Diabetes Melitus Dan Penyebabnya

Diabetes Melitus Dan Penyebabnya

Diabetes Melitus – Pada tahun 2013, penderita diabetes di Indonesia diperkirakan berjumlah 8,5 juta orang dengan rentang usia 20-79 tahun (dikutip dari Federasi Diabetes Internasional). Tetapi kurang dari 50% dari mereka yang menyadarinya. Asia Tenggara adalah salah satu wilayah dengan prevalensi tertinggi untuk diabetes tipe 1. Ada sekitar 111.500 anak-anak di bawah 15 tahun yang mengidap diabetes tipe 1 dengan perkiraan 18.000 kasus baru pada tiap tahun.

Diabetes Melitus Dan PenyebabnyaApa saja Tipe Diabetes Melitus ?

Jenis utama penyakit ini adalah diabetes melitus  tipe 1 dan tipe 2. Penderita diabetes tipe 1 sangat bergantung pada insulin. Tipe ini juga terkadang dikenal dengan istilah diabetes ‘remaja’ karena umumnya menyerang pasien di bawah usia 40 tahun terutama pada masa remaja. Organ pankreas dalam tubuh penderita diabetes tipe 1 tidak memproduksi insulin sehingga penderita harus menerima suntikan insulin tiap hari. Insulin sangat penting karena berfungsi untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan kerusakan serius pada organ-organ tubuh. Selain suntikan insulin, penderita diabetes tipe 1 juga harus menjaga kadar gula darah agar tetap seimbang. Misalnya dengan pola makan yang sehat, teratur berolahraga, dan tes darah secara rutin.

Penyebab Diabetes Melitus Tipe 1

Diabetes melitus tipe 1 berkaitan dengan kerusakan sel beta pulau-pulau Langerhans dalam pankreas. Kondisi ini menyebabkan terhentinya pasokan insulin untuk tubuh, dan belum ada teknologi medis atau obat tertentu yang bisa memperbaiki fungsi pankreas. Kerusakan semacam ini bisa menyerang anak-anak maupun orang dewasa dan bisa terjadi karena faktor genetis. Penderita dibetes tipe 1 selama hidupnya harus menerima suntikan insulin dari luar tubuh.

Penyebab Diabetes Melitus Tipe 2

Diabetes tipe 2 terjadi hanya pada orang dewasa, karena merekalah yang umumnya mengalami obesitas. Apa kaitan obesitas dan diabetes? Penderita diabetes tipe 2 mampu menghasilkan insulin, namun jumlah insulin ini tak mecukupi karena ada komplikasi-komplikasi yang disebabkan oleh obesitas, misalnya tingginya kadar lemak darah, baik kadar kolesterol maupun trigliserida.

Kondisi inilah yang dinamakan resistensi insulin. Pankreas mampu memproduksi insulin, tapi sel tubuh tak bisa menyerap gula darah yang dibutuhkan. Oleh karena itu, terjadilah poliuri (sering buang air kecil dalam volume banyak), polidipsi (sering merasa haus), dan polifagi (sering merasa lemas).

Cara Mencegah Penyakit Diabetes

Salah satu solusi bagi penderita penyakit diabetes melitus yaitu mencegah penyakit diabetes melitus sebagai berikut :

1. Kurangi minuman manis

Mencegah penyakit diabetes melitus dengan mengurangi minum manis. Minuman yang mengandung zat pemanis adalah sumber gula yang tak terlihat, yang bisa membuat gula darah dalam tubuh meningkat, sehingga dampak dan resiko terkena diabetes akan semakin besar jika Anda sering meminum minuman ini.

2. Kurangi atau hindari menkonsumsi kopi

Minum kopi juga ada manfaatnya untuk tubuh kita, tapi jika diminum terlalu berlebihan apalagi menggunakan tambahan gula yang banyak dapat memicu meningkatkan gula darah di dalam tubuh. Bagi anda yang menderita diabetes, sangat dianjurkan untuk meninggalkan kebiasaan minum kopi.

3. Pertahankan berat badan yang sehat

Mencegah penyakit diabetes melitus dengan menjaga berat badan. Sebagian besar orang yang didiagnosis diabetes (biasanya tipe 2) memiliki berat badan lebih. Kelebihan berat dan lemak tubuh akan meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes basah.

4. Istirahat Yang cukup

Cukup tidur merupakan hal yang penting untuk kesehatan tubuh Anda. selain untuk menjaga kebugaran tubuh, tidur selama 6 jam pada malam hari bisa membantu mencegah penyakit diabetes melitus, sebab jika Anda kurang istirahat akan membuat hormon kortisol di dalam tubuh semakin meningkat, sehingga insulin semakin meningkat dan gula dara menjadi tidak seimbang.

5. Mengonsumsi buah dan sayuran

Perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah, karena sayuran memiliki nutrisi yang lengkap untuk tubuh, serta sangat berkhasiat untuk menurunkan dan mencegah diabetes melitus atau gula darah.

6. Makanlah diet yang seimbang, rendah lemak dan gula

Mencegah diabetes melitus dengan diet seimbang. Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya penurunan kemampuan tubuh dalam memproduksi ataupun menggunakan insulin untuk mengubah gula menjadi energi, sehingga penting untuk membatasi jumlah gula dan karbohidrat yang dikonsumsi.

7. Rajin berolah raga

Mencegah diabetes melitus dengan berolahraga. Olah raga merupakan hal yang penting untuk kesehatan tubuh kita, dengan olah raga berat badan Anda akan tetap stabil selain itu olah raga juga mampu menurunkan kadar gula di dalam darah serta dapat membuat insulin lebih sensitivitas. Karena salah satu faktor penyebab munculnya diabetes juga karena kegemukan badan. jadi berolah raga minimal 20 menit sekali dalam sehari untuk menjaga gula darah tetap normal.

Diabetes Melitus Dan Penyebabnya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*