Diabetes Melitus Dan Penyebabnya

Diabetes Melitus Dan Penyebabnya

 

Diabetes Melitus -Dari hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh para ahli kedokteran, dikemukan teori baru yang menyatakan bahwa penyakit diabetes mellitus tidak hanya disebabkan oleh faktor keturunan (genetik), tetapi juga dipengaruhi oleh bebeapa faktor lain yang multi-kompleks, antara lain kebiasaan hidup dan lingkungan.

Penyebab Diabetes Melitus Tipe 1

Diabetes melitus tipe 1 berkaitan dengan kerusakan sel beta pulau-pulau Langerhans dalam pankreas. Kondisi ini menyebabkan terhentinya pasokan insulin untuk tubuh, dan belum ada teknologi medis atau obat tertentu yang bisa memperbaiki fungsi pankreas. Kerusakan semacam ini bisa menyerang anak-anak maupun orang dewasa dan bisa terjadi karena faktor genetis. Penderita dibetes tipe 1 selama hidupnya harus menerima suntikan insulin dari luar tubuh.

Penyebab Diabetes Melitus Tipe 2

Diabetes tipe 2 terjadi hanya pada orang dewasa, karena merekalah yang umumnya mengalami obesitas. Apa kaitan obesitas dan diabetes? Penderita diabetes tipe 2 mampu menghasilkan insulin, namun jumlah insulin ini tak mecukupi karena ada komplikasi-komplikasi yang disebabkan oleh obesitas, misalnya tingginya kadar lemak darah, baik kadar kolesterol maupun trigliserida.

Kondisi inilah yang dinamakan resistensi insulin. Pankreas mampu memproduksi insulin, tapi sel tubuh tak bisa menyerap gula darah yang dibutuhkan. Oleh karena itu, terjadilah poliuri (sering buang air kecil dalam volume banyak), polidipsi (sering merasa haus), dan polifagi (sering merasa lemas).

Diabetes Melitus Dan PenyebabnyaGejala Penyakit Diabetes Melitus

Lemahnya fungsi saraf

Salah satu gejala penyakit diabetes melitus ini adalah bisa terjadi lemahnya fungsi pada saraf. Hal inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit diabetes ini datang dan muncul. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dengan baik dan benar, agar penyakit diabetes atau kencing manis tidak mudah menyerang pada tubuh atau badan Anda, yang pada intinya penyakit ini, bisa berbahaya, jika telat dalam penanganan atau tindakan.

Lapar yang sangat mudah terjadi secara terus menerus

Salah satu penyakit gejala penyakit diabetes melitus adalah bisa menimbulkan lapar yang mudah terjadi secara terus menerus. Hal inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit diabetes atau kencing manis. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dengan baik dan benar, agar penyakit ini tidak mudah menyerang pada Anda, yang pada intinya penyakit ini, bisa berbahaya, jika telat dalam penanganan atau tindakan.

Buramnya penglihatan

Salah satu penyakit gejala penyakit diabetes melitus adalah buramnya penglihatan terhadap sesuatu apapun. Hal inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit diabetes ini terjadi. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dengan baik dan benar, agar penyakit ini tidak mudah terjadi pada diri Anda, yang pada intinya penyakit ini, bisa berbahaya, jika tidak segera diatasi atau di tangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.

Turunnya berat badan

Salah satu penyakit gejala penyakit diabetes melitus selanjutnya adalah bisa menyebabkan turunnya berat badan. Hal inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit diabetes atau kencing manis ini datang. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dengan baik dan benar, yang pada intinya penyakit ini, bisa berbahaya, jika tidak segera diatasi atau di tangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.

Meningkatnya nafsu makan

Salah satu penyakit gejala penyakit diabetes melitus adalah dengan meningkatnya nafsu makan. Hal inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit ini datang dan muncul. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dengan baik dan benar, agar penyakit ini, tidak mudah menyerang pada diri Anda, yang pada intinya, penyakit ini bisa berbahaya, jika telat dalam penanganan atau tindakan.

Diabetes Melitus Dan Penyebabnya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*