Diabetes Mellitus Pencegahan

Diabetes Mellitus Pencegahan

 

Diabetes Mellitus Pencegahan

Diabetes Mellitus Pencegahan

Diabetes Mellitus Pencegahan – Diabetes mellitus atau kencing manis merupakan penyakit yang ditandai oleh meningkatnya kadar gula darah (hiperglisemia) secara terus menerus, terlebih setelah makan. Terdapat tiga jenis diabetes yakni diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan gestational diabetes, namun yang paling sering dijumpai adalah diabetes tipe 2. Diabetes mellitus menempati posisi ke-4 sebagai penyebab kematian manusia di dunia. Diabetes terjadi akibat gaya hidup tidak sehat seperti pola makan yang tidak sehat sehingga menyebabkan obesitas dan malas berolahraga.

Salah satu solusi bagi penderita penyakit diabetes yaitu melakukan diabetes melitus pencegahan sebagai berikut :

Kurangi minuman manis

Diabetes mellitus pencegahan dengan mengurangi minum manis. Minuman yang mengandung zat pemanis adalah sumber gula yang tak terlihat, yang bisa membuat gula darah dalam tubuh meningkat, sehingga dampak dan resiko terkena diabetes akan semakin besar jika Anda sering meminum minuman ini.

Kurangi atau hindari menkonsumsi kopi

Diabetes mellitus pencegahan dengan mengurangi koncumsi kopi. Minum kopi juga ada manfaatnya untuk tubuh kita, tapi jika diminum terlalu berlebihan apalagi menggunakan tambahan gula yang banyak dapat memicu meningkatkan gula darah di dalam tubuh. Bagi anda yang menderita diabetes, sangat dianjurkan untuk meninggalkan kebiasaan minum kopi.

Pertahankan berat badan yang sehat

Diabetes mellitus pencegahan dengan menjaga berat badan. Sebagian besar orang yang didiagnosis diabetes (biasanya tipe 2) memiliki berat badan lebih. Kelebihan berat dan lemak tubuh akan meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes basah.

Istirahat Yang cukup

Cukup tidur merupakan hal yang penting untuk kesehatan tubuh Anda. selain untuk menjaga kebugaran tubuh, tidur selama 6 jam pada malam hari bisa membantu diabetes mellitus pencegahan, sebab jika Anda kurang istirahat akan membuat hormon kortisol di dalam tubuh semakin meningkat, sehingga insulin semakin meningkat dan gula dara menjadi tidak seimbang.

Mengkonsumsi buah dan sayuran

Diabetes mellitus pencegahan dengan mengonsumsi buah dan sayur. Perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah, karena sayuran memiliki nutrisi yang lengkap untuk tubuh, serta sangat berkhasiat untuk menurunkan dan mencegah diabetes melitus atau gula darah.

Makanlah diet yang seimbang, rendah lemak dan gula

Diabetes mellitus pencegahan dengan diet seimbang. Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya penurunan kemampuan tubuh dalam memproduksi ataupun menggunakan insulin untuk mengubah gula menjadi energi, sehingga penting untuk membatasi jumlah gula dan karbohidrat yang dikonsumsi.

Rajin berolah raga

Diabetes mellitus pencegahan dengan berolahraga. Olah raga merupakan hal yang penting untuk kesehatan tubuh kita, dengan olah raga berat badan Anda akan tetap stabil selain itu olah raga juga mampu menurunkan kadar gula di dalam darah serta dapat membuat insulin lebih sensitivitas. Karena salah satu faktor penyebab munculnya diabetes juga karena kegemukan badan. jadi berolah raga minimal 20 menit sekali dalam sehari untuk menjaga gula darah tetap normal.

Jauhi stres berlebihan

Kadar gula darah juga bisa meningkat jika Anda sedang stres berlebihan. Hindarilah stres berlebihan dengan cara refreshing ke tempat wisata, atau melakukan latihan pernafasan untuk menghilangkan stres untuk diabetes mellitus pencegahan.

Lakukan pemeriksaan kesehatan

Diabetes mellitus pencegahan dengan memeriksakan gula darah. Setiap orang yang berusia diatas 45 tahun harus memiliki jadwal rutin pemeriksaan kadar gula darah setiap 3 tahun sekali. Namun, jika seseorang termasuk kelompok dengan faktor risiko tinggi, pemeriksaan rutin harus dimulai pada usia lebih dini.

Diabetes Mellitus Pencegahan

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*