Makanan Pemicu Diabetes

Makanan Pemicu Diabetes

Makanan Pemicu Diabetes

Makanan Pemicu Diabetes paling sering terdapat di sekeliling kita. Diabetes adalah penyakit yang sangat menakutkan bagi semua orang. Salah satu kesadaran umum yang harus didapatkan adalah merubah pola makan dan kebiasan hidup yang baik. Menghindari berbagai jenis Makanan Pemicu Diabetes bisa dilakukan sejak dini. Berikut ini adalah beberapa jenis Makanan Pemicu Diabetes :

 

  1. Permen

Makanan Pemicu Diabetes yang pertama yaitu permen. Gula kecil dalam permen memang tidak terasa, tapi jika dikonsumsi berlebihan maka bisa menyebabkan kadar gula dalam tubuh menjadi lebih tinggi. Biasanya efek permen memang tidak akan langsung terjadi tapi butuh waktu lebih lama. Pantangan diabetes ini jika dilanggar, maka bisa langsung terkena naiknya gula darah.

 

  1. Pancake

Makanan Pemicu Diabetes kedua yaitu pancake. Makanan Pemicu DiabetesHidangan pancake yang biasanya menjadi menu sarapan ternyata bisa menyebabkan kadar gula dalam darah naik dengan cepat. Pancake terbuat dari tepung yang menjadi salah satu sumber makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Selain itu, beberapa bahan tambahan lain seperti mentega, gula, atau coklat akan membuat makanan ini meledakkan kadar gula dalam tubuh.

 

  1. Roti Tawar Putih

Roti putih lebih banyak disukai oleh anak-anak dan orang dewasa karena penampakannya yang lebih putih dan bersih. Namun roti ini terbuat dari bahan pati alami tepung yang bisa menyebabkan kadar gula dalam darah naik yang menjadikan roti putih juga termasuk Makanan Pemicu Diabetes. Jadi secara otomatis tubuh akan membutuhkan insulin yang lebih banyak. Untuk menghindari hal ini maka gantikan roti putih, diganti dengan roti gandum.

 

  1. Kentang Goreng

Makanan Pemicu Diabetes berikutnya yaitu kentang goreng. Kentang goreng menjadi makanan yang bisa menyebabkan kadar gula dalam darah naik dengan cepat. Hal ini terjadi ketika ada banyak minyak dan karbohidrat padat pada kentang goreng. Karbohidrat ini membutuhkan kerja keras insulin untuk mendukung proses metabolisme.

 

  1. Nasi Putih

Nasi mengandung nilai indeks glikemik yang tinggi maka dari itu nasi juga termasuk Makanan Pemicu Diabetes. Nilai karbohidrat yang sangat tinggi akan membuat kadar gula darah dalam tubuh menjadi lebih mudah naik. Orang yang menderita jenis diabetes tipe 2 harus mengurangi jumlah nasi atau mengganti nasi dengan makanan lain. Beberapa alternatif nasi dari beras merah lebih banyak disarankan.

 

  1. Daging Merah

Semua jenis makanan yang mengandung lemak tinggi akan meningkatkan peluang untuk terkena diabetes. Jenis lemak jenuh akan membuat tubuh menyerap lemak lebih banyak dan sulit untuk diolah oleh organ pencernaan. Daging merah mengandung kalori dan kolesterol tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan maka tidak hanya menyebabkan diabetes tapi juga bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Daging menjadi salah satu Makanan Pemicu Diabetes.

 

  1. Sosis

Makanan Pemicu Diabetes selanjutnya yaitu sosis. Sosis terbuat dari daging merah yang banyak mengandung lemak jenuh. Tambahan lain seperti garam dan perasa makanan akan membuat kalori sosis menjadi lebih tinggi. Karena itulah anak-anak dan orang dewasa sebaiknya hanya makan sosis dalam waktu tertentu saja. Bukan makanan pokok pengganti hidangan makanan yang mengandung protein dan lemak.

 

  1. Pasta

Pasta sama seperti nasi putih yang mengandung karbohidratMakanan Pemicu Diabetes tinggi. Kondisi inilah yang akan menyebabkan resiko diabetes menjadi lebih tinggi. Serta makanan tambahan lain dalam hidangan pasta seperti daging merah, pasta saus, garam. Makanan ini juga akan membuat kadar gula darah menjadi sangat tinggi dan sulit untuk mencapai ukuran yang normal jika tubuh mengalami resistensi insulin. Maka dari itu pasta juga merupakan salah satu dari Makanan Pemicu Diabetes.

 

  1. Kacang Polong

Makanan Pemicu Diabetes lainnya yaitu kacang polong. Kacang polong termasuk jenis kacang yang sangat menyehatkan dan sering menjadi camilan. Namun mengkonsumsi kacang polong yang berlebihan bisa menyebabkan diabetes. Kacang polong termasuk kacang-kacangan yang tinggi protein dan karbohidrat. Kandungan karbohidrat yang sangat tinggi inilah yang akan menyebabkan tubuh bisa mengalami kenaikan kadar gula dalam darah. Karena itu lebih baik kacang polong dikonsumsi dengan cara yang lebih modern dan jumlah yang terbatas. Hindari mengkonsumsi kacang polong menjadi camilan.

 

  1. Mie

Makanan Pemicu Diabetes yang terakhir yaitu mie. Mengkonsumsi mie secara berlebihan bisa menyebabkan resiko diabetes yang sangat tinggi. Mie terbuat dari tepung yang mengandung kadar karbohidrat yang sangat tinggi. Selain itu mie biasanya lebih sulit dicerna dalam organ pencernaan. Hal ini membuat karbohidrat lebih terserap dalam tubuh dan tubuh membutuhkan insulin yang berlebihan. Pankreas mungkin tidak bisa memproduksi insulin sesuai untuk tubuh sehingga meningkatkan resiko penyakit diabetes tipe 2.

 

Demikian ulasan mengenai Makanan Pemicu Diabetes, bagi Anda yang mempunyai faktor risiko terkena diabetes sebaiknya menghindari Makanan Pemicu Diabetes diatas. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat..

 

Makanan Pemicu Diabetes

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*