DIABETES adalah

DIABETES adalah

Apa itu kencing manis (Diabetes mellitus)

Diabetes Mellitus atau Kencing manis merupakan keadaan di mana terdapat glukos di dalam air kencing seseorang. Ini disebabkan glukos (gula) dalam darah tidak dapat diceranakan oleh badan disebabkan oleh sama ada kekurangan  penghasilan insulin, kurang keberkesanan isulin, atau kedua-duanya sekali. Glukos yang berlebihan itu akan dikeluarkan bersama air kencing. Kencing manis boleh menyebabkan masalah lain dan kematian, bagaimanapun pengidap kencing manis boleh mengambil langkah-langkah untuk mengawal atau mengurangkan risiko masalah sampingan.

Diabetes adalah

Diabetes adalah

Secara umumnya, penyakit kencing manis dapat digolongkan sebagai:

•           Diabetes jenis pertama (I) juga dikenali sebagai diabetes bersandar insulin (IDDM – ‘Insulin Dependent Diabetes Mellitus’) atau diabetes awal remaja. Diabetes jenis I dicirikan dengan kegagalan penghasilan insulin oleh kelenjar pankreas. Biasanya, penghidap diabetes jenis pertama mula mendapat simtom penyakit semasa kanak-kanak atau remaja. Disebabkan oleh kegagalan penghasilan insulin semula jadi oleh badan, pesakit memerlukan suntikan insulin dari luar untuk pengawalan tahap glukosa darah.

•           Diabetes jenis kedua (II) boleh disebabkan oleh kerintangan insulin (penurunan sensitiviti tisu badan terhadap insulin) dan/atau penghasilan insulin yang berkurangan. Diabetes jenis II, oleh kerana masih mempunyai sedikit sebanyak insulin dari pankreas, boleh dikawal secara pemantauan pangambilan makanan, pengurangan berat badan, bersenam, dan pengambilan ubat secara makan/suapan ( suntikan insulin diperlukan dalam keadaan tertentu sekiranya pengambilan ubat secara makan kurang berkesan atau memberi kesan samping serius kepada pesakit).

Apakah Insulin

Insulin merupakan sejenis hormon yang dihasilkan oleh sel kelenjar pankreas yang dikenali sebagai Langerhans islets (kepulauan kecil). Insulin bertugas untuk menceranakan glukos dan bertindak membenarkan glukos dalam darah menembusi dinding sel.

Setelah kita mengenal dan memahami berbagai tipe penyakit diabetes, saatnya untuk kita mengenal dan memahami penyebab diabetes dalam hali ini penyebab diabetes melitus sesuai tipe diabetesnya. Masing-masing tipe diabetes melitus memiliki faktor penyebab dan pemicu yang khas dan tidak bisa dicampuradukkan satu sama lainnya.

Penyebab Diabetes Melitus Tipe 1

Seperti yang kita jelaskan pada artikel sebelumnya tentang tipe diabetes 1, kita tahu bahwa diabetes tipe 1 ini terjadi karena ketidakmampuan organ pankreas didalam memproduksi hormon insulin. Ketidakmampuan produksi insulin ini umumnya terjadi karena adanya kerusakan pada organ pankreas.

Lalu apa penyebab rusaknya organ pankreas ini?. Ada beberapa penyebab, diantaranaya:  Karena faktor genetic,   Yaitu organ pankreas rusak karena sistem imun tubuh sendiri secara spesifik menyerang dan merusak sel-sel pankreas. Terjadi kesalahan pesan dari sistem imun yang terjadi secara genetik atau faktor turunan. Jadi bila ada keluarga inti Anda terkena diabetes maka, ada kemungkinan untuk Anda berpotensi teridap penyakit diabetes. Namun perlu Anda ketahui bahwa terangsangnya faktor genetik sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Jadi selama Anda bisa mengendalikan faktor lingkungan, insya Allah Anda tidak perlu terlalu khawatir. Banyak-banyaklah Anda berdo’a kepada Allah untuk dijauhkan dari penyakit kronis ini.  Infeksi Virus Tertentu  Adanya infeksi virus tertentu pada pankreas sangat berpotensi untuk rusaknya sel-sel pankreas.  Akibatnya produksi insulin menjadi sangat terbatas atau bahkan tidak ada sama sekali.

