Gejala Penyakit Diabetes Insipidus

Gejala Penyakit Diabetes Insipidus

Gejala Penyakit Diabetes Insipidus -Diabetes insipidus adalah gangguan langka dimana sistem yang digunakan tubuh untuk mengatur kadar airnya menjadi terganggu. Penyakit diabetes Insipidus merupakan suatu penyakit yang ditandai gejala penyakit diabetes insipidus yaitu dengan mual, pusing (simtoma), kondisi dimana tubuh tidak bisa mengendalikan diri untuk tidak buang air kecil (poliuria) dan rasa haus yang terjadi terus menerus tidak bisa berhenti meskipun Anda sudah menghabiskan beberapa liter air (polidipsia). Pada umunya ada dua jenis diabetes Insipidus dengan dua penyebab yang berbeda.

JENIS DIABETES INSIPIDUS

Ada dua jenis utama diabetes insipidus adalah sebagai berikut:

  1. Diabetes insipidus kranial

Diabetes insipidus kranial terjadi ketika ADH tidak cukup dalam tubuh untuk mengatur jumlah urin yang dihasilkan.Ini adalah jenis yang paling umum dari penyakit diabetes insipidus dan dapat disebabkan oleh kerusakan pada hipotalamus atau kelenjar pituitari, misalnya setelah infeksi, operasi atau cedera kepala. Sekitar 30% kasus diabetes insipidus kranial yang penyebab kondisi tidak diketahui.

  1. Diabetes insipidus nefrogenik

Penyakit diabetes insipidus nefrogenik terjadi ketika terdapat ADH yang cukup dalam tubuh namun ginjal gagal menanggapinya. Kondisi ini dapat disebabkan oleh faktor keturunan atau dapat disebabkan oleh kerusakan ginjal.Diabetes insipidus adalah suatu kondisi yang jarang terjadi, diperkirakan mempengaruhi 1 dari 25.000 orang. Seperti kondisi umum yang diperoleh dari luka atau infeksi, diabetes insipidus dapat mempengaruhi semua orang dari segala usia.

GEJALA PENYAKIT DIABETES INSIPIDUS

Perhatikan dengan baik gejala penyakit diabetes insipidus di bawah ini:

  1. Mual dan pusing.

Mual dan pusing mungkin tanda atau gejala penyakit diabetes insipidus. Tidak terikat pada satu jenis penyakit tertentu, mual dan pusing bisa menjadi tanda nyata jika tubuh Anda tengah berusaha untuk melawan penyakit. Bila gejala ini sering terjadi tanpa henti selama beberapa hari, Anda perlu melakukan sesi konsultasi dengan dokter.

  1. Sering buang air kecil.

Gejala penyakit diabetes insipidus -Sudah dijelaskan sebelumnya secara medis mengapa, pasien diabetes insipidus sering bolak balik toilet untuk buang air kecil, namun tidak selalu gejala ini berkaitan dengan penyakit diabetes insipidus, oleh karena itu disarankan untuk melakukan serangkaian tes urin agar lebih jelas apa penyakit yang tengah Anda derita.

  1. Minum berlebihan.
Gejala Penyakit Diabetes Insipidus

Gejala Penyakit Diabetes Insipidus

Bila dalam satu hari Anda bisa menghabiskan air putih sebanyak 2 liter maka itu masih bisa disebut dengan istilah normal, namun bagaimana bila konsumsi air putih Anda melebihi batas normal, perlu dicari tahu apa sebenarnya alasan dibalik kebiasaan tersebut karena mungkin saja merupakan gejala penyakit diabetes insipidus.

  1. Sulit tidur dan melaksanakan kegiatan sehari-hari

Gejala penyakit diabetes insipidus -Jika Anda merasa sering ingin buang air kecil dan selalu merasa haus, pola tidur dan aktivitas sehari-hari dapat terganggu. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan, cepat marah dan kesulitan berkonsentrasi, yang dapat mempengaruhi kehidupan Anda sehari-hari.

  1. Umumnya merasa tidak sehat

Gejala diabetes insipidus -Jika Anda memiliki penyakit diabetes insipidus, Anda mungkin merasa kurang sehat tanpa alasan yang jelas.

GEJALA PENYAKIT DIABETES INSIPIDUS PADA ANAK

Pada anak-anak yang masih sangat muda yang belum bisa berbicara, mungkin sulit bagi Anda untuk menyadari bahwa mereka merasa haus. Tanda dan gejala penyakit diabetes insipidus pada anak adalah meliputi:

  1. Menangis berlebihan
  2. Sifat lekas marah
  3. Pertumbuhan lebih lambat yang diharapkan
  4. Suhu tubuh tinggi (hipertermia)
  5. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

Gejala Penyakit Diabetes Insipidus

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*