Efek Diabetes pada Wanita

Efek Diabetes pada Wanita

Efek Diabetes pada Wanita

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang bisa dibawa dari riwayat keluarga maupun gaya hidup buruk. Sebetulnya menderita penyakit diabetes bukan berencana untuk sembuh, namun bagaimana untuk mengendalikan kadar gula agar tetap hidup normal dan sehat. Tentu saja hal pertama yang paling penting dilakukan adalah mencegah supaya tidak terkena penyakit diabetes.

 

Gejala Diabetes pada Wanita

Gejala diabetes yang umum dialami adalah rasa haus yang berlebihan, sering buang air kecil, dan luka yang tidak kunjung sembuh. Selain gejala umum tersebut, ternyata ada juga gejala diabetes pada wanita yang perlu Anda ketahui!

 

  1. Sariawan dan Infeksi Ragi

Penderita diabetes mengalami penurunan kekebalan tubuh sehingga dapat menyebabkan sariawan dan infeksi jamur ragi (yeast) pada organ kewanitaan. Sariawan terjadi karena cairan ludah penderita diabetes mengandung gula, yang menyebabkan berkembangnya jamur.

 

  1. Infeksi Saluran Kemih

Karena adanya penurunan daya tahan tubuh, infeksi saluran kemih (ISK) bisa saja terjadi. Diabetes menyebabkan tubuh kekurangan sel darah putih dan sel T yang berfungsi untuk melawan infeksi bakteri, virus, dan jamur. ISK/Urinary Tract Infection (UTI) terjadi saat bakteri  masuk ke dalam saluran urin. Infeksi tersebut dapat menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil. Jika tidak ditindak lanjutki, ISK dapat berakibat buruk pada kesehatan ginjal Anda.

 

  1. Disfungsi Kemampuan Seksual

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan neuropati diabetik, yaitu kerusakan pada sistem saraf. Kerusakan tersebut menyebabkan rasa gatal atau kehilangan rasa di beberapa bagian tubuh, misalnya tangan, kaki, dan kemaluan. Sebagai akibatnya, area kewanitaan menjadi kurang peka sehingga menurunkan keinginan orang bersangkutan untuk berhubungan seksual.

 

  1. Sindrom Ovarium Polikistik

Gejala diabetes lain yang hanya muncul pada wanita adalah sindrom ovarium polikistik. Sindrom ini terjadi ketika kelenjar adrenal memproduksi lebih banyak hormon laki-laki. Gejala dari sindrom ini adalah siklus menstruasi yang tidak teratur, depresi, berat badan bertambah, dan berjerawat. Sindrom ini juga dapat menyebabkan resistensi insulin, suatu kondisi ketika pankreas mampu memproduksi hormon insulin secara normal, tetapi sel-sel tubuh tidak bisa menyerap gula secara normal.

 

Efek Diabetes Pada Wanita

Asupan gula untuk tubuh sangatlah dibutuhkan karena bisa memberikan energy yang dibutuhkan. Namun apa jadinya jika asupan gula sangat berlebihan? Jika hal tersebut terjadi maka akan berpengaruh pada peningkatan kadar gula darah normal Anda. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, tidak terkecuali pada wanita. Efek diabetes pada wanita juga cukup besar, berikut beberapa diantaranya:

 

  1. Mengalami infeksi pada saluran kemih

Efek diabetes pada wanita yang memiliki masalah pada gula darahnya besar kemungkinan mengalami infeksi pada saluran kemihnya. Ini adalah komplikasi langsung dari para penderita diabetes karena bakteri biasanya akan lebih mudah tumbuh pada bagian kandung kemih.

 

  1. Penglihatan menjadi ganda atau kabur

Cairan yang ada di dalam tubuh juga ternyata sangat berpengaruh pada mata seseorang. Saat seorang wanita terlalu sering mendapatkan gejala diabetes maka itu akan sangat berpengaruh pada perubahan tingkat cairan yang ada di dalam tubuh. Kondisi ini nantinya akan membuat efek diabetes pada wanita yaitu adanya perbedaan tekanan pada lensa mata. Lensa mata tersebut akan menjadi semakin bengkak sehingga akan mengakibatkan lensa mata tidak dapat menangkap gambar yang amsuk dengan sangat jelas, sehingga ia akan mengalami penglihatan ganda.

 

  1. Infeksi pada payudara

Efek diabetes pada wanita juga besar kemungkinan akan sering merasakan ketidaknyamanan pada bagian payudaranya. Biasanya sering ditandai dengan gatal pada lipatan payudara. Bahkan gatal akan semakin parah terjadi para mereka yang memiliki berat badan yang sangat berlebihan. Terkadang rasa gatal yang sangat parah bisa memicu jamur yang sangat mudah tumbuh dan juga bisa mengakibatkan infeksi yang cukup berat.

 

  1. Infeksi pada bagian organ intim

Infeksi yang terjadi pada bagian organ intim hampir mirip dengan infeksi yang terjadi pada bagian payudara. Efek diabetes pada wanita ini akan mengakibatkan adanya jamur yang semakin berkembang dibagian intim kewanitaan. Cobalah mengatasinya dengan makanan untuk penderita diabetes dan maag.

 

  1. Rasa nyeri pada persendian

Wanita yang menderita diabetes juga kerap kali akan merasakan ketidaknyamanan pada bagian sendinya. Efek diabetes pada wanita ini biasanya akan terjadi pada mereka yang menderita diabetes pada tahap awal. Sementara untuk sendi yang paling terasa nyeri adalah pada bagian kaki. Ini disebabkan karena tingginya kadar gula darah di dalam tubuh sehingga memberikan efek samping langsung pada syaraf-syaraf tubuh.

 

  1. Mengalami mati rasa

Mati rasa juga mungkin saja akan dialami oleh sebagian wanita. Mati rasa ini akan di awali dengan gejala sering merasakan kesemutan. Mereka yang menderita gangguan kolesterol biasanya akan menganggap bahwa ini merupakan kondisi yang sama.

 

  1. Penurunan berat badan secara drastic

Sebenarnya, bagi mereka yang memiliki tubuh gemuk mendapatkan penurunan berat badan adalah hal bagus. Namun beda halnya dengan penderita diabetes, memang mereka yang mengalami obesitas harus menurunkan berat badan tapi hasilnya akan bertahap tidak sekaligus. Jika mengalami penurunan berat badan secara drastis maka hal tersebut masuk ke dalam kondisi yang sangat membahayakan. Cobalah konsumsi menu diet untuk penderita diabetes dan hindari sayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes

 

  1. Perubahan tubuh selama menopause

Lonjakan gula darah juga bisa mengakibat beberapa efek diabetes pada wanita yang sangat buruk pada wanita terutama bagi mereka yang memasuki masa menopause. Mereka akan mengalami kondisi kelelahan pada tubuh pada tubuh yang sangat parah.

 

Itulah efek diabetes pada wanita yang sangat membahayakan. Sangat dianjurkan bagi Anda yang memiliki diabetes untuk selalu menjaga asupan gula agar tidak mendapatkan lonjakan gula darah yang tiba-tiba karena itu akan sangat membahayakan untuk siapapun.

 

 

Efek Diabetes pada Wanita

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*