Penyebab Penyakit Diabetes Tipe 2

Berdasarkan penjelasan pada artikel sebelumnya tentang tipe diabetes, kita mengetahui bahwa diabetes melitus tipe 2 terjadi sebagai akibat dari tidak mampunya tubuh untuk memanfaatkan hormon insulin karena telah terjadi resistensi tubuh terhadap hormon tersebut. Organ pankreas pada penderita diabetes tipe 2 ini masih berfungsi normal didalam memproduksi hormon insulin namun hormon yang dihasilkan tidak bisa dimanfaatkan oleh tubuh sehingga gula tidak bisa masuk ke dalam sel dan menumpuk dalam darah.

Diabetes tipe 2 ini umumnya terjadi pada kalangan dewasa tidak seperti tipe 1 yang kebanyakannya terjadi pada anak-anak dan remaja. Lalu apa penyebab diabetes melitus tipe 2 ini ?.

Para pakar kesehatan telah bayak menerangkan bahwa penyeba diabetes tipe 2 ini karena kombinasi faktor genetik dan faktor lingkungan.

Faktor Genetik Atau Turunan

Banyak penderita diabetes tipe 2 memiliki anggota keluarga yang juga mengidap penyakit diabetes tipe 2 atau masalah kesehatan lain yang berhubungan dengan diabetes, misalnya kolesterol darah yang tinggi, hipertensi, atau obesitas. Untuk faktor genetik memang sangat sulit untuk dihilangkan. Yang bisa kita lakukan adalah dengan kita mengendalikan faktor lingkungan sebagai faktor perangsang untuk bangkitnya faktor genetik.

Selama faktor lingkungan bisa kita kendalikan, insya Allah kita akan terbebas dari penyakit yang mematikan ini.

Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan yang sangat mempengaruhi untuk seseorang berpotensial terserang penyakit diabetes adalah pola makan dan pola hidup yang jelek. Pola makan yang terbiasa dengan makanan yang banyak mengandung lemak dan kalori tinggi sangat berpotensi untuk meningkatkan resiko diabetes. Adapan pola  hidup jelek adalah pola hidup yang tidak teratur dan penuh tekanan kejiwaan seperti stres yang berkepanjangan, perasaan khawatir dan takut yang berlebihan dan jauh dari nilai-nilai spiritual diyakini sebagai faktor terbesar untuk seseorang gampang terserang penyakit berat baik diabetes maupun penyakit berat lainnya. Di samping itu aktifitas fising yang rendah juga berpotensi untuk seseorang terjangkit penyakit diabetes.

Akan lebih dahsyat lagi ketika semua faktor lingkungan ini bertemu dangan faktor genetik. Anda tentu bisa membayangkan bukan?.

Penyebab Diabetes Melitus Tipe 3

Karena tipe ini merupakan gabungan dari tipe 1 dan tipe 3 maka penjelasan akan penyebabnya pun tidak jauh dari penjelasan akan penyebab diabetes tipe 1 dan 2.

Dengan mengetahui berbagai penyebab dari penyakit yang bisa dibilang cukup mematikan ini, makan kita insya Allah bisa melalukan antisipasi sedari dini untuk kita bisa terbebas dari penyakit diabetes ini. Segera tinggalkan pola makan yang tidak sehat dan segera perbaiki pola hidup adalah cara terbaik untuk pencegahan. Jangan lupa juga untuk kita banyak-banyak mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Kuasa untuk menurungkan dan menyembuhkan penyakit. Bergantung dan berlindunglah kepada-NYA.

 

DIABETES adalah

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*