Diabetes Melitus Dan Pencegahannya

Diabetes Melitus Dan Pencegahannya

Diabetes MelitusDiabetes Melitus adalah jenis penyakit yang terjadi karena kelainan gula darah. Di mana hal ini bisa terjadi karena kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi. Sehingga menyebabkan tubuh menjadi kekurangan insulin, atau insulin yang ada dalam tubuh menjadi tidak sempurna. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa makanan yang kita makan sangat erat kaitannya dengan poduksi glukosa darah tersebut. Makanan yang dikonsumsi juga sangat berperan dalam merangsang pankreas memproduksi hormon insulin.

Diabetes Melitus Dan Pencegahannya

Gejala penyakit Diabetes Melitus

  • Mulai sekarng perikasakan diri anda pada dokter dan check apakah gula darah anda ada pada 160 – 180 mg, karena ini akan membuat urin anda tercampur dengan gula. Tingginya kadar gula dalam diri anda merupakan satu Gejala diabetes melitus yang sangat jelas. Jika ini sudah terjadi pada anda sebaiknya anda mulai merawat kesehatan anda agar tidak semakin parah.
  • Terjadinya Polidipsia atau haus berlebihan, anda akan merasakan rasa haus yang berlebihan dari biasanaya. Dan anda juga sering merasakan haus berkali – kali, jika anda mulai menyadari dengan gejala ini segera periksakan.
  • Terjadinya penurunan berat badan. Orang yang kelebihan berat badan memang bsia terserang penyakit ini, namun ketika anda sudah terserang penyakit diabetes melitus ini berat badan anda kan semakin berkurang. Anda harus benar – benar jeli dengan perubahan pada tubuh anda.
  • Selain tiga gejala diatas anda juga akan merasakan mual, pusing dan juga pengelihatan yang kabur jika penyakit ini sudah mulai ada pada diri anda.

Cara mencegah diabetes melitus sejak dini

Sebelum terlambat, berikut adalah beberapa cara mencegah diabetes melitus:

Ketahui riwayat kesehatan keluarga.

Kemungkinan seseorang terkena diabetes melitus di kemudian hari akan meningkat jika di dalam keluarga terdapat satu atau lebih anggota yang menderita diabetes.

Tetap aktif secara fisik.

Olahraga teratur bisa membantu mencegah diabetes dengan mengontrol berat badan dan meningkatkan aliran darah. Olahraga sangat penting terutama jika secara genetik seseorang termasuk kelompok dengan faktor risiko tinggi.

Makanlah diet yang seimbang

Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya penurunan kemampuan tubuh dalam memproduksi ataupun menggunakan insulin untuk mengubah gula menjadi energi, sehingga penting untuk membatasi jumlah gula dan karbohidrat yang dikonsumsi.

Lakukan pemeriksaan kesehatan.

Mencegah diabetes dengan melakukan pemeriksaan kesehatan. Setiap orang yang berusia diatas 45 tahun harus memiliki jadwal rutin pemeriksaan kadar gula darah setiap 3 tahun sekali. Namun, jika seseorang termasuk kelompok dengan faktor risiko tinggi, pemeriksaan rutin harus dimulai pada usia lebih dini.

Pertahankan berat badan yang sehat.

Mencegah diabetes melitus sejak dini dengan menjaga berat badan yang sehat. Sebagian besar orang yang didiagnosis diabetes melitus (biasanya tipe 2) memiliki berat badan lebih. Kelebihan berat dan lemak tubuh akan meningkatkan risiko terkena diabetes.

Sarapan sangat penting

Tidak peduli seberapa bencinya Anda pada sarapan, sangat penting untuk sarapan setiap hari. Hal itu membantu mencegah diabetes dan mengurangi resiko terkena penyakit diabetes. Makan sarapan yang sehat tidak hanya membantu mengontrol nafsu makan, tetapi juga membantu mengontrol konsumsi kalori.

Minum air kelapa segar

Minuman ini sering direkomendasikan oleh para ahli untuk pasien diabetes bila dikonsumsi dalam jumlah tidak terlalu banyak. Air kelapa alami yang kaya elektrolit akan meningkatkan energi dan sodium secara alami.

Diabetes Melitus Dan Pencegahannya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*