Diabetes Mellitus Dan Pencegahannya

Diabetes Mellitus Dan Pencegahannya

Diabetes Mellitus Dan PencegahannyaDiabetes Mellitus -Seringkali orang yang menderita diabetes mellitus sama sekali tidak menyadari jika terkena penyakit ini. Hampir semua gejala yang sering dirasakan terlalu diremehkan sehingga diabetes mellitus tidak bisa dicegah. Pada dasarnya diabetes mellitus bisa dicegah sejak awal jika memang disadari oleh penderita. Untuk mencegah agar tidak diabetes sebaiknya orang yang termasuk dalam resiko tinggi juga harus waspada. Berikut ini adalah beberapa resiko tinggi terkena diabetes mellitus.

  • Orang yang memiliki berat badan berlebih atau masuk dalam katergori obesitas.
  • Orang yang memiliki keturunan atau riwayat diabetes dalam keluarga.
  • Orang yang menderita beberapa penyakit seperti darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung.
  • Orang dewasa yang sudah berusia lebih dari 45 tahun dan memiliki riwayat tinggi kolesterol dan hipertensi.
  • Orang yang sudah pernah menjalani tes gula darah dan termasuk dalam kategori pra diabetes atau dengan gejala diabetes mellitus.
  • Orang yang menderita penyakit resistensi insulin atau ketidakmampuan tubuh dalam menghasilkan insulin.

Diabetes mellitus biasanya terjadi setelah melalui beberapa tahapan termasuk ketika penderita masuk dalam tahap pre diabetes. Pemeriksaan kadar gula darah secara teratur bisa menjadi usaha pencegahan yang sangat baik. Kadar gula darah yang normal adalah sekitar 70 – 100 mg/dl (dengan pemeriksaan setelah puasa selama 8 jam) dan < 140 mg/dl (pemeriksaan dua jam setelah makan). Dibawah ini adalah beberapa tips penting untuk mencegah diabetes (bagi orang yang memiliki kadar gula darah normal dan pra diabetes).

Di bawah ini ada beberapa upaya yang bisa atau bahkan harus Anda lakukan untuk mencegah penyakit Diabetes mellitus :

Terapkan pola hidup sehat

Mencegah penyakit diabetes dengan terapkan pola hidup sehat. Buatlah hidup Anda teratur dan terjadwal didalam menjalankan aktivitas kehidupan. Ketidak teraturan dalam pola hidup akan sengat mempengaruhi kerja berbagai organ dan kelenjar.

Terapkan pola makan yang baik dan sehat

Mencegah penyakit Diabetes mellitus selanjutnya adalah dengan menjaga diri Anda dari masuknya asupan makanan yang tidak sehat dan beresiko terhadap kesehatan dalam jangka panjang seperti makanan dengan tinggi lemak, makan yang mengandung pengawet, perasa, dan pewarna buatan

Jaga kondisi mental spiritual Anda

Cara Mencegah penyakit diabetes mellitus selanjutnya adalah dengan menJauh dari kondisi stres yang berkepanjangan, jauhi dari sikap suka marah, dan selalu menjalin hubungan dengan Tuhan dengan berbagai Ibadah dalam agama. Kondisi mental spiritual sangat berpengaruh terhadap kesehatan.

Lakukan aktivitas fisik secara rutin

Latihan fisik dapat membantu tubuh meningkatkan sensitivitas hormon insulin yang membantu kadar gula darah tetap normal. Jadi, berolahraga dengan latihan aerobik dan latihan ketahanan 3-4 kali seminggu secara teratur akan membantu kita mencegah penyakit diabetes. Hal ini bisa dilakukan dengan olahraga, pekerjaan yang penuh dengan aktifitas fisik seperti berbelanja ke pasar dengan jalan kaki dan lain sebagainya

Jaga berat badan pada batas ideal

Mencegah penyakit diabetes dengan menjaga berat badan. Obesitas memiliki faktor resiko yang sangat tinggi untuk seseorang terserang berbagai penyakit berat seperti jantung koroner, kanker, dibetes melitus, dan penyakit berat lainnya.

Sebanyak 80% diabetes mellitus mengalami kelebihan berat badan. Dalam sebuah penelitian menunjukkan orang dewasa yang kegemukan, mengurangi risiko diabetes mereka sebesar 16 persen untuk setiap kilogram berat badan yang hilang. Jadi, upayakan berat badanmu dalam kisaran normal, ya. Coba deh cek berat badanmu di BMI Calculator ini.

Jauhi rokok dan minuman beralkohol

Selain terkait dengan diabetes mellitus, merokok juga bisa memicu penyakit jantung dan kanker paru-paru. Merokok dapat menurunkan kemampuan tubuh kita untuk memanfaatkan hormon pengatur kadar gula darah.

Diabetes Mellitus Dan Pencegahannya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*