Diabetes Melitus Dan Obatnya

Diabetes Melitus Dan Obatnya

 

Diabetes MelitusDiabetes melitus adalah penyakit yang mempengaruhi gula darah, hal ini terjadi karena glukosa (gula sederhana) di dalam darah terlalu tinggi. Sehingga tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan benar atau tidak sempurna. Dalam kinerjanya, makanan setelah cenderung membuat glukosa darah meningkat dan akan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin. Insulin bergerak membuat gula ke dalam sel untuk diubah menjadi energi atau sebagai cadangan energi. Namun, jika terlalu banyak glukosa dalam darah sulit untuk membuat insulin bekerja dengan baik. Hal ini dapat terjadi biasanya pada orang yang memiliki usia lebih dari 30 tahun atau lebih tua. Dengan kurangnya aktivitas yang mengeluarkan energi dapat menjadi pemicu tumbuhnya penyakit diabetes melitus. Kadar gula darah dalam batasan normal adalah antara 70-110mg/liter.

Bila tidak dikendalikan, penyakit diabetes melitus bisa mencetuskan berbagai komplikasi penyakit yang kronis dan berakibat fatal, di antarnya penyakit jatung, gangguan fungsi ginjal, kebutaan, impotensi, atau pembusukan kaki yang terkadang mengharuskan penderita merelakan kakinya untuk diamputasi.

Diabetes Melitus Dan Obatnya

Penyebab diabetes melitus biasanya karena hasil insuli tidak cukup untuk mengakomodasi kadar gula dan sel-sel tubuh tidak merespon insulin. Dan ini biasanya terjadi karena kandungan lemak yang besar dalam tubuh tidak sempurna karena kurangnya aktivitas setiap hari. Penyebab lainya biasanya dikarenakan:

  • Kurangnya insulin karena virus atau faktor gizi pada saat anak-anak tidak memadai.
  • Pengaruh genetik atau keturunan
  • Terjadinya obesitas
  • Tingginya kadar kortikosteroid
  • Adanya kehamilan yang membuat kurangnya kadar insulin dalam darah
  • Tubuh racun yang mempengaruhi kinerja insulin

Gangguan metabolisme karbohidrat ini menyebabkan tubuh kekurangan energi, itu sebabnya penderita diabetes melitus umumnya terlihat lemah, lemas dan tidak bugar. Adapun gejala umum yang dirasakan oleh penderita diabetes melitus adalah:

  • Banyak kencing terutama pada malam hari
  • Gampang haus dan banyak minum
  • Mudah lapar dan banyak makan
  • Mudah lelah dan sering mengantuk
  • Penglihatan kabur
  • Sering pusing dan mual
  • Koordinasi gerak anggota tubuh terganggu
  • Berat badan menurun terus
  • Sering kesemutan dan gatal – gatal pada tangan dan kaki

Obat Diabetes Melitus

Berikut obat diabetes melitus yang bisa Anda coba :

1. Daun kemangi

Jika mendengar kata kemangi yang pertama terngiang dipikiran kita adalah makanan lalapan yang disanding dengan ikan lele, serta ditambah nikmatnya sambal yang membakar lidah. Daun kemangi memiliki kandungan yang dapat memproses sekresi insulin pada tubuh,sehingga kadar gula darah anda memiliki tekanan yang normal. Cara yang anda lakukan sangatlah mudah dengan mengolahnya menjadi sambal atau lalapan, namun anda juga harus memperhatikan kebersihan daun kemangi sebelum anda mengkonsumsinya.

2. Buah Mengkudu

Buah yang memiliki bentuk unik ini dapat anda manfaatkan untuk obat diabetes melitus dan juga mencegah datangnya diabetes melitus karena buah ini mengandung banyak sekali akan mineral dan juga nutrisi lainnya yang berguna bagi pertumbuhan hormon insulin anda sehingga resiko terkena diabetes semakin mengecil. Maka dari itu anda dapat mengkonsumsi buah mengkudu setiap hari baik itu dimakan langsung ataupun diolah menjadi banyak jenis seperti jus, dan lain lain.

3. Daun sambiloto

Daun sambiloto juga sangat berkhasiat untuk mengobati gejala diabetes melitus secara alami, karena daun sambiloto memiliki senyawa androgapholide, senyawa ini memang cukup pahit tapi bisa melindungi hati selain itu daun sambiloto juga mampu menurunkan enzim CDK4 yang mampu menekan pertumbuhan sel kanker, selain itu daun sambiloto juga berguna untuk menjaga kekebalan tubuh, maka itu sangat di anjurkan penderita diabetes menggunakan daun sambiloto ini.

4. Fenugreek atau klabet

Anda merasa asing dengan tanaman tersebut? tentu, karena tanaman ini bukan berasal dari negara kita, fenugreek adalah tanaman yang berasal dari India yakni bumbu dapur yang difungsikan untuk menambah cita rasa masakan. Selain digunakan sebagai bumbu masakan ternyata klabet juga dapat mengontrol kadar glukosa darah dan sudah terbukti secara ampuh untuk digunakan sebagai obat diabetes melitus. Jika anda ingin menurunkan kadar diabetes anda, anda dapat segera mengkonsumsinya.

 

Diabetes Melitus Dan Obatnya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*