Mengobati Diabetes Melitus

Mengobati Diabetes Melitus

Mengobati Diabetes Melitus

Mengobati Diabetes Melitus

Mengobati Diabetes Melitus – Penyakit Diabetes mellitus atau kencing manis terjadi karena kadar gula dalam darah meningkat akibat gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Glukosa sangat penting bagi kesehatan karena merupakan sumber energi utama bagi otot dan jaringan. Jika anda memiliki penyakit diabetes tipe apapun, itu berarti anda memiliki terlalu banyak glukosa. Terlalu banyak glukosa dalam darah akan menyebabkan masalah yang serius. Penyakit diabetes kronis terdiri dari penyakit diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Gula darah akan meningkat setelah makan dan kembali normal dalam waktu 2 jam. Kadar gula darah yang normal pada pagi hari setelah berpuasa malam sebelumnya adalah 70-110 mg/dL. Kadar gula darah biasanya kurang dari 120-140 mg/dL pada 2 jam setelah makan atau minum cairan yang mengandung gula maupun karbohidrat lainnya.Kadar gula darah yang normal cenderung meningkat secara ringan tetapi progresif setelah usia 50 tahun, terutama pada orang-orang yang tidak aktif.

Ciri Diabetes Melitus pada tahap awal biasa disebut dengan 3 P, yakni :

1.Poliuria (banyak kencing)

Hal ini terjadi ketika kadar gula melebihi ambang ginjal yang mengakibatkan glukosa dalam urin menarik air sehingga urin menjadi banyak. Maka acapkali para penderita diabetes mengalami buang air kecil dengan intensitas durasi melebihi volume normal (poliuria).

  1. Polidipsi (banyak minum)

Karena sering buang air kecil, acapkali para pasien diabetes (diabetesein) akan banyak minum, (polidipsi). Karena demikianlah kita sering mendapati para diabetesein mengalami keluhan lemas, banyak makan (polifagi).

  1. Polifagi (banyak makan)

Seorang diabetesein yang baru makan akan mengalami ketidakcukupan hormon insulin untuk memasukkan glukosa ke dalam sel, hal ini akan menyebabkan tubuh akan selalu ‘merasa’ kelaparan, sehingga tubuh sering terasa lemah. Kompensasinya seseorang diabetesein akan makan lebih banyak lagi.

MENGOBATI DIABETES MELITUS DENGAN HERBAL

Bagaimana cara mengobati diabetes ? Saat ini mengobati diabetes melitus dengan menggunakan tanaman herbal banyak dipilih oleh para penderita penyakit ini. Mengobati diabetes melitus dengan tanaman herbal dinilai lebih minim biaya dan lebih mudah untuk didapatkan. Berikut ini adalah tanaman herbal untuk mengobati diabetes melitus, yaitu :

  1. Gandum dan oatmeal

Setengah cangkir oatmeal, menambah serat larut sebanyak 3 gram, dan 1 cangkir oatmeal masak mengandung 2gr serat larut, 1 saset oatmeal instan menambah 1gr serat.

  1. Gandum Hitam

Gandum jenis ini biasanya ada di wilayah Amerika, dan biasanya di masak sebagai sup.

  1. Beberapa jenis buah

Apel, mangga, prem, kiwi, pir, beri hitam, strawberry, rasberri, persik, aprikot, jeruk, anggur. Merupakan buah-buahan yang kaya akan serat, dan sangat membantu penderita diabetes.

  1. Beberapa jenis sayuran

Articok, umbi seledri, ubi, par-snip, lobak china, labu acorn, kentang, kubis brussel, kubis, kacang polong, brokoli, wortel, kacang hijau prancis, kembang kol, asparagus, but.

  1. Produk biji Psilium

Satu sendok teh penuh sebagian besar produk psilium akan memberikan sekitar 3 gram serat larut.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya kerap dianggap sebagai ‘ramuan penyembuh. Getah kering lidah buaya dan gel (bagian dalam daun) digunakan secara tradisional untuk mengobati diabetes karena diyakini dapat membantu menurunkan kadar glukosa.

  1. Kayu manis

Tumbuhan ini membuat sel-sel lemak lebih mudah diakses insulin dan meningkatkan konversi glukosa menjadi energi. Selain itu juga menghambat pembentukan radikal bebas yang berbahaya.

  1. Bawang

Bawang secara siginifikan dapat menurunkan gula darah. Ekstrak bawang mengurangi kadar gula darah selama toleransi glukosa oral dan intravena. Bawang mempengaruhi metabolisme hepatik glukosa dan meningkatkan pelepasan insulin, sehingga mencegah perusakan insulin.

Mengobati Diabetes Melitus

Mengobati Diabetes Melitus

  1. Kemangi

Penelitian telah menunjukkan bahwa kemangi memiliki efek positif pada glukosa setelah makan dan saat puasa. Ramuan ini dapat memfasilitasi proses sekresi insulin.

  1. Daun mangga

Daun Mangga diketahui sebagai obat yang efektif pada diabetes . Caranya, cukup dengan merendam daun mangga semalaman dalam secangkir air. Setelah itu, tiriskan daun keluar dan minum airnya. Hal ini membantu untuk meringankan gejala diabetes.

Sekian beberapa tanaman herbal yang dapat digunakan untuk mengobati diabetes melitus. Semoga artikel mengobati diabetes melitus ini dapat bermanfaat untuk anda.

Mengobati Diabetes Melitus

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*