Diabetes Pada Wanita

Diabetes Pada Wanita

Diabetes Pada Wanita -Penyakit diabetes atau kencing manis atau diabetes mellitus merupakan kelainan sistem insulin karena berlebihnya kadar glukosa di dalam darah. Ada dua jenis diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Meskipun keduanya masih berhubungan dengan gula darah berlebih, ada perbedaan mendasar yang patut diketahui, mulai dari penyebab, gejala, dan cara pencegahan.

Diabetes tipe 2 lebih banyak diderita oleh orang dewasa dengan awalan usia 35 ke atas. Seiring berjalannya waktu penderita diabetes mellitus tipe 2 tidak melulu kepada orang tua, tetapi anak muda usia 25 bahkan 20 tahuan ke atas pun sudah banyak yang menderita diabetes. Penyebab umum dari diabetes tipe 2 adalah pola makan yang kurang tepat dan tidak teratur disertai jarangnya aktivitas olahraga.

Diabetes Pada Wanita

Gejala Diabetes Pada Wanita Apa Saja ?

Gejala Penyakit Diabetes pada wanita, sebenarnya menimbulkan gejala khusus. Namun memang gejala khusus tersebut sering tidak disadari. Di bawah ini ada beberapa gejala penyakit diabetes pada wanita yang harus diwaspadai dan segera dikonsultasikan ke dokter, diantaranya:

Sering buang air kecil

Gejala diabetes pada wanita -Buang air kecil memang baik sebab dapat mengeluarkan racun di dalam tubuh. Namun waspadalah ketika Anda menjadi sering buang air kecil. Hal ini terjadi sebab tidak ada keseimbangan kadar gula di dalam tubuh.

Infeksi vagina

Gejala diabetes pada wanita yaitu infeksi vagina. Infeksi vagina yang bisa terjadi pada wanita yaitu keluarnya cairan putih yang berbau tidak enak, vagina berwarna merah, cairan yang keluar berwarna abu-abu kehijauan, serta vagina terasa gatal, nyeri, atau panas. Jika hal itu terjadi pada Anda, maka merupakan indikasi adanya infeksi vagina.

Infeksi jamur

Gejala diabetes pada wanita yaitu infeksi jamur. Candida albicans adalah jenis jamur yang menyebabkan gangguan kulit bagi penderita diabetes. Wanita cenderung terinfeksi di vagina. Jamur ini menyebabkan gatal, kemerahan bisul, dan ketak. Infeksi jamur yang paling umum adalah kadas, kurap, dan kutu air.

Peningkatan kadar HDL kolesterol

HDL kolesterol atau high density lipoprotein cholesterol ini termasuk kolesterol baik yang membantu wanita melindungi dari penyakit jantung. Namun bagi wanita yang mengalami diabetes, kolesterol lipoprotein atau HDL kolesterolnya berkedapatan rendah, gejala diabetes pada wanita.

Mengalami gangguan hormonal

Gangguan hormonal atau polycystic ovarian syndrom biasanya terjadi pada masa produktif wanita. Biasanya akan diikuti dengan pertumbuhan kista dalam rahim wanita.

Kenaikan atau penurunan berat badan secara ekstrim

Gejala diabetes pada wanita yaitu kenaikan atau penurunan berat badan secara ekstrim. Jika Anda mengalami kenaikan atau penurunan berat badan secara ekstrim padahal Anda sedang tidak menjalani diet tertentu, sebaiknya berhati-hatilah. Sebab hal ini dapat menjadi awal dari penyakit diabetes. Beberapa wanita yang terdiagnosis penyakit ini mengalami penurunan berat badan yang ekstrim karena hilangnya nafsu makan. Sementara yang lain mengalami kenaikan berat badan karena mengalami rasa lapar yang amat sangat.

Rasa haus yang luar biasa

Rasa haus yang luar biasa juga dapat menjadi gejala diabetes pada wanita. Gejala ini berlangsung sebab kadar gula darah Anda tidak terkontrol dengan baik. Oleh karena itu waspadalah ketika Anda minum lebih dari 3 liter per hari dan Anda masih merasa haus.

Depresi

Gejala diabetes pada wanitayaitu depresi .Depresi atau stres juga bisa memicu munculnya penyakit diabetes. Tingkat depresi yang tinggi akan mempengaruhi kadar gula darah dan metabolisme insulin. Jika Anda sering mengalami depresi atau stres, maka risiko terkena diabetes juga akan semakin besar.

Mudah lelah

Gejala diabetes pada wanita, mudah lelah merupakan tanda diabetes yang paling sering terjadi. Bahkan rasa lelah ini diikuti dengan rasa lemas. Rasa lelah ini muncul sebab tubuh tidak mendapatkan suntikan energi yang berupa zat gula.

Proses penyembuhan luka yang lama

Gejala diabetes pada wanita yaitu penyembuhanluka yang lama .Pada beberapa orang yang tidak memiliki penyakit diabetes, proses penyembuhan luka dapat berlangsung dengan cepat. Namun apabila Anda merasa bahwa luka di tubuh Anda tidak kunjung sembuh, segera periksakan kesehatan tubuh Anda ke dokter. Sebab hal ini juga termasuk dari tanda penyakit diabetes.

Diabetes Pada Wanita

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*