Gejala Diabetes Pada Anak

Gejala Diabetes Pada Anak

Gejala Diabetes Pada Anak

Gejala Diabetes Pada Anak

Gejala Diabetes Pada Anak – Diabetes pada anak juga memungkinkan untuk terjadi, dan tentu saja berisiko bagi anak Anda. Sejatinya, penyebab diabetes pada anak belum dapat diketahui secara jelas karena ini merupakan kondisi aneh dimana seorang anak telah menderita diabetes meskipun usianya relatif muda. Tetapi, para ahli telah menemukan sebuah kesimpulan dimana sistem kekebalan tubuh anak menjadi begitu rentan dan biasanya akan mudah terserang bakteris berbahaya serta virus. Genetikan juga dikatakan dapat memainkan peranan dalam hal ini.

Diabetes tipe 1 merupakan kondisi dimana pankreas hanya memproduksi sedikit insulin, atau malah tidak memproduksinya sama sekali. Insulin adalah hormon yang diperlukan untuk mengubah gula (glukosa) menjadi energi. Sedangkan diabetes tipe 2 anak mempunyai bakat untuk menderita diabetes tipe ini bila pola hidupnya tidak sehat (makan dan aktivitas tidak seimbang) sehingga terjadi kegemukan., namun baru muncul bila ada pemicunya dari lingkungan.

Penyebab diabetes tipe 1 karena sel yang memproduksi insulin dirusak sendiri oleh sistem kekebalan tubuh. Kelainan gen ini dibawa oleh orang tua. Pada diabetes tipe 2 disebabkan gaya hidup pada masyarakat sekarang juga dijumpai pada anak-anak, sehingga kasus diabetes tipe 2 pada anak pun terus meningkat. Padahal, penyakit ini bisa tidak timbul bila anak menjalani gaya hidup sehat, yakni menjaga keseimbangan antara konsumsi makanan dengan aktivitas.

Sejatinya, gejala diabetes pada anak bisa timbul dan terjadi dalam waktu beberapa minggu seperti berikut ini:

  1. Haus gejala diabetes pada anak

Salah satu gejala diabetes pada anak yakni meningkatnya rasa haus. Karena kadar gula yang tinggi, anak-anak jadi lebih suka minum banyak air. Terutama, mereka akan tertarik dengan minuman yang dingin dan manis.

  1. Sering buang air kecil gejala diabetes pada anak

Bertambahnya konsumsi air minum otomatis membuat anak sering bolak-balik ke kamar mandi. Jika si kecil sering buang air kecil, maka Anda patut curiga bisa jadi ia terkena diabetes.

  1. Lapar dan penurunan berat badan yang tidak sehat gejala diabetes pada anak

Anak tiba-tiba bisa sangat merasa lapar sehingga frekuensi makan mereka bertambah. Tanpa gula yang ditransfer oleh insulin ke jaringan tubuh, anak jadi mudah kehabisan energi dan sering lapar. Tapi, meskipun sering makan, anak yang terkena diabetes cenderung mengalami penurunan berat badan dalam waktu yang singkat.

  1. Selalu lelah dan gangguan perilaku gejala diabetes pada anak

Diabetesi tidak mempunyai cukup insulin untuk mentransfer gula ke dalam sel. Karena jaringan pada tubuh kekurangan tubuh, maka pasien diabetes sering mengeluh kelelahan. Hal ini pun terjadi pada anak yang terkena diabetes. Gula darah tinggi juga bisa memicu anak menjadi labil atau mudah jengkel.

  1. Masalah penglihatan gejala diabetes pada anak

Karena gula darah yang tinggi, maka cairan di tubuh akan dilepas sebagai kompensasinya, termasuk juga cairan pada mata. Namun, seringkali gangguan penglihatan pada anak dikaitkan dengan kebiasaannya menonton TV atau bermain komputer.

  1. Infeksi jamur gejala diabetes pada anak

Gejala ini khususnya terjadi pada anak perempuan di mana mereka mengalami gatal akibat jamur di area genitalnya. Gejalanya seperti ruam merah pada bokong bayi akibat penggunaan popok.

  1. Ketoasidosis diabetik gejala diabetes pada anak

Jika tak ditangani dengan cepat, kondisi ini akan berakibat fatal. Ketoasidosis diabetik adalah kondisi ekstrem di mana tubuh tidak punya cukup energi untuk memecah lemak hingga saat kadar lemak terlalu tinggi, tubuh bisa menghasilkan produk asam yang berbahaya.

Sekian artikel mengenai gejala diabetes pada anak . Semoga dapat bermanfaat.

Gejala Diabetes Pada Anak

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*