Mencegah Diabetes Sejak Dini

Mencegah Diabetes Sejak Dini

Mencegah Diabetes -Diabetes mellitus adalah penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian. Hal ini sebenarnya bukan karena parahnya penyakit diabetes yang diderita, namun lebih sering akibat dari komplikasi penyakit diabetes itu sendiri. Karena itulah, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara mencegah penyakit diabetes sejak dini. Tujuannya untuk menghindari dan mengurangi risiko terjadinya penyakit diabetes.

Mencegah Diabetes Sejak Dini

Ciri-ciri yang biasa muncul pada penderita diabetes melitus diantaranya adalah :

  • Sering merasakan ingin buang air kecil terutama pada malam hari.
  • Mudah merasakan haus dan banyak minum.
  • Mudah merasakan lapar.
  • Penglihatan sedikit kabur.
  • Mudah lelah dan sering mengantuk.
  • Sering merasakan pusing dan mual.
  • Jika penderita mengalami luka, penyembuhan lukanya buruk.
  • Sering merasakan kesemutan pada tangan dan kaki.
  • Koordinasi gerak anggota tubuh terganggu.
  • Mengalami disfungsi ereksi pada pasien pria.
  • Mengalami penurunan berat badan.

Bagaimana cara mencegah diabetes sejak dini ?

Sebelum terlambat, berikut adalah beberapa cara mencegah diabetes:

1. Ketahui riwayat kesehatan keluarga.

Kemungkinan seseorang terkena diabetes di kemudian hari akan meningkat jika di dalam keluarga terdapat satu atau lebih anggota yang menderita diabetes.

2. Tetap aktif secara fisik.

Olahraga teratur bisa membantu mencegah diabetes dengan mengontrol berat badan dan meningkatkan aliran darah. Olahraga sangat penting terutama jika secara genetik seseorang termasuk kelompok dengan faktor risiko tinggi.

3. Makanlah diet yang seimbang

Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya penurunan kemampuan tubuh dalam memproduksi ataupun menggunakan insulin untuk mengubah gula menjadi energi, sehingga penting untuk membatasi jumlah gula dan karbohidrat yang dikonsumsi.

4. Lakukan pemeriksaan kesehatan.

Mencegah diabetes dengan melakukan pemeriksaan kesehatan. Setiap orang yang berusia diatas 45 tahun harus memiliki jadwal rutin pemeriksaan kadar gula darah setiap 3 tahun sekali. Namun, jika seseorang termasuk kelompok dengan faktor risiko tinggi, pemeriksaan rutin harus dimulai pada usia lebih dini.

5. Pertahankan berat badan yang sehat.

Mencegah diabetes sejak dini dengan menjaga berat badan yang sehat. Sebagian besar orang yang didiagnosis diabetes (biasanya tipe 2) memiliki berat badan lebih. Kelebihan berat dan lemak tubuh akan meningkatkan risiko terkena diabetes.

6. Sarapan sangat penting

Tidak peduli seberapa bencinya Anda pada sarapan, sangat penting untuk sarapan setiap hari. Hal itu membantu mencegah diabetes dan mengurangi resiko terkena penyakit diabetes. Makan sarapan yang sehat tidak hanya membantu mengontrol nafsu makan, tetapi juga membantu mengontrol konsumsi kalori.

7. Minum air kelapa segar

Minuman ini sering direkomendasikan oleh para ahli untuk pasien diabetes bila dikonsumsi dalam jumlah tidak terlalu banyak. Air kelapa alami yang kaya elektrolit akan meningkatkan energi dan sodium secara alami.

8. Hindari makanan berlemak

Junk food dan makanan yang biasa Anda beli di jalan umumnya tinggi lemak jenuh, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di tubuh. Ini pada gilirannya juga dapat mempengaruhi tingkat gula darah dalam tubuh. Jadi, hindari junk food dan makanan berlemak lainnya untuk mencegah diabetes.

9. Hindari minuman manis

Soda, minuman ringan atau berperasa dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Semua minuman berpemanis merupakan sumber gula yang tak terlihat, yang dapat meningkatkan kadar gula darah Anda.

10. Makan banyak sayuran

Daging memang lezat, namun Anda tidak harus memakannya setiap hari, karena dapat menimbulkan risiko diabetes. Dengan demikian, perbanyak konsumsi sayuran setiap hari. Mereka akan membantu Anda mencegah diabetes.

11. Hindari stress

Stres yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Jadi, kurangi tingkat stres dengan berlatih yoga, meditasi atau latihan pernapasan untuk mencegah diabetes anda.

12. Tidur nyenyak

Mendapatkan setidaknya enam jam tidur di malam hari sangat penting untuk mencegah diabetes. Kurang tidur dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh, yang dapat meningkatkan tingkat insulin dan menyebabkan ketidakseimbangan gula darah. Selain itu, tidur yang tidak nyenyak juga bisa membuat nafsu makan menggil.

 

Mencegah Diabetes Sejak Dini

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*