Makanan Bagi Penderita Diabetes

Makanan Bagi Penderita Diabetes

 

Makanan Bagi Penderita Diabetes – Penderita diabetes atau kencing manis dituntut untuk bisa mengatur pola makannya sebaik mungkin, baik dari segi jumlah, jadwal, maupun jenis makanannya. Kurangnya jumlah insulin maupun terjadinya resistensi insulin membuat penderitanya harus berhati-hati menjaga agar kadar gula atau glukosa dalam darah mereka tidak melonjak.

Pasalnya, kadar glukosa yang tinggi setelah makan dapat memicu timbulnya komplikasi makrovaskuler seperti penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah. Namun, risiko tersebut dapat diturunkan jika penderita diabetes tetap konsisten menjalani gaya hidup sehat.

Makanan bagi penderita diabetes mellitus sebaiknya tidak mengandung alkohol. Sebab alkohol akan membuat kerja organ hati menjadi berat. Hormon insulin diproduksi oleh hati dan pankreas, maka sebisa mungkin penderita mengkonsumsi makanan diabetesyang tidak membebani kerja kedua organ tubuh tersebut. Berikut ini adalah beberapa makanan diabetes yang baik untuk dikonsumsi :

Makanan Bagi Penderita Diabetes

Pare Makanan Bagi Penderita Diabetes

Pare adalah salah satu jenis makanan diabetes berasa pahit yang baik untuk dikonsumsi para penderita diabetes. Makanan ini bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Biji wijen Makanan Bagi Penderita Diabetes

Makanan diabetes ini tidak hanya bermanfaat untuk mengontrol kadar gula di dalam darah namun juga dapat membersihkan usus besar berkat kandungan kalsium dan magnesium yang tinggi di dalamnya.

Bayam Makanan Bagi Penderita Diabetes

Bayam merupakan makanan diabetes yang secara umum banyak ditemukan di dalam menu makanan sehat. Walaupun mempunyai rasa sedikit pahit, namun bayam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Terung muda Makanan Bagi Penderita Diabetes

Makanan diabetes ini biasanya banyak dikonsumsi sebagai lalapan atau makanan pendamping. Sayur ini juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah.

Biji-bijian Makanan Bagi Penderita Diabetes

Makanan bagi penderita diabetes ini dapat menurunkan risiko diabetes dan membantu meningkatkan gula darah puasa. The Dietary Guideline AS menyarankan konsumsi 3–5 porsi biji-bijian per hari untuk orang dewasa. Biji gandum terutama kaya akan beta-glucan.

Bawang putih Makanan Bagi Penderita Diabetes

Makanan diabetes ini memiliki bahan-bahan aktif seperti alil propil disulfida (APDS) dan diallyldisul-phide oksida (allicin). Apabila dikombinasikan dengan flavonoid maka akan memainkan peran penting dalam menurunkan kadar glukosa. Allicin dapat digabungan dengan vitamin B1 (tiamin) untuk merangsang pankreas melepaskan insulin.

Kayu manis Makanan Bagi Penderita Diabetes

Penelitian yang diterbitkan dalam Diabetes Care tahun 2003 menemukan bahwa mengonsumsi 1 gram kayu manis selama 40 hari membantu meningkatkan glukosa darah puasa. Kayu manis bisa membantu Anda menggunakan lebih sedikit gula dalam masakan (termasuk dalam minuman kopi Anda). Karena ini menambah rasa alami, juga terkandung di dalamnya antioksidan.

Buah Apel Makanan Bagi Penderita Diabetes

Kandungan pektin tinggi dalam buah ini dipercaya membantu menurunkan kebutuhan insulin tubuh. Sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi setidaknya satu apel sehari 28 persen lebih kecil menderita diabetes tipe 2 ketimbang mereka yang tidak makan apel.

Cabai Makanan Bagi Penderita Diabetes

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Nutrition, para peneliti Australia menemukan bahwa memasukan cabai dalam bagian rutin diet setiap hari akan membantu menurunkan gula darah setelah menyantap makan. Selain itu, cabai juga mengandung antioksidan, vitamin C dan karotenoid yang dapat membantu meningkatkan regulasi insulin.

Kedelai Makanan Bagi Penderita Diabetes

Kedelai memiliki sedikit kandungan pati tetapi jumlah serat dan protein yang tinggi dapat memberikan sebuah efek yang berharga dalam menurunkan ekskresi urin pada orang yang menderita diabetes.

Walaupun demikian, dua orang dengan diabetes dapat memiliki respon berbeda terhadap makanan yang sama. Anda mungkin ingin memeriksa gula darah Anda secara teratur sebelum dan setelah makan dan mencari pola makan yang tepat antara apa yang Anda makan dan minum dan kadar gula darah yang dihasilkan. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengelola gula darah Anda.

Makanan Bagi Penderita Diabetes

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*