan glukosa pada jaringan perifer sehingga mengurangi kadar glukosa dalam darah. Namun Fenugreek tidak boleh digunakan oleh wanita hamil atau menyusui .

  1. Bawang putih

Obat herbal diabetes ini dianggap sebagai ramuan terbaik untuk menurunkan gula darah serta perbaikan sel-sel pankreas dan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin. Ini telah terbukti dalam berbagai penelitian, namun sayang masih banyak yang tidak memanfaatkannya.

  1. Kemangi

Penelitian telah menunjukkan bahwa obat herbal diabetes ini memiliki efek positif pada glukosa setelah makan dan saat puasa. Ramuan ini dapat memfasilitasi proses sekresi insulin.

  1. Daun mangga

Obat herbal diabetes ini diketahui sebagai obat yang efektif pada diabetes. Caranya, cukup dengan merendam daun mangga semalaman dalam secangkir air. Setelah itu, tiriskan daun keluar dan minum airnya. Hal ini membantu untuk meringankan gejala diabetes.

Obat Herbal Diabetes , Apa Saja ?

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*