Diabetes Melitus Tipe 2 Adalah

Diabetes Melitus Tipe 2 Adalah

Diabetes Melitus Tipe 2 Adalah

Diabetes Melitus Tipe 2

Diabetes Melitus Tipe 2 Adalah – Diabetes Mellitus Tipe 2 adalah kondisi medis yang ditandai dengan ketidakcukupan atau gangguan fungsi insulin. Insulin adalah suatu hormon yang mengatur ambilan glukosa, sumber energi yang penting untuk tubuh. Tanpa insulin, glukosa tidak dapat memasuki sel dan tetap berada di dalam aliran darah, menyebabkan kadar glukosa darah tinggi. Penyebab gejala, seperti peningkatan rasa haus dan berkemih, rasa lelah dan kehilangan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

Diabetes melitus tipe 2 sering ditemukan pada orang-orang yang kelebihan berat badan karena kadar lemak yang tinggi, terutama pada daerah perut, diketahui menyebabkan tubuh menjadi resisten terhadap efek insulin (resistensi insulin). Oleh karena itu, meskipun insulin ada, tubuh tidak mampu berespon terhadap insulin tersebut secara adekuat. Tidak seperti diabetes tipe 1, yang dapat dikendalikan dengan injeksi insulin ke dalam tubuh secara teratur, penderita diabetes melitus tipe 2 biasanya tidak memerlukan injeksi insulin tetapi harus menurunkan berat badan mereka untuk memperbaiki resistensi insulin. Perubahan gaya hidup, seperti berhenti merokok, menghindari minum alkohol, mempertahankan diet sehat dan menghindari makan terlalu banyak makanan bergula, sangat penting untuk mengendalikan diabetes tipe 2. Apabila diabetes tidak terkendali, hal ini dapat menyebabkan komplikasi yang berpotensi mengancam jiwa, seperti stroke, serangan jantung dan penyakit jantung koroner.

ORANG YANG RENTAN TERKENA DIABETES MELITUS TIPE 2

Berikut ini beberapa orang yang rentan terkena diabetes melitus tipe 2 :

Orang dewasa yang berusia lebih dari 40 tahun. Hal ini disebabkan pada usia tersebut produksi insulin pada pankreas cenderung menurun akibat faktor usia. Jika pada usia tersebut salah dalam memilih pola makan, maka dapat berakibat kelebihan kadar gula karena jumlah insulin yang diproduksi tubuh tidak sebanding dengan jumlah makanan yang masuk.

Orang yang kelebihan berat badan (obesitas). Berdasarkan hasil sebuah survey dikatakan bahwa sekitar 80%-90% penderita diabetes melitus tipe 2 adalah mereka yang kelebihan berat badan (obesitas). Jadi pada type 2 diabetes ini penyebabnya bukan karena makan yang manis-manis melainkan karena jumlah konsumsi yang berlebihan sehingga cadangan gula darah di dalam tubuh menumpuk. Jika kita menilik lebih jauh, pada umumnya jumlah konsumsi makan yang berlebihan disebabkan karena pergeseran gaya hidup yang serba enak tanpa memperhatikan gizi yang seimbang dan diimbangi olahraga secara teratur.

Perubahan perilaku gaya hidup. Orang yang kaya biasanya memiliki kebiasaan hidup kurang gerak karena semua dikerjakan oleh pembantu-pembantunya. Bahkan naik mobil saja sudah disediakan sopir pribadi yang akan menemani mereka pergi. Akibatnya tubuh mereka kurang gerak, metabolisme tubuhnya menjadi lambat, yang pada akhirnya terjadilah kegemukan dan penumpukan gula darah di dalam tubuh.

Satu hal yang perlu diwaspadai dalam diabetes melitus tipe 2 ini adalah lengahnya kesadaran orang tentang type 2 diabetes ini. Masih banyak orang pengidap type 2 diabetes ini tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya sudah mengidap diabetes. Hal ini disebabkan karena timbulnya gejala type 2 diabetes muncul secara perlahan.

PENCEGAHAN DIABETES MELITUS TIPE 2

Onset diabetes melitus tipe 2 dapat ditunda atau dicegah melalui pengaturan nutrisi dan olahraga yang teratur. Perubahan gaya hidup yang intensif dapat menurunkan risiko menjadi setengahnya. Manfaat berolahraga akan tetap terjadi tanpa melihat berapa berat awal seseorang ataupun berapa berat badan yang hilang. Namun, bukti manfaat akibat perubahan diet saja masih terbatas, dengan terdapat sejumlah bukti pada diet tinggi sayuran hijau dan pembatasan konsumsi minuman mengandung gula. Pada mereka yang mengalami gangguan toleransi glukosa, diet dan olahraga saja atau dikombinasikan dengan metformin atau acarbose dapat menurunkan risiko terjadinya diabetes. Intervensi gaya hidup lebih efektif dibandingkan metformin.

Diabetes Melitus Tipe 2 Adalah

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*