Mencegah Diabetes Sejak Dini

Mencegah Diabetes Sejak Dini

Mencegah Diabetes -Diabetes melitus yang juga dikenal sebagai penyakit kencing manis atau penyakit gula darah termasuk golongan penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan tekanan gula darah sebagai akibat adanya gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh. Dimana organ prankreas tidak mampu memproduksi Insulin sesuai kebutuhan tubuh. Selain itu, penyakit ini juga diakibatkan terganggunya proses metabolisme gula darah di dalam tubuh, sehingga kadar gula dalam darah menjadi tinggi.

Mencegah Diabetes Sejak Dini

Gejala maupun tanda dari penyakit diabetes melitus yang sering dirasakan diantaranya :

  1. Selalu ingin buang air kecil terutama pada waktu malam hari
  2. Sering kehausan sehingga banyak minum
  3. Mudah lapar dan menyebabkan banyak makan
  4. Mudah lelah sehingga menyebabkan sering mengantuk
  5. Indra penglihatan mengalami gangguan
  6. Sering terasa pusing dan mual
  7. Fungsi gerak anggota tubuh terganggu
  8. Berat badan menjadi menurun
  9. Sering mengalami kesemutan dan gatal gatal pada bagian tangan hingga kaki

Diabetes adalah penyakit serius yang kasusnya meroket dalam beberapa tahun terakhir. Jutaan orang di dunia didiagnosis terjangkit diabetes karena gaya hidup tidak sehat dan kurang berolahraga. Sebelum terlambat, berikut adalah beberapa cara mencegah diabetes:

Pertahankan berat badan yang sehat.

Mencegah diabetes sejak dini dengan menjaga berat badan yang sehat. Sebagian besar orang yang didiagnosis diabetes (biasanya tipe 2) memiliki berat badan lebih. Kelebihan berat dan lemak tubuh akan meningkatkan risiko terkena diabetes.

Ketahui riwayat kesehatan keluarga.

Kemungkinan seseorang terkena diabetes di kemudian hari akan meningkat jika di dalam keluarga terdapat satu atau lebih anggota yang menderita diabetes.

Tetap aktif secara fisik.

Olahraga teratur bisa membantu mencegah diabetes dengan mengontrol berat badan dan meningkatkan aliran darah. Olahraga sangat penting terutama jika secara genetik seseorang termasuk kelompok dengan faktor risiko tinggi.

Makanlah diet yang seimbang

Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya penurunan kemampuan tubuh dalam memproduksi ataupun menggunakan insulin untuk mengubah gula menjadi energi, sehingga penting untuk membatasi jumlah gula dan karbohidrat yang dikonsumsi.

Lakukan pemeriksaan kesehatan.

Mencegah diabetes dengan melakukan pemeriksaan kesehatan. Setiap orang yang berusia diatas 45 tahun harus memiliki jadwal rutin pemeriksaan kadar gula darah setiap 3 tahun sekali. Namun, jika seseorang termasuk kelompok dengan faktor risiko tinggi, pemeriksaan rutin harus dimulai pada usia lebih dini.

Sarapan sangat penting

Tidak peduli seberapa bencinya Anda pada sarapan, sangat penting untuk sarapan setiap hari. Hal itu membantu mencegah diabetes dan mengurangi resiko terkena penyakit diabetes. Makan sarapan yang sehat tidak hanya membantu mengontrol nafsu makan, tetapi juga membantu mengontrol konsumsi kalori.

Hindari makanan berlemak

Junk food dan makanan yang biasa Anda beli di jalan umumnya tinggi lemak jenuh, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di tubuh. Ini pada gilirannya juga dapat mempengaruhi tingkat gula darah dalam tubuh. Jadi, hindari junk food dan makanan berlemak lainnya untuk mencegah diabetes.

Hindari minuman manis

Soda, minuman ringan atau berperasa dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Semua minuman berpemanis merupakan sumber gula yang tak terlihat, yang dapat meningkatkan kadar gula darah Anda.

Makan banyak sayuran

Daging memang lezat, namun Anda tidak harus memakannya setiap hari, karena dapat menimbulkan risiko diabetes. Dengan demikian, perbanyak konsumsi sayuran setiap hari. Mereka akan membantu Anda mencegah diabetes.

Hindari stress

Stres yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Jadi, kurangi tingkat stres dengan berlatih yoga, meditasi atau latihan pernapasan untuk mencegah diabetes anda.

Itulah beberapa cara mencegah diabetes sejak dini. Mencegah diabetes sejak dini jauh lebih baik dibandingkan harus mengobati penyakit ini.

Mencegah Diabetes Sejak Dini

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*