Dampak Negatif Diabetes Hipoglikemia

Dampak Negatif Diabetes Hipoglikemia

Dampak Negatif Diabetes Hipoglikemia

Dampak Negatif Diabetes Hipoglikemia – Hipoglikemia adalah gangguan kesehatan yang terjadi ketika kadar gula di dalam darah berada di bawah kadar normal. Zat gula didapat dari makanan yang kita cerna dan serap. Molekul-molelul gula tersebut masuk ke dalam aliran darah untuk selanjutnya disalurkan ke seluruh sel-sel yang ada di jaringan tubuh. Namun sebagian besar sel-sel tubuh tidak bisa menyerap gula tanpa bantuan hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas. Dalam hal ini, insulin berperan sebagai pembuka pintu bagi masuknya zat gula ke dalam sel.

Jika jumlah insulin terlalu banyak, otomatis kadar gula darah akan menurun. Itu sebabnya hipoglikemia banyak dialami oleh penderita diabetes karena mereka sering menggunakan insulin atau obat-obatan pemicu produksi insulin guna menurunkan kadar gula di darah mereka. Namun bukan hanya insulin saja, terdapat beberapa faktor lainnya, seperti pola makan yang buruk, juga dapat menyebabkan hipoglikemia. Hipoglikemia bisa menimbulkan efek buruk yang merugikan tubuh, karena itu diabetes hipoglikemia harus langsung dapat penanganan agar terhindar dari efek buruk yang ditimbulkan. Di bawah ini ada beberapa Dampak Negatif Diabetes Hipoglikemia antara lain :

 

  1. Tidak sabar

Salah satu Dampak Negatif Diabetes Hipoglikemia adalah menjadi tidak sabaran dengan hal-hal yang berada di sekitarnya. Hal ini disebabkan karena terjadinya disorientasi waktu dan target yang sudah terjadi pada otak sementara otak sendiri mengalami gangguan.

  1. Penurunan daya ingat

Dampak Negatif Diabetes Hipoglikemia juga akan merasakan kebingungan pada apa yang sedang dikerjakan dan tidak tahu harus berbuat apa. Ketika otak mengalami gangguan yang cukup parah juga bisa membuat pikun dini bagi para penderitanya. Hal serupa akan dialami oleh orang yang terkena alzheimer sebab penyakit itu merusak organ otak atau sel otak yang ada di kepala.

  1. Perubahan perilaku

Dampak Negatif Diabetes Hipoglikemia lainnya adalah berubahnya perilaku kepribadian dari para penderitanya. Dampak Negatif Diabetes Hipoglikemia ini tidak lain berkaitan dengan terganggunya kinerja otak sehingga membuat perilaku menjadi terganggu. Orang yang berada di sekitarnya mungkin akan merasa heran pada perubahan perilaku serta kepribadian ini. namun, inilah yang memang terjadi. jadi bagi Anda yang memiliki teman atau kerabat memiliki gula darah rendah sebaiknya untuk maklum jika ada perubahan perilaku ini. Orang yang mengalami anoreksia akan memliki perubaha perilaku 180 derajat.

  1. Penurunan fungsi rasa

Dampak Negatif Diabetes Hipoglikemia yang lain juga menyebabkan beberapa bagian tubuh menjadi mati rasa atau kelu dan biasanya terjadi pada bibir serta lidah. Hal ini membuat penderitanya menjadi kesulitan dalam bicara atau tiba-tiba menjadi gagap. Namun ini akan terjadi jika kondisi penyakit gula darah rendah Anda sudah cukup parah. Dampak Negatif Diabetes Hipoglikemia serupa akan dialami oleh penderita stroke sebagian atau stroke total dimana penderitanya menjadi kesulitan bicara atau bicara dengan nada yang tidak jelas.

  1. Penglihatan double

Adanya gangguan pada otak juga membuatDampak Negatif Diabetes Hipoglikemia sistem saraf terganggu sehingga dapat membuat penglihatan menjadi kabur. Penglihatan kabur ini tentu saja akan membuat penderitanya menjadi terganggu saat melakukan aktivitas sehari-harinya dan membuat penderitanya bisa saja kehilangan pekerjaannya terutama pada pekerjaan yang membutuhkan penglihatan yang cukup baik.

  1. Kejang

Dampak Negatif Diabetes Hipoglikemia pada beberapa kasus bahkan menyebabkan kejang-kejang. Hal ini akan dirasakan penderitanya saat penyakit yang dirasakan sudah cukup parah.

  1. Penurunan kesadaran

Setelah Anda merasakan beberapa Dampak Negatif Diabetes Hipoglikemia yang telah disebutkan di atas, jika memang kondisinya sudah cukup parah bahkan tubuh sudah tidak bisa menanganinya lagi maka penderitanya dapat pingsan seketika saat itu juga. Hati-hati jika penderita kurang gula darah sudah mengalami Dampak Negatif Diabetes Hipoglikemia ini karena bisa jadi Anda akan sulit terbangun atau masuk dalam tahap koma jika memang tahap keparahan penyakit gula darah sudah cukup parah.

 

Pengecekan gula darah harus disesuaikan dengan kondisi pasien, umumnya dilakukan sebelum makan, dua jam setelah makan dan sebelum tidur malam. Pantauan gula darah mandiri itu sebaiknya disertai catatan tingkatan, gejala yang dialami beserta konsumsi makanan agar dapat dievaluasi ketika berkonsultasi dengan dokter. Semoga bermanfaat…

 

 

 

Dampak Negatif Diabetes Hipoglikemia

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*