Faktor Penyebab Diabetes Hipoglikemia

Faktor Penyebab Diabetes Hipoglikemia

Faktor Penyebab Diabetes Hipoglikemia

Faktor Penyebab Diabetes Hipoglikemia – Keluhan dan gejala diabates akut terjadi dengan cepat dan biasanya berat. Komplikasi akut umumnya timbul akibat glukosa darah yang terlalu rendah (hipoglikemia) atau juga terlalu tinggi (hiperglikemia). Penanganannya harus cepat karena merupakan kasus gawat darurat medis. Anda harus menghubungi dokter untuk mengatasinya.

Kadar glukosa darah yang terlalu rendah sampai di bawah 60mg/dl disebut hipoglikemia. Keadaan ini bisa menjadi gawat darurat dan memerlukan pertolongan segera. Faktor Penyebab Diabetes Hipoglikemia dapat terjadi pada penderita diabetes yang diobati dengan suntikan insulin ataupun minum tablet anti diabetes, tetapi tidak makan dan olahraga yang berlebihan melebihi biasanya.

 

  1. Waktu makan dan suntik insulin dan minum obat

Bila Anda mendapat suntikan insulin, Anda harus makan dengan kalori yang sesuai untuk menghimbangi efek insulin. Keterlambatan makan atau tidak makan sama sekali atau melakukan suntikan insulin terlalu pagi akan menjadi salah satu Faktor Penyebab Diabetes Hipoglikemia. Obat sulfonylurea juga bisa menjadi Faktor Penyebab Diabetes Hipoglikemia apabila Anda tidak makan. Obat tablet diabetes lain umumnya tidak menimbulkan hipoglikemia, tetapi bila dikombinasikan dengan sulfonylurea, efek hipoglikemia bisa timbul. Jadwal makan juga harus teratur yaitu sarapan pagi, makan siang dan makan malam diusahakan tepat waktu. Selingan snack diantara dua makan utama diperlukan untuk mencukupi kebutuhan kalori dan sesuai dengan efek insulin yang disuntikkan.

 

  1. Olahraga

Faktor Penyebab Diabetes HipoglikemiaOlahraga dapat membakar kalori atau glukosa dalam tubuh. Banyak orang melakukan olahraga keras untuk menurunkan glukosa darah dan menjadi Faktor Penyebab Diabetes Hipoglikemia. Kadar olahraga perlu disesuaikan dengan dosis obat dan diet agar glukosa darah tetap normal. Pemeriksaan glukosa darah perlu lebih sering dilakukan bila Anda berolahraga lebih banyak.

 

  1. Alkohol

Yang termasuk jenis ini adalah bir dan wine, bisa menjadi Faktor Penyebab Diabetes Hipoglikemia. Selain menghambat kemampuan hati untuk melepas glukosa, alkohol juga menghambat kerja hormon yang menaikkan glukosa darah serta meningkatkan efek insulin. Apabila Anda kurang makan tetapi minum alkohol sebelum tidur, hipoglikemia berat dapat terjadi keesokan harinya. Bila Anda memakai insulin atau obat sulfonilurea, jangan minum alkohol tanpa makan makanan lainnya pada saat yang sama. Makanan bisa menghambat efek alkohol dan mencegah hipoglikemia.

 

  1. Aspirin

Hati-hati, aspirin atau salsilat bisa menjadi Faktor Penyebab Diabetes Hipoglikemia. Pada penderita diabetes dewasa, aspirin meningkatkan efek obat diabetes sehingga glukosa darah bisa turun. Sedangkan penderita diabetes anak biasanya tidak diberi aspirin dan memang jarang diperlukan.

 

Apa Gejala Diabetes Hipoglikemia?

keluhan dan gejala Kadar glukosa darah yang terlalu rendah dapat bervariasi, tergantung pada sejauh mana glukosa darah turun. Keluhan Kadar glukosa darah yang terlalu rendah pada dasarnya dibagi dalam dua kategori besar, yaitu:

  1. Keluhan akibat otak tidak mendapat cukup kalori sehingga mengganggu fungsi berpikir, antara lain: sakit kepala, kurang konsentrasi, mata kabur, capek, bingung, kejang atau koma.  – Faktor Penyebab Diabetes Hipoglikemia
  2. Keluhan akbat efek samping hormon lain (adrenalin) yang berusaha menaikkan glukosa darah, yaitu: pucat, berkeringat, nadi berdenyut cepat, berdebar, cemas serta lapar.

Pada awalnya, ketika glukosa darah berada tingkat 40-50mg/dl, gejala yang dialami penderita diabetes :

  • Berkeringat dingin
  • Gemetar
  • Mata kabur
  • Merasa lemah
  • Merasa lapar
  • Pusing dan sakit kepala
  • Nervous dan tegang
  • Mual
  • Jantung berdebar
  • Kulit dingin

Bila glukosa darah di bawah 40mg/dl gejala yang dirasakan adalah :

  • Mengantuk
  • Sukar bicara
  • Seperti orang mabuk
  • Bingung   – Faktor Penyebab Diabetes Hipoglikemia

Keluhan dan gejala gawat yang terjadi bila glukosa darah rendah di bawah 20 mg/dl

  • Kejang
  • Tidak sadarkan diri
  • Meninggal  – Faktor Penyebab Diabetes Hipoglikemia

 

Mengobati Diabetes Hipoglikemia

Begitu Anda menyadari glukosa darah rendah sebaiknya Anda harus segera makan atau minum sesuatu yang manis, misalnya seperti permen, softdrink, jus buah, tablet glukosa, atau biskuit. – Faktor Penyebab Diabetes Hipoglikemia

Apabila dalam 15 menit keluhan tidak hilang, cobalah makan atau minum lagi. Bila keadaan masih tetap, segera hubungi dokter Anda. Suntikan glukosa dan infus glukosa segera dilakukan terutama bila sukar menelan dan mulai tidak sadarkan diri. Pertolongan yang terlambat sampai penderita mengalami koma yang lama, bisa berakibat fatal hingga bisa terjadi kerusakan permanen pada jaringan otak yang tidak mendapakan makanan glukosa.

Hormon glukagon yang merupakan lawan dari insulin juga dapat disuntikkan pada pantat, paha, atau perut. Obat akan bereaksi dalam waktu 5 menit namun sangat disayangkan obat ini sulit tersedia di Indonesia.  – Faktor Penyebab Diabetes Hipoglikemia

Penderita diabetes terutama pemakai insulin dianjurkan selalu membawa permen atau biskuit di dalam tasnya ke manapun pergi. Di klinik atau rumah sakit harus ada suntikan atau infus glukosa. Di negera maju dalam emergency kit, bahkan tersedia suntikan glukagon. – Faktor Penyebab Diabetes Hipoglikemia

 

 

Faktor Penyebab Diabetes Hipoglikemia

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*