Langkah Mencegah Diabetes

Langkah Mencegah Diabetes

Langkah Mencegah Diabetes

Langkah Mencegah Diabetes – Diabetes adalah penyakit kronis (menahun) yang terjadi ketika pankreas (kelenjar ludah perut) tidak memproduksi cukup insulin, atau ketika tubuh tidak secara efektif menggunakan insulin. Diabetes biasa ditandai dengan kadar gula darah di atas normal.

Banyak hal yang bisa menjadi pemicu terjadinya diabetes salah satunya adalah makanan. Terutama makanan yang memiliki kandungan glukosa dan karbohidrat yang tinggi. Di bawah ini ada beberapa buah-buahan yang menjadi pemicu diabetes karena mengandung diabetes yang sangat tinggi. Sebab itu penderita diabetes tidak diperbolehkan mengonsumsi buah-buahan di bawah ini, diantaranya adalah :

 

  1. Kismis

Kismis memang manis dan bisa menjadi bahan tambahan ketika membuat kue. Namun ternyata kismis bisa menyebabkan kadar gula darah naik dengan cepat.Langkah Mencegah Diabetes Hal ini terjadi ketika kismis mengandung gula alami yang berasal dari buah-buahan. Namun kandungan gula ini mengalami perubahan komposisi ketika terjadi proses pengeringan buah-buahan. Hal inilah yang menyebabkan kismis bisa menjadi makanan yang berbahaya untuk penderita diabetes. Jadi lebih baik Anda menggantinya dengan buah segar yang mengandung gula alami tanpa proses.

 

  1. Pisang

Buah yang mengandung karbohidrat tinggi seperti pisang bisa meningkatkan resiko penyakit diabetes. Pisang memang termasuk buah yang banyak mengandung karbohidrat dan termasuk jenis karbohidrat halus. Makan satu buah pisang dalam sehari tidak akan meningkatkan resiko namun, jika lebih dari itu maka bisa menyebabkan peradangan. Kadar gula darah akan lebih cepat meningkat dan tubuh membutuhkan insulin lebih banyak.     – Langkah Mencegah Diabetes

 

  1. Mangga

Buah mangga juga bisa menyebabkan diabetes jika dikonsumsi berlebihan. Jika Anda mengkonsumsi dalam jumlah yang terbatas maka bisa memberikan manfaat kesehatan seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memenuhi kebutuhan nutrisi vitamin C dan membuat tubuh menerima mineral yang lengkap. Namun orang yang selalu makan lebih dari lima buah mangga setiap hari bisa terkena diabetes karena kandungan karbohidrat yang sangat tinggi. Karena itu Anda tidak perlu menghindari mangga namun hanya makan dalam jumlah yang kecil saja.     – Langkah Mencegah Diabetes

 

  1. Apel

Apel memang buah yang penuh dengan manfaat. Kandungan makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti apel, dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan perlawanan terhadap berbagai jenis kanker. Namun jika makan apel dalam jumlah yang banyak setiap hari maka bisa menyebabkan diabetes. Apel mengandung karbohidrat komplek yang lebih tinggi sehingga bisa membuat tubuh mengalami reaksi resistensi insulin.     – Langkah Mencegah Diabetes

 

  1. Nanas

Nanas memang buah yang manis, berair dan sangat menyegarkan. Namun makan buah nanas yang berlebihan akan menyebabkan Anda terkena diabetes. Termasuk jika nanas diolah menjadi jeli atau selai yang ditambah dengan gula. Nanas mengandung jumlah karbohidrat yang cukup tinggi meskipun ada kandungan gula alami yang menyehatkan. Kunci utama makan nanas yang baik adalah makan dalam jumlah yang terbatas dan tidak berlebihan.     – Langkah Mencegah Diabetes

 

Langkah Mencegah Diabetes

Kebiasaan mengkonsumsi berbagai jenis makanan tertentu memang bisa menyebabkan diabetes. Namun sebenarnya mencegah diabetes adalah pilihan gaya hidup yang sempurna. Berikut ini adalah beberapa Langkah Mencegah Diabetes yang mudah dilakukan :

 

  • Mencoba untuk mengendalikan berat badan

Langkah Mencegah Diabetes yang pertama yaitu mengendalikan berat badan. Orang yang memiliki berat badan berlebihan akan menghadapi resiko terkena diabetes tipe 2. Kondisi ini lebih banyak disebabkan karena kebiasaan makan yang buruk.

  • Cobalah untuk lebih sering melakukan olahraga

Langkah Mencegah DiabetesLangkah Mencegah Diabetes yang kedua yaitu dengan olahraga rutin. Olahraga akan membantu tubuh bergerak lebih banyak. Otot dan sendi bisa bergerak dengan baik dan selain itu mendukung sistem metabolisme tubuh juga bergerak. Anda bisa membakar kalori dan lemak dalam tubuh sehingga membantu menurunkan berat badan.

  • Konsumsi biji-bijian

Langkah Mencegah Diabetes berikutnya yaitu dengan mengonsumsi biji-bijian. Cobalah untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang terdiri dari biji-bijian yang sudah diolah. Biji-bijian membantu tubuh dalam memecah karbohidrat sehingga, menurunkan resiko diabetes.

  • Konsumsi makanan kaya serat

Langkah Mencegah Diabetes selanjutnya yaitu dengan konsumsi makanan kaya serat. Mencoba untuk memasukkan berbagai jenis makanan kaya serat yang bisa membantu sistem pencernaan menjadi lebih baik. Serat akan membuat proses pemecahan karbohidrat dan lemak juga berjalan lebih lancar sehingga membantu mengurangi berat badan.

  • Hindari konsumsi makanan manis berlebih

Langkah Mencegah Diabetes yang berikutnya yaitu jangan terlalu sering mengkonsumsi minuman yang manis. Tubuh memang membutuhkan gula namun dalam jumlah yang terbatas dan sesuai dengan kebutuhan saja. Jika mengkonsumsi minuman manis menjadi kebiasaan maka bisa menyebabkan terjadi penumpukan gula dalam tubuh yang menyebabkan diabetes.

  • Hindari lemak trans

Langkah Mencegah Diabetes yang selanjutnya yaitu dengan menghindari lemak trans. Selalu mencoba untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung lemak sehat dan bukan lemak trans. Anda bisa mengganti konsumsi daging merah dengan ikan salmon liar, ikan sarden dan jenis ikan laut lain. Perhatikan untuk tetap mengukus, membuat sup atau memanggang daripada menggorengnya.

  • Langkah Mencegah Diabetes

Langkah Mencegah Diabetes yang terakhir yaitu dengan menghindari merokok dan mengonsumsi alkohol. Bahaya alkohol dan rokok dapat menyebabkan peradangan karena zat kimia rokok dan alkohol yang bisa masuk ke dalam pembuluh darah. Peradangan ini menghambat tubuh dalam produksi insulin sehingga tubuh mengalami kekurangan insulin. Selain itu, rokok dan alkohol akan menyebabkan kadar gula darah menjadi sangat tinggi.

 

Diabetes memang bisa mengancam siapa saja. Namun penyakit ini juga bisa dicegah dengan menghindari konsumsi berlebihan makanan yang bisa menyebabkan diabetes. Makan dalam jumlah yang terbatas justru akan membuat tubuh menjadi lebih sehat karena menerima nutrisi yang cukup. Karena itu Anda harus bijak untuk mengatur apa makanan yang harus masuk menu dan berapa jumlahnya.     – Langkah Mencegah Diabetes

 

Langkah Mencegah Diabetes

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*