Makanan Diabetes

Makanan Diabetes

Makanan Diabetes– Kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Bagi penderita diabetes, pola makan dan pola hidup sehat akan sangat mempengaruhi kondisi tubuh anda. Untuk itu jalanilah pola hidup sehat dengan cara menjaga pola makan dan olahraga secara teratur untuk terhindar dari risiko diabetes

Makanan Diabetes– Diabetes atau Gula darah merupakan suatu keluhan penyakit yang di sebabkan karena kadar gula dalam tubuh berlebih. Hal ini dapat memicunya penyakit lain seperti  ginjal,jantung, mata, syaraf serta melemahnya sistem imunitas atau kekebalan dalam tubuh. Salah satu penyebab penyakit diabetes adalah bisa karena faktor keturunan, faktor kegemukan (obesitas), stress, kolesterol dan darah tinggi. Kebiasaan merokok dan gaya hidup yang tidak teratur juga akan memperparah keadaan.

Makanan Diabetes- Pastikan mengonsumsi karbohidrat kaya serat. Apa sajakah makanan yang mengandung karbohidrat tapi kaya serat itu?

makanan diabetes

makanan diabetes

Beras merah, sorghum, oats, sereal, dan roti. Bisa dikatakan ini jenis makanan diabetes untuk pengganti makanan pokok yang biasa Anda makan.

Apa sulit meninggalkan nasi putih? Mau tidak mau kebiasaan mengonsumsi nasi putih harus Anda tinggalkan. Makanan Diabetes– Lagi pula, ada banyak manfaat yang kita peroleh jika tak mengonsumsi nasi putih.

Pertama, karbohidrat kaya serat memberikan tenaga lebih banyak dibanding nasi biasa, dan bagus untuk pencernaan. Anda tak akan merasa cepat lapar dan mengantuk. Beras merah pun dipercaya tak menyebabkan kegemukan karena kalori yang dihasilkan lebih sedikit dibandingkan nasi biasa.

Makanan Diabetes- Apa Saja yang Perlu Dihindari?

Selain itu, sebisa mungkin Anda hindari makanan dengan kandungan garam yang tinggi, karena sodium berdampak buruk pada kondisi Anda, bukan hanya berkaitan dengan kadar gula Anda tapi juga memicu naiknya tekanan darah Anda.

Menghindari makanan berkalori tinggi seperti telur, jeroan, coklat, dan segala jenis gorengan juga penting. Saat kadar gula sudah tinggi, jangan mempersulit tubuh Anda dengan kalori yang menumpuk. Sekarang siap menyusun makanan diabetes Anda sendiri? Kenapa tidak?

Makanan Diabetes- Tips Menjalani Hidup dan Pola Makan Yang Sehat

Makan Sayuran

Konsumsi sayur-sayuran sangat penting untuk mengontrol tubuh dengan serat yang dapat mengikat karbohidrat untuk diabetes. Makanan Diabetes- Sayuran menyediakan sumber besar serat, mineral dan vitamin. Makanan Diabetes- Adapun sayur-sayuran yang sangat dianjurkan adalah kubis, bayam, brokoli, buncis, wortel, tomat dan paprika.

Makan Buah-buahan

Berbagai buah-buahan juga memberikan serat, mineral dan vitamin yang diperlukan untuk tubuh. Makanan Diabetes- Serat dalam jumlah cukup akan menurunkan kecepatan absorpsi atau penyerapan karbohidrat serta menurunkan kadar lipid (zat lemak) dalam serum, sehingga dapat menekan kenaikan kadar gula darah dan kolestrol.

Kurangi Makanan Berlemak

Makanan Diabetes- Penderita diabetes juga dapat makan makanan yang mengandung banyak protein semisal daging. Jika makan daging, cobalah agar makan daging dengan sedikit lemak seperti misalnya dada ayam, ikan, daging tanpa lemak atau kalkun tanpa kulit.

Minum Air Putih

Makanan Diabetes- Air putih sangat dibutuhkan untuk tubuh karena dapat melarutkan racun-racun yang ada dalam tubuh. Hindari minuman manis dan bersoda, ini bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

Minum Susu Rendah Lemak

Makanan Diabetes- Susu merupakan salah satu sumber diperlukan banyak elemen-elemen penting yang dibutuhkan tubuh. Sumber bebas lemak susu seperti yoghurt dan susu rendah lemak sangat baik untuk tubuh.

Batasi Karbohidrat

Makanan Diabetes- Pastikan untuk menghindari atau membatasi asupan karbohidrat yang meliputi jagung sirup, madu, permen, gula, beras putih, roti putih atau item yang mengandung fruktosa, glukosa atau sukrosa.

Olahraga Yang Teratur

Olah raga yang teratur, tidak hanya akan memperbaiki peredaran darah, bahkan dapat meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh yang tertumpuk sehingga terhindar dari kegemukan, Olahraga yang cukup juga akan memperbaiki kerja insulin sehingga insulin dapat berfungsi dengan baik dan mendorong pembakaran glukosa yang ada dalam darah menjadi energi.  Jenis olahraga yang dianjurkan adalah olahraga yang bersifat aerobik seperti jalan cepat, bersepeda, jogging, dan renang. Dengan melakukan olahraga yang bersifat aerobik, pembakaran dapat terjadi secara menyeluruh dalam tubuh dan dapat menjaga aliran darah yang baik untuk seluruh tubuh. Dianjurkan berolahraga selama 30-45 menit perhari dengan frekuensi 4-5 kali per minggu. Kegiatan fisik dan olahraga bermanfaat bagi setiap orang karena dapat meningkatkan kebugaran, mencegah kelebihan berat badan, meningkatkan fungsi jantung, paru, dan otot, serta memperlambat proses penuaan.

 

 

Makanan Diabetes

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*