Diabetes Melitus Dan Pengobatannya

Diabetes Melitus Dan Pengobatannya

 

Diabetes melitus adalah suatu penyakit, dimana tubuh penderitanya tidak bisa secara otomatis mengendalikan tingkat gula (glukosa) dalam darahnya. Pada tubuh yang sehat, pankreas melepas hormon insulin yang bertugas mengangkut gula melalui darah ke otot-otot dan jaringan lain untuk memasok energi.

Diabetes melitus merupakan gangguan metabolisme dari distribusi gula oleh tubuh. Penderita diabetes tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup atau tubuh yang tak mampu menggunakan insuin secaa efektif, sehingga terjadilah kelebihan gula di dalam darah. Kelebihan gula yang kronis di dalam darah (hiperglikemia) ini menjadi racun bagi tubuh.

Pada tahun 2013, penderita diabetes melitus di Indonesia diperkirakan berjumlah 8,5 juta orang dengan rentang usia 20-79 tahun (dikutip dari Federasi Diabetes Internasional). Tetapi kurang dari 50% dari mereka yang menyadarinya. Asia Tenggara adalah salah satu wilayah dengan prevalensi tertinggi untuk diabetes tipe 1. Ada sekitar 111.500 anak-anak di bawah 15 tahun yang mengidap diabetes tipe 1 dengan perkiraan 18.000 kasus baru pada tiap tahun.

Ciri ciri orang yang terkena penyakit diabetes melitus, antara lain :

  • Buang air kecil terlalu sering
  • Terserang rasa haus yang berkepanjangan
  • Berat badan turun tanpa penyebab yang jelas
  • Merasa cepat lelah, lemas dan mengantuk
  • Sering mengalami kesemutan di bagian kaki serta tangan.
  • Pandangan menjadi kabur
  • Kulit terasa kering dan gatal
  • Sering menderita infeksi pada kulit, gusi serta saluran kencing.
  • Apabila mengalami luka berdarah sulit atau butuh waktu lama untuk bisa sembuh.

Diabetes Melitus Dan Pengobatannya

Pentingnya Olahraga Bagi Penderita Diabetes Melitus

Kegiatan olahraga adalah wajib dan penting yang harus dilakukan bukan hanya oleh penderita diabetes melitus namun juga setiap orang agar tetap sehat. Bagi penderita diabetes melitus, baik yang terkontrol oleh pribadi dan juga medis maupun belum terkontrol karena penderita belum sadar dan tau betul pentingnya perawatan dan pengaturan kadar glukosa dalam darah, manfaat dan keuntungan yang anda didapat dari berolah raga bahkan lebih banyak lagi. Hasil penelitian yang valid menunjukkan bahwa olah raga atau kegiatan fisik dapat bermanfaat untuk:

  • Meningkatkan sensitivitas sel-sel tubuh terhadap insulin sehingga membantu Membantu menurunkan kadar glukosa dan kadar lemak darah.
  • Membantu menurunkan tekanan darah / tensi dan kadar kolesterol jahat darah (LDL), meningkatkan kolesterol baik (HDL) sehingga Membantu menurunkan risiko penyakit jantung.
  • Mengontrol berat badan supaya bisa tetap ideal.
  • Membantu menurunkan risiko komplikasi penyakit diabetes melitus.
  • Menguatkan organ dalam jantung, dan juga bagian lain seperti otot dan tulang.
  • Membantu menurunkan tingkat stress.

Jenis-jenis kegiatan olahraga yang baik untuk pasien diabetes melitus antara lain: angkat barbel, aerobik, jalan kaki, naik turun tangga dll. Jadi mari kita tingkatkan olahraga yang baik dan benar untuk menjaga kadar gula darah tetap normal.

Untuk mengobati dan mencegah diabetes melitus dan kolesterol, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen herbal yang baik untuk metabolisme tubuh. S-Lutena (Nama Super lutein yang digunakan di Indonesia) adalah herbal yang sangat baik untuk kesehatan organ tubuh manusia secara keseluruhan. S-Lutena bisa digunakan sebagai suplemen harian untuk kebutuhan akan nutrisi tubuh atau digunakan sebagai herbal untuk pengobatan penyakit.

S-Lutena berisi 6 jenis yang paling penting dari karotenoid, lima jenis nutrisi yang paling penting berdasarkan kebutuhan manusia dan mengkombinasikan fungsi vegetatif dengan proporsi yang terbaik. Super lutein juga berfungsi sebagai herbal antikanker yang telah direkomendasikan oleh 6600 dokter spesialis di dunia. S-Lutena juga berfungsi sebagai antiaging dan antioksidan yang mampu melakukan regenerasi sel tubuh yang rusak. Super lutein mampu memperbaiki metabolisme tubuh yang tidak baik sehingga berfungsi maksimal.

Diabetes Melitus Dan Pengobatannya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*