Diabetes Kering Dan Cara Mencegah

Diabetes Kering Dan Cara Mencegah

 

Diabetes kering adalah sebuah tahapan awal dari diabetes golongan 2. Penderita diabetes yang satu ini, insulin di dalam tubuhnya sudah kebal (resisten) terhadap gula (glukosa) darah. Dengan kata lain, insulin di dalam tubuhnya sudah rusak. Akibatnya, gula (glukosa) yang masuk ke dalam tubuhnya tak mampu lagi dikonversikan menjadi gula otot (glikogen). Dengan begitu, kadar glukosa darahnya akan naik drastis dari keadaan normal. Sebagai informasi, kadar glukosa darah normal itu adalah 150 mg/dL dan penyakit diabetes itu kadar glukosa darahnya di atas angka tersebut.

Diabetes Kering Dan Cara Mencegah

Diabetes Kering Dan Cara Mencegah

Diabetes kering merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya jika terlalu lama dibiarkan, maka untuk dapat menyembuhkannya harus segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat tentunya. Selain itu juga, agar penyakit ini tidak sering kambuh anda harus menjaga asupan makanan agar gula darah yang terdapat dalam tubuh anda tidak naik sehingga menyebabkan penyakit yang cukup serius. Untuk itu bagi penderita diabetes kering dianjurkan pintar-pintar memilih makanan yang cocok dikonsumsi.

Pada penderita diabetes sangat diwajibkan untuk mengontrol makanan yang dikonsumsi setiap harinya agar tidak terjadi lonjakan kadar gula dalam darah. Sebaiknya, penderita diabetes mengkonsumsi makana yang mengandung glokosa rendah sehingga kadar glukosa dalam darah bisa stabil.

Gejala dan Tanda Diabetes Kering

Berikut beberapa gelaja dan tanda yang perlu diwaspadai dari diabetes kering :

  • Peningkatan rasa lapar. Hal ini terjadi akibat glukosa darah yang terus dibuang tanpa disalurkan ke sel-sel tubuh.
  • Peningkatan rasa haus dan seringnya buang air kecil. Hal ini terjadi akibat pembuangan glukosa dan air ke dalam urin secara terus menerus tanpa melalui proses penyaringan yang normal (dehidrasi).
  • Mulut kering akibat dehidrasi.
  • Napas berbau buah. Hal ini terjadi akibat pembentukan keton (zat yang baunya menyerupai buah-buahan) sebagai hasil proses pembakaran lemak dengan aseton sebagai sumber energi.
  • Penglihatan yang kabur. Hal ini terjadi akibat kadar gula darah yang tinggi yang membuat perubahan lensa mata.
  • Pegal otot akibat dehidrasi.
  • Hal ini karena fluktuasi gula darah yang membuat mood berubah-ubah.
  • Sakit kepala akibat gula darah, penglihatan yang kabur, dan tekanan darah tinggi.
  • Gatal yang juga akibat kadar gula darah yang tinggi.
  • Berat badan yang turun drastis akibat dehidrasi dan pembakaran lemak terus menerus.

Penyebab Diabetes Kering

Salah satu penyebab penyakit diabetes kering ialah sebagai berikut :

  • Pola makan yang tidak beraturan penyebab diabetes kering : Karena pola makan yang tidak beraturan seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung rasa manis secara berlebihan, makan makanan ringan terlalu banyak, soft dirink dan makanan lainnya.
  • Obesitas penyebab penyakit diabetes kering : Orang yang mengalami obesitas akan lebih rentan timbulnya penyakit daibetes kering dalam tubuh.
  • Faktor genetik atau faktor turunan penyebab diabetes kering : Penyakit yang diturunkan orang tua kepada anaknya
  • Obat-obatan kimia penyebab diabetes kering : Obat-obatan berbahan kimia akan mengakibatkan terjadinya diabetes kering
  • Pola Hidup penyebab diabetes kering : Pola hidup yang tidak sehat dapat memicu timbulnya diabetes kering seperti kurang tidur, badab tidak digerakan dan terlalu banyak duduk.

Cara Mencegah Diabetes kering

Berikut ini cara untuk mencegah dan mengontrol diabetes kering :

  1. Mengontrol Gula Darah

Soda, minuman ringan atau berperasa dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Semua minuman berpemanis merupakan sumber gula yang tak terlihat, yang dapat meningkatkan kadar gula darah Anda.

  1. Selalu Menjaga Asupan Makanan

Menjaga asupan kalori dalam tubuh merupakan langkah yang penting untuk mencegah timbulnya diabetes kering. Asupan makanan yang mengandung kalori berlebih dapat menimbulkan obesitas yang menjadi salah satu penyebab gangguan ini. Untuk itu, sebaiknya menghindari konsumsi makanan ataupun minuman yang terlalu manis.

  1. Berolahraga Secara Teratur

Dengan melakukan kegiatan olahraga secara teratur dapat membantu untuk mempertahankan berat badan normal, sehingga terhindar dari gangguan obesitas. Selain itu, olahraga juga dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

  1. Menghindari Stres

Stress memiliki peranan yang tak kalah besar terjadinya gangguan diabetes, yaitu memicu resistensi insulin sehingga kadar gula menjadi tidak terkontrol. Selain itu, penyebab stress juga dapat meningkatkan resiko obesitas, serta tekanan darah tinggi.

  1. Menghindari Rokok

Bahaya merokok dapat meningkatkan resiko terjadinya diabetes kering. Untuk itu, sebaiknya menghindari kebiasaan tersebut.

Setelah mengenal gejala dan tanda-tanda diabetes kering, maka apabila merasakan gejala dan tanda timbulnya diabetes, segera periksakan kadar gula darah, agar terhindar dari resiko yang lebih parah.Nah, itulah beberapa informasi mengenai penyakit diabetes kering. Cek selalu kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat.

Diabetes Kering Dan Cara Mencegah

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*