Manfaat Air Tebu Bagi Penderita Diabetes

Manfaat Air Tebu Bagi Penderita Diabetes

Manfaat Air Tebu Bagi Penderita Diabetes

Ternyata slogan “tinggalkan yang manis untuk hidup yang lebih manis” tak selamanya benar. Sebab tidak semua makanan dan minuman yang manis itu harus dipantang oleh penderita diabetes. Sebagai contoh, yang manis-manis tapi baik untuk penderita diabetes adalah air tebu. Manfaat air tebu bagi penderita diabetes ini sama sekali tidak membahayakan untuk penderita yang merupakan hasil dari perasaan batang tebu. Justru air tebu ini disinyalir mampu menurunkan kadar gula dalam darah penderita diabetes. Karena air tebu ini memiliki indeks glikemik yang relatif lebih rendah. Sehingga aman dikonsumsi serta membantu mengontrol kadar gula darah normal.

 

Tebu sendiri merupakan tanaman budidaya yang tumbuh di iklim tropis, tebu merupakan bahan dasar gula dan vetsin. Dalam air tebu ini tidak mengandung kolesterol jenuh yang membahayakan. Zat yang terkandung dalam air tebu ini berupa fosfor, kalium, zat besi, kalsium serta magnesium.

 

Walaupun ada beberapa pihak yang meyakini bahwa minum air tebu dapat mengobati penyakit diabetes ini adalah mitos belaka. Karena bagaimanapun juga air tebu ini adalah bahan dasar untuk pembuatan gula pasir yang tentu memiliki kadar gula tinggi yang membahayakan penderita diabetes. Namun disisi lain sudah banyak yang membuktikan jika air tebu ini aman untuk penderita diabetes.

 

Penelitian Manfaat Air Tebu Bagi Penderita Diabetes

Manfaat air tebu bagi penderita diabetes ini telah melewati penelitian, jadi bukan hanya asumsi atau mitos belaka. Meskipun begitu mengenai manfaat air tebu bagi penderita diabetes ini masih menjadi prokontra, karena ada beberapa yang berpendapat kalau air tebu memiliki kandungan sama dengan gula pasir, karena air tebu merupakan bahan dari gula pasir itu sendiri.

Hasil penelitian Dr. C. J. Sogiharjo ApT. dari Fakultas Kedokteran UGM menyimpulkan, “air tebu melawan efek penyakit diabetes dan jika meminumnya juga dapat mengatasi diabetes”. Selain bisa menurunkan kadar gula dalam darah, manfaat air tebu bagi penderita diabetes juga berkhasiat untuk mengobati penyakit lainnya sekaligus memperkuat imunitas tubuh.

Manfaat Air Tebu Bagi Penderita Diabetes

Berikut di bawah ini ada beberapa manfaat air tebu bagi penderita diabetes yang mungkin Anda belum ketahui sebelumnya, antara lain:

 

  1. Mengontrol Gula Darah

Walaupun air tebu memiliki rasa yang manis berbeda dengan manfaat jamu sehat wanita, perlu anda ketahui bahwa air tebu memiliki indeks glikemik yang sangat rendah. Dengan rendahnya tingkat glikemik pada air tebu justru ini tidak akan mempengaruhi kenaikan pada kadar gula darah Anda dan sebaliknya air tebu akan mengontrol dengan baik kadar gula darah Anda. Jika kadar gula Anda naik, Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi air tebu untuk menurunkannya.

 

  1. Mencegah Infeksi

Bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit diabet pastinya akan sangat mudah terserang penyakit yang disebabkan infeksi. Hal ini karena ketika penderita diabetes mengalami luka ataupun penyakit maka akan memakan waktu yang cukup lama. Untuk mencegah ataupun mengatasi infeksi berbeda dengan manfaat jamu kunyit sirih, Anda bisa mengkonsumsi air tebu tanpa dicampur dengan gula sedikitpun. Ini akan membantu dalam proses pencegahan dan penyembuhannya.

 

  1. Meregenerasi Sel

Perlu Anda ketahui susahnya sembuh dari luka gores merupakan salah satu hal yang sangat sering dialami oleh penderita diabetes terutama yang basah. Ini tentunya sangatlah berbahaya mengingat luka yang tidak bisa cepat sembuh dapat memicu terjadinya infeksi dan beberapa penyakit lain. Untuk mempercepat proses penyembuhan luka yang Anda alami berbeda jika Anda melihat manfaat jamu rumput fatimah, Anda bisa mengkonsumsi air tebu setiap pagi tanpa ada campuran apapun. Ini akan membantu proses regenerasi sel Anda lebih cepat sehingga luka yang Anda alami akan cepat sembuh.

 

  1. Memperlambat Penyerapan Gula

Manfaat utama yang akan Anda dapatkan dari mengkonsumsi air tebu sebagai orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes yaitu proses penyerapan gula dalam tubuh anda akan melambat. Dengan begini kadar gula di dalam darah Anda akan tetap stabil dan selalu terjaga.

 

Itulah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi air tebu terutama sebagai orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes. Tentunya sangat penting bagi Anda untuk menjaga agar kadar gula darah dalam tubuh Anda tetap stabil. Semoga informasi yang dapat kami sampaikan bermanfaat bagi Anda.

 

 

 

Manfaat Air Tebu Bagi Penderita Diabetes

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*