Diabetes Kering

Diabetes Kering

Penyakit Diabetes Kering ini merupakan jenis Diabetes yang banyak di derita dikalangan masyarakat , masyarakat sering menamai Penyakit Diabetes Kering karena biasanya penderita penyakit diabetes kering ini mempunyai penampakan badan yang kurus dan kering , Sebenarnya pada istilah kedokteran tidak ada diabetes dengan jenis diabetes kering dan basah hanya saja pada istilah kedokteran diabetes terbagi pada 2 bagian yaitu Diabetes tipe 1 dan tipe 2 .

Penyebab Diabetes Kering atau Tipe 1

Penyebab terjadinya Diabetes kering ini karena terjadinya resistensi tubuh terhadap efek insulin yang diproduksi oleh sel beta dalam pankreas , sehingga mengakibatkan tidak terkendalinya kadar gula dalam darah . Seperti yang kita jelaskan tentang diabetes kering, kita tahu bahwa diabetes kering ini terjadi karena ketidakmampuan organ pankreas didalam memproduksi hormon insulin. Ketidakmampuan produksi insulin ini umumnya terjadi karena adanya kerusakan pada organ pankreas.

diabetes kering

diabetes kering

Lalu apa penyebab rusaknya organ pankreas ini?. Ada beberapa penyebab, diantaranaya:  Karena faktor genetic,   Yaitu organ pankreas rusak karena sistem imun tubuh sendiri secara spesifik menyerang dan merusak sel-sel pankreas. Terjadi kesalahan pesan dari sistem imun yang terjadi secara genetik atau faktor turunan. Jadi bila ada keluarga inti Anda terkena diabetes maka, ada kemungkinan untuk Anda berpotensi teridap penyakit diabetes kering atau basah. Namun perlu Anda ketahui bahwa terangsangnya faktor genetik sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Jadi selama Anda bisa mengendalikan faktor lingkungan, insya Allah Anda tidak perlu terlalu khawatir. Banyak-banyaklah Anda berdo’a kepada Allah untuk dijauhkan dari penyakit kronis ini.  Infeksi Virus Tertentu  Adanya infeksi virus tertentu pada pankreas sangat berpotensi untuk rusaknya sel-sel pankreas.  Akibatnya produksi insulin menjadi sangat terbatas atau bahkan tidak ada sama sekali.

Untuk bisa mengetahui penderita yang terkena Diabetes Kering bisa dilihat dari beberapa gejala seperti berikut :

  1. Rentan sekali terhadap infeksi
  2. Gangguan penglihatan
  3. Tubuh terasa lemas
  4. Badan kurus meskipun sudah makan dalam jumlah yang banyak

Para pengidap diabetes kering, tentunya memiliki kesulitan dalam menentukan serta mengelola menu makan. Menu bagi pengidap diabetes sebenarnya tidak perlu terlalu rumit. Selama anda bisa membatasi jumlah kandungan garam dalam menu diabetes anda.

Berbagai pedoman menu diabetes kering menyarankan penurunan asupan garam harian sekitar satu sendok teh sehari. Berikut contoh menu diabetes yang bisa anda aplikasi di menu keseharian anda, yaitu:

Menu Pembuka
Diabetes Kering>> Pilih buah rendah kandungan gula seperti melon atau berry. Bila memilih mengonsumsi apel, usahakan hanya memakan setengah buah saja. Hindari sup berkaldu juga roti bermargarin.

Jangan memasukan acar, sayur kalengan ataupun daging asap dalam mangkuk salad anda, dan usahakan hanya sedikit menambahkan dressing.

Menu Utama
Diabetes Kering>> Pilihlah masakan olahan yang dipanggang. Jenis daging tidak menjadi masalah asal diolah dengan benar, yaitu dengan tidak menambahkan MSG maupun garam. Padankan dengan sayuran minim bumbu.

Sebaiknya para pengidap diabetes kering maupun basah harus menghindari restaurant yang menyediakan makanannya secara prasmanan semi all you can eat. Saat melihat banyak makanan yang tersaji cenderung merusak rencana diet diabetes.

Makanan siap saji pun jangan lagi dimasukan dalam menu diabetes kering maupun basah anda, apalagi yang berbahan tambahan keju dan saus penyedap.

Menu Penutup
Diabetes Kering>> Masukan buah segar ke dalam pilihan menu diabetes anda.
Berhati-hatilah dengan porsi makanan yang anda habiskan! Terkadang porsi makanan di menu sebuah restaurant memiliki kapasitas yang lebih banyak.

Jika kita ingin memulai hidup sehat, sisihkan sebagian kecil dari porsi di piring anda, makan secara perlahan. Akan lebih aman bila dari awal kita mengorder setengah porsi atau porsi yang lebih kecil.

Dengan mengetahui berbagai penyebab dari penyakit yang bisa dibilang cukup mematikan ini, makan kita insya Allah bisa melalukan antisipasi sedari dini untuk kita bisa terbebas dari penyakit diabetes ini. Segera tinggalkan pola makan yang tidak sehat dan segera perbaiki pola hidup adalah cara terbaik untuk pencegahan. Jangan lupa juga untuk kita banyak-banyak mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Kuasa untuk menurungkan dan menyembuhkan penyakit. Bergantung dan berlindunglah kepada-NYA.

 

Diabetes Kering

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